5 Jenis Makanan Ibu Menyusui Supaya Bayi Tumbuh Sehat dan Cerdas

Pastinya, setiap ibu ingin memiliki anak sehat dan cerdas. Oleh karena itu, banyak cara dilakukan oleh seorang ibu supaya anaknya tumbuh cerdas, mulai dari masih janin sampai dengan anak meginjak usia tumbuh kembang. Salah satu hal yang dapat dilakukan ibu untuk membentuk kecerdasan bayi adalah selama masa menyusui.

Tidak heran, jika di selama masa menyusui, seorang ibu diwajibkan mengonsumsi makanan ibu menyusui yang tinggi nutrisi. Itu karena makanan ibu menyusui yang tinggi nutrisi dapat merangsang kualitas ASI. Nah, apa saja makanan ibu menyusui yang dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan bayi? Simak penjelasan berikut ini.

1. Makanan yang Memiliki Kandungan Karbohidrat Kompleks

Salah satu makanan ibu menyusui yang dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan bayi adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Pada umumnya, karbohidrat kompleks terdapat pada gandum, sayuran, buah-buahan dan keluarga kacang-kacangan. 

Mengonsumsi Karbohidrat Kompleks Memiliki Keuntungan Ganda | Universitas  Gadjah Mada

Perlu diketahui, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ini dapat memberikan energi selama ibu menyusui. Selain itu, karbohidrat kompleks pada gandum, sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan mudah dicerna sehingga dapat mengontrol kenaikan berat badan.

2. Makanan dengan Protein Tinggi

Makanan yang kaya akan protein merupakan salah satu jenis makanan ibu menyusui yang disarankan untuk dikonsumsi selama masa menyusui. Itu karena protein sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Adapun makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi, antara lain: daging tanpa lemak, telur, produk olahan susu, gandum utuh dan kacang-kacangan. 

Tak Disangka, Makanan Ini Mengandung Protein yang Tinggi Lho!

Adapun manfaat protein untuk ibu menyusui adalah sebagai berikut.

  • Dapat melancarkan produk ASI.
  • Menjaga sistem kekebalan ibu dan bayi.
  • Memberikan kualitas ASI yang bagus sehingga ASI dapat membantu merangsang jaringan otak dan saraf bayi supaya bayi tumbuh cerdas.

3. Makanan yang Memiliki Kadar Lemak Sehat

Tentu saja, selama masa menyusui seorang ibu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi lemak jenuh atau lemak jahat. Itu karena dapat memberikan pengaruh yang tidak sehat terhadap kesehatan ibu dan bayi. Bagi ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat.

Makanan yang Mengandung Lemak Baik

Perlu diketahui, makanan yang mengandung lemak sehat memiliki kandungan Omega 3. Adapun jenis makanan yang mengandung lemak sehat, antara lain: alpukat, ikan laut, kacang-kacangan dan minyak zaitun. Manfaat mengonsumi makanan yang mengandung lemak sehat adalah sebagai berikut.

  • Kandungan Omega 3 pada lemak sehat dapat merangsang pertumbuhan mata sehingga kesehatan mata bayi terjamin.
  • Lemak sehat dapat merangsang tingkat kecerdasan pada otak bayi supaya bayi tumbuh cerdas.

4. Makanan yang Mengandung Zat Besi

Makanan ibu menyusui lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah makanan yang mengandung zat besi. Oleh karena itu, selama masa menyusui disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Itu karena zat besi penting untuk kesehatan ibu.

10 Makanan Tinggi Zat Besi, dari Jeroan hingga Tahu Halaman all - Kompas.com

Selain itu, zat besi juga dapat merangsang produksi ASI yang berkualitas. Jika ASI yang diproduksi berkualitas, maka dapat merangang otak bayi tumbuh cerdas. Adapun makanan yang mengandung zat besi, antara lain: sayuran hijau, gandum utuh, daging non lemak dan kacang-kacangan.

5. Makanan yang Kaya Akan Kalsium

Supaya kesehatan ibu dan bayi terjaga selama masa menyusui, seorang ibu diharuskan mengonsumsi makanan ibu menyusui yang mengandung kalsium. Itu karena makanan yang mengandung kalsium dapat membantu tumbuh kembang tingkat kecerdasan bayi. Selain itu, kalsium juga berperan penting dalam merangsang perkembangan tulang pada bayi.

12 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi, Tak Cuma Susu - Hot Liputan6.com

Adapun makanan yang kaya akan kalsium, antara lain: keju, sayuran berwarna hijau, yogurt, susu, tahu, tempe, susu kedelai dan sereal. Pastikan, selama masa menyusui, ibu mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium. 

Nah, itulah 5 jenis makanan ibu menyusui supaya bayi sehat dan cerdas. Pastinya, 5 jenis makanan tersebut memiliki nutrisi yang tinggi untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Rutin mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi selama masa menyusui dapat merangsang tingkat kecerdasan bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *