4 Efek Samping Yang Jarang Orang Tahu Dari Diet Ketogenik

diet ketogenik 2

Diet ketogenik atau yang sering disebut dengan diet keto, merupakan salah satu program diet yang saat ini sedang populer dikalangan masyarakat. Ya, hal tersebut dikarenakan sudah banyak orang yang sukses menurunkan badannya secara efektif, dengan menjalani diet keto. Akan tetapi, tak banyak dari kita yang mengetahui tentang efek samping yang ditimbulkannya.

Menurut pakar gizi ternama dunia, diet keto ini adalah diet yang rendah lemak dan termasuk kedalam kategori diet rendah karbohidrat yang paling ekstrim. Mengingat diet ini sangat rendah lemak dan karbohidrat, maka tak heran jika orang yang menjalaninya akan mengalami gangguan metabolisme. Lantas, efek samping seperti apakah yang ditimbukannya?

Efek Samping Diet Ketogenik

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini mengenai 4 efek samping dari diet ketogenik :

  1. Susah Buah Air Besar

Efek samping pertama yang ditimbulkan dari diet keto, yakni akan susah buang air besar. Lho kok bisa sih? Terang saja orang yang sedang menjalani diet keto akan susah buang air besar, sebab ia tidak memperhatikan asupan seratnya. Dengan kata lain, ia hanya akan memfokuskan pada asupan proteinnya saja. Nah, hal itulah yang menyebabkan orang yang menjalani diet keto akan susah buang air besar.

  1. Merasakan Pusing

Efek samping kedua yang ditimbulkan dari diet keto, yakni akan merasa pusing yang berlanjut ke mual-mual hingga muntah. Mengapa bisa demikian? Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa orang yang sedang diet keto akan kekurangan karbohidrat sehingga metobilsme dalam tubuhnya akan terganggu.

  1. Terserang Sakit Flu

Efek samping berikutnya yang ditimbulkan dari diet keto, yakni akan terserang sakit flu. Saat sedang menjalani diet keto, elektrolit pada cairan tubuh akan terkuras cukup banyak sehingga daya tahan tubuh menjadi menurun.

  1. Muncul Rasa Gatal-gatal Pada Kulit

Efek samping terakhir yang ditimbulkan dari diet keto, yakni akan muncul rasa gatal-gatal pada kulit. Selain rasa gatal, pada kulitmu juga akan muncul ruam merah. Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab jamur pada kulit akan mati karena kekurangan glukosa.

Itulah 4 efek samping yang ditimbulkan dari diet ketogenik. Kendati demikian, tentu dapat membuat tubuh Anda langsing dan percaya diri.