3 Cara Agar Mulut Tetap Terasa Segar Dan Bersih Saat Berpuasa

cara membuat mulut segar

Akan dialaminya berbagai masalah pada mulut pada saat memasuki bulan Ramadhan. Masalah masalah mulut itu seperti mulai dari pecah pecahnya bibir hingga bau mulut saat puasa. Hal ini terjadi karena ketika berpuasa kita tidak akan makan dan minum selama berjam jam sehingga akan menyebabkan kondisi bau pada mulut. Bau mulut ini pastinya akan membuat sangat tidak nyaman terlebih ketika sedang berbicara dengan orang lain pada saat melakukan aktivitas diluar rumah. Dan bahkan masalah ini akan membuat menurunnya rasa percaya diri.

Tips Agar Mulut Tetap Segar

Tetapi kita tidak perlu khawatir karena adanya cara agar mulut tetap terasa segar dan bersih saat berpuasa. Berikut 3 cara agar mulut tetap terasa segar dan bersih saat berpuasa diantaranya yaitu :

  • Berkumur Dengan Mouthwash

Bau mulut yang terjadi disebabkan karena banyaknya bakteri didalam mulut. Sehingga untuk menghilangkan bakteri ini maka dapat menggunakan mouthwash untuk berkumur. Pilihlah mouthwash yang tanpa alkohol dan harus memastikan jika mouthwash yang digunakan itu akan dapat membunuh bakteri didalam mulut. Agar cara ini efektif didalam menghilangkan bau mulut maka lakukanlah secara rutin.

  • Dengan Menyikat Gigi

Pastikan untuk tidak lupa menggosok gigi secara menyeluruh ketika sudah sahur. Dan pastikan juga seluruh bagian didalam mulut sudah terjangkau termasuk sela sela gigi. Sehingga tidak akan adanya sisa sisa makanan yang tersangkut dimulut yang merupakan tempat bakteri berkembang biak.

Disiang atau sore hari juga kamu bisa menggosok gigi jika benar benar diperlukan untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Tetapi beberapa orang merasa kurang nyaman jika sedang berpuasa menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi. Maka cukup sikat gigi dibasahi dengan menggunakan air saja, tanpa perlu menggunakan pasta gigi.

  • Dengan Membersihkan Lidah

Bakteri selain akan bersarang disela sela gigi tetapi juga dilidah sehingga dapat menyebabkan bau mulut. Jika merasa tidak sedap pada pernafasan, maka bisa membersihkan lidah dengan menggunakan alat khusus pembersih lidah yang sudah banyak dijual dipasaran. Didalam membersihkan lidah ini tidak diperlukan pasta gigi ataupun air. Tetapi harus dipastikan alat pembersih lidah bersih pada saat membersihan lidah.

Itulah 3 cara agar mulut tetap terasa segar dan bersih saat berpuasa. Sebaiknya ketika sahur dan buka juga mengkonsumsi air putih yang banyak sehingga mulut tidak akan kering nantinya. Karena semakin kering mulut maka akan semakin bau nantinya.