Bau Mulut, Ini 4 Cara Efektif Menghilangkannya

cara alami menghilangkan bau mulut 2

Masalah bau mulut memang sering dialami banyak orang baik itu pria atau wanita, dan masalah ini akan membuat penderitanya jengkel dan malu. Saat sedang melakukan percakapan para penderita bau mulut ini akan merasakan canggung, jengkel, dan juga malu karena adanya bau yang tidak sedap yang akan keluar dari mulutnya. Penyebab bau mulut ini banyak seperti kurangnya menjaga kebersihan mulut, kebiasaan merokok, mengkonsumsi makanan beraroma tajam, efek menjalani diet, mengkonsumsi obat obatan, dan penyakit. Tetapi sebuah penelitian menjelaskan jika masalah kesehatan gigi dan juga mulut adalah penyebab utama terjadinya bau mulut. Memang bukanlah penyakit yang serius bau mulut ini tetapi akan membuat kurang percaya diri para penderitanya.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Tetapi para penderita bau mulut ini tidak perlu khawatir karena adanya cara menghilangkan bau mulut secara alami yang efektif. Berikut cara efektif menghilangkan bau mulut diantaranya yaitu :

  • Dengan Mengkonsumsi Banyak Air Putih

Dengan mengkonsumsi banyak air putih maka akan dapat mencegah tubuh dari mengalami dehidrasi dan panas dalam. Mulut kering akibat dehidrasi akan memicu bau mulut yang tidak sedap akibat bakteri yang berkembang biak dengan cepat. Oleh karena itulah mulai dari sekarang perbanyaklah mengkonsumsi air putih jika ingin bau mulut segera hilang.

  • Dengan Mengkonsumsi Permen Karet Bebas Gula

Seorang pakar kesehatan gigi mengemukakan jika permen karet bebas gula akan dapat memberikan pertahanan yang alami terhadap asam plak yang merupakan penyebab terjadinya bau mulut dan kerusakan pada gigi. Permen karet ini akan merangsang produksi air liur dimulut lebih banyak.

  • Dengan Memperbanyak Mengkonsumsi Buah Buahan

Untuk menghilangkan bau mulut ini maka sebaiknya konsumsi buah buahan yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah berfungsi sebagai penetral sehingga akan dapat mengikis dan menghilangkan bau mulut meski perlahan tetapi efektif. Aroma segar dari buah yang mengandung vitamin C ini akan dapat menyamarkan bau mulut yang tidak sedap.

  • Dengan Menghindari Mengkonsumsi Makanan Beraroma Tajam

Agar bau mulut cepat hilang maka hindarilah dari mengkonsumsi makanan yang beraroma tajam. Hal ini harus dilakukan agar bau mulut tidak semakin parah. Makanan yang harus dihindari oleh penderita bau mulut seperti jengkol, petai, dan durian. Dengan menghindari ketiga makanan ini maka bau mulut tidak akan semakin parah.

Itulah cara efektif menghilangkan bau mulut. Selain itu juga masih ada cara yang lainnya yaitu dengan mengkonsumsi green tea atau the hijau.