7 Olahan Udang Ala Restoran dengan Metode Grill atau Bakar

Olahan Udang Ala Restoran yang Disajikan Lewat Grill atau Bakar, Yummy Banget!

Biar Anak Nafsu Makan, Intip Kreasi Olahan Udang yang Unik dan Lezat Ini,  Moms!
Sumber: Mommy Asia

Olahan udang ala restoran merupakan bahan makanan yang kaya dengan sumber protein dan kalsium. Selain digoreng dan direbus, udang panggang jika dimasak dengan benar bisa menjadi hidangan yang lezat, 8 resep udang bakar yang bisa menambah koleksi resep keluarga Anda.

1. Udang Bakar Madu

Udang Bakar Madu
Sumber: Asian Food Network

Udang bakar madu merupakan olahan udang ala restoran yang cukup populer di kalangan pecinta masakan seafood. Siapkan 1 kg udang pancet, bersihkan dan belah punggung lalu tusuk pakai tusuk sate.

Haluskan jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, garam, gula merah, dan ketumbar. Masukkan ke dalam mangkuk bumbu halus tadi, kemudian tambahkan mentega, madu, kecap manis, saus tiram, dan air jeruk nipis, bakar udang dan olesi dengan bumbu marinasi tadi, sajikan.  

2. Udang Bakar Jimbaran

Resep Udang Bakar Jimbaran Super Lezat - Sweetrip Indonesia
Sumber: Sweetrip Indonesia

Jika Anda mempunyai grill pan di rumah, olahan ini bisa dimasak tanpa tusuk sate. Siapkan bawang merah, cabe merah besar, bawang putih, terasi, kemiri, dan garam. 

Blender sampai halus, kemudian keluarkan dan tumis sampai harum, tambahkan kecap, saus tiram, dan saus tomat. Panaskan grill pan dan olesi mentega di atasnya, panggang udang dengan diolesi bumbu.

3. Udang Bakar Sambal Matah

Sejam Memasak Udang Bakar Sambal Matah yang Nikmat Pedasnya Sungguh  Menggelora! - Sajian Sedap
Sumber: Sajian Sedap – Grid ID

Siapkan bahan sambal matah, terdiri dari bawang merah, kecombrang, cabe rawit, daun jeruk, serai, dan terasi. Semua bahan diiris tipis, kecuali terasi yang harus dibakar terlebih dahulu supaya harum, campur jadi satu dengan minyak kelapa, sambal matah siap dinikmati dengan udang bakar.

Sesuai dengan namanya, olahan udang ini memang sangat pedas, dan untuk mengimbanginya gunakanlah nasi putih hangat. Pasti sangat enak dan cocok untuk acara makan bersama. 

4. Udang Bakar Rempah

Udang Bakar Rempah | Resep dari Dapur KOBE
Sumber: Dapur KOBE

Udang bakar rempah menggunakan 11 macam rempah. Sangrai ketumbar, kunyit, dan kemiri, kemudian haluskan dengan bawang merah, bawang putih, jahe, laos, dan cabe.

Tumis bumbu halus, masukkan serai, daun jeruk, garam, dan penyedap rasa. Aduk sampai rata, masukkan santan, udang, lalu matikan kompor dan diamkan 10 menit agar bumbu meresap, kemudian bakar udang, jangan lupa untuk dibolak-balik supaya tidak gosong.

Baca juga: RESEP MEMASAK SAYUR BAYAM, WAJIB COBA DIRUMAH!

5. Udang Bakar Bumbu Rujak

Udang Bakar Bumbu Rujak | Sahabat Nestlé
Sumber: Sahabat Nestle

Mengapa disebut dengan udang bakar bumbu rujak? Karena ada tambahan gula merah dalam bumbu halus yang ditumis untuk bahan olesan udang bakar. Rempah yang digunakan hampir sama dengan resep udang bakar rempah, hanya saja laos diganti kencur, santan tidak dipakai di resep ini, udang dimasukkan ke dalam kulkas selama 30 menit sebelum di panggang.

6. Udang Bakar Bumbu Kuning

Udang Bakar Bumbu Kuning - Indofood Solutions
Sumber: Indofood Solution

Bumbu kuning berasal dari kunyit yang dihaluskan dengan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah, dan garam. Tumis sampai harum dengan menggunakan mentega, tambahkan 50 ml santan kental dan juga air, olesi udang dengan bumbu kunyit, panggang hingga kecoklatan dan matang.

7. Udang Bakar Kecap

Resep Udang Bakar Kecap
Sumber: Masak Apa Hari Ini?

Lumuri udang dengan saus tiram, kecap manis, kecap Inggris, saus barbeque, garam, lada bubuk, saus tomat, dan saus cabe. Diamkan selama 30 menit sampai bumbu benar-benar meresap, lalu tusuk dengan tusuk sate, panggang dengan api kecil, sambil sesekali diolesi dengan bumbu yang masih tersisa. 

Waktu yang dibutuhkan untuk memanggang udang hanya 2 sampai 4 menit saja. Jangan gunakan api besar saat memanggang dan meninggalkan udang untuk mengerjakan pekerjaan yang lain.

Baca juga: TIDAK PERLU KHAWATIR PAHIT, INI TIPS MEMASAK DAN MEMBUAT JUS PARE

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *