4 Cara Efektif Didalam Mengembalikan Kelembaban Kulit

kulit lembab

Setiap orang pastinya akan sangat mendambakan untuk memiliki kulit yang sehat, cantik, dan lembut. Tetapi karena berbagai hal yang menyebabkannya sehingga cenderung membuat kulit seseorang menjadi kering. Terjadinya Kulit kering ditandai dengan kulit yang bersisik dan terasa gatal. Keringnya kulit ini disebabkan karena kurangnya produksi minyak dan kulit tidak mempunyai kemampuan didalam mempertahankan kelembabannya. Hal ini dikarenakan berbagai hal yang mempengaruhinya seperti cuaca, usia, hingga genetik.

Tips Dalam Mengembalikan Kelembaban Kulit

Ada banyak cara mengatasi kulit kering yang efektif didalam mengembalikan kelembaban kulit. Berikut cara efektif didalam mengembalikan kelembaban kulit diantaranya yaitu :

  • Tidak Mandi Air Panas

Lapisan minyak alami dalam tubuh akan menipis jika terkena air hangat sehingga kelembaban kulit tidak akan terjaga. Sehingga turunkan temperatur air mandi menjadi suam suam kuku saja atau lebih baiknya mandi dengan air dingin saja. Dan jangan mandi terlalu lama cukup dengan waktu 5 hingga 10 menit saja.

  • Pilih Pembersih Yang Tepat Dan Tidak Mengosoknya

Sebaiknya pilihlah pembersih yang bebas dari deodorant, parfum, dan juga alkohol, karena ketiga bahan ini dapat mengurangi minyak alami dalam tubuh. Sebaiknya pilihlah pembersih yang mengandung ceramides sehingga kelembaban kulit akan tetap terjaga. Dan juga jangan menggosok tubuh dengan menggunakan sponge, sikat, atau kain yang kasar.

  • Mencukur Dengan Aman

Sebaiknya mencukur secara teratur beberapa rambut dibagian tubuh misalnya saja ketiak. Cara mencukur yang aman perlu diterapkan sehingga iritasi kulit akan dapat dicegah. Pada saat mencukur rambut selalu gunakan krim cukur dan lakukan setelah mandi. Dan pastikan pisau cukur yang digunakan tajam dan guntinglah sejalan arah tumbuhnya rambut.

  • Mengenakan Pakaian Yang Berbahan Halus Dan Tabir Surya

Dengan menggunakan pakaian yang berbahan halus seperti katun. Hindari menggunakan pakaian berbahan wool  karena sengatan matahari dapat menjadikannya kulit kering dan kasar. Dan juga rajinlah menggunakan tabir surya dengan SPF 30. Agar maksimal kenakanlah pakaian yang akan menutupi seluruh tubuh.

Itula cara efektif didalam mengembalikan kelembaban kulit. Selain itu masih ada cara yang lainnya yaitu dengan menggunakan pelembab. Pilihlah pelembab yang mengandung humektan yang akan membantu menahan air didalam kulit.