Camilan Godog Pisang Panggang: Cara Lain Menikmati Godog Pisang

Godok Pisang Panggang
Sumber: Okezone

Siapa yang tidak kenal buah pisang? Buah asli Indonesia ini bisa dimakan secara langsung maupun diolah menjadi berbagai jenis makanan. Mulai dari makanan ringan untuk sekedar camilan maupun makanan berat. Rasanya yang manis dan lembut serta kandungan gizi yang banyak membuat buah yang satu ini banyak disukai oleh masyarakat.

Ada banyak kandungan gizi dalam pisang yang sangat baik untuk tubuh seperti protein, vitamin C, serat, dan potassium. Wajar apabila pisang sering kali dijadikan bahan utama maupun bahan tambahan untuk berbagai makanan. Cara pengolahannya pun juga cukup mudah dengan bahan yang minim sehingga tidak memakan banyak biaya.

Salah satu camilan yang dibuat dengan memanfaatkan pisang yaitu godog pisang. Jika biasanya cara buat godog pisang dengan digoreng, maka ada cara lain untuk menikmati godog pisang yaitu dengan di panggang. Untuk rasa tidak beda jauh dengan godog pisang goreng. Hanya saja godog pisang panggang lebih lembut dengan aroma yang menggoda.

Cara Buat Godog Pisang Panggang yang Lembut dan Nikmat

Godok Pisang Panggang
Sumber: kreasimasakan

Godog pisang merupakan camilan khas orang Minangkabau. Biasanya godog pisang dibuat dengan cara digoreng. Namun kali ini ada cara baru untuk menikmati godog pisang yaitu dengan cara dipanggang. Untuk membuat godog pisang panggang agak susah-susah gampang. Apabila salah dalam mengolahnya, hasilnya tidak akan enak.

Cara buat godog pisang panggang yang enak dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti jenis bahan yang digunakan, segar atau tidaknya bahan, cara membuat hingga ketika menyajikannya. Godog pisang panggang yang enak memiliki tekstur yang lembut dengan aroma yang menggugah selera.

Godok Pisang Panggang
Sumber: Best Recipes

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat godog pisang panggang yaitu :

  • Pisang dengan jenis apa saja yang sudah terlalu matang 250 gram
  • Susu cair UHT 300 ml
  • Gula pasir 100 gram
  • Tepung terigu 200 gram
  • Garam secukupnya
  • Baking soda 1 sdt
  • Air perasan lemon atau jeruk nipis 1 sdm
  • Baking powder 1 sdt
  • Margarin
Godok Pisang Panggang
Sumber: Resep Kreatif Masakan

Berikut cara buat godog pisang panggang :

  1. Setelah bahan sudah disiapkan kemudian ambil pisang dan kupas kulitnya. Pisang kemudian dihancurkan dengan menggunakan garpu hingga hancur. Setelah hancur, masukkan gula pasir dan aduk hingga merata.
  2. Pada wadah yang lain, campurkan susu cair UHT dengan air perasan lemon atau jeruk nipis. Campuran ini kemudian didiamkan kurang lebih selama 10 menit.
  3. Setelah 10 menit, campuran susu tadi dimasukkan kedalam adonan pisang dan diaduk hingga merata.
  4. Kemudian masukkan bahan yang lain seperti baking soda, garam, baking powder, dan tepung terigu ke dalam adonan pisang. Agar hasilnya lebih halus, sebelum dimasukkan bahan-bahan tersebut diayak terlebih dahulu dengan menggunakan saringan.
  5. Apabila adonan sudah tercampur rata, selanjutnya adonan dituang pada loyang yang sebelumnya telah diolesi dengan menggunakan margarin dan ditaburi dengan tepung terigu secara tipis-tipis agar tidak lengket.
  6. Sebelum loyang dimasukkan ke dalam oven, terlebih dahulu oven dipanaskan pada suhu 1350 C. Jika sudah kemudian loyang dimasukkan ke dalam oven dan suhunya dinaikkan menjadi 1500 C. Panggan adonan kurang lebih selama 45 menit. Lama pemanggangan tergantung dari oven yang digunakan.
  7. Untuk mengetahui sudah matang atau belum, adonan bisa ditusuk dengan menggunakan tusuk gigi. Apabila tidak ada adonan yang lengket pada tusuk gigi tandanya godog pisang telah matang. Sajikan godog pisang selagi hangat.

Baca juga: Resep Memasak Sayur Bayam

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *