makanan-khas-surabaya

4 Makanan Khas Surabaya Ini Lezat Dan Membuat Ketagihan

carawanita.my.id – Surabaya adalah salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki banyak makanan khas dan menyimpan banyak cerita bagi setiap orang yang mengunjunginya. Ibu kota Provinsi Jawa Timur ini memang layak mendapat julukan sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia.

Pasalnya, selain wilayahnya yang besar namun nama Surabaya juga dikenal karena menjadi surga bagi pecinta kuliner di Seluruh Indonesia. Kamu bisa dengan mudahnya menemukan beragam makanan khas dengan rasa yang lezat disetiap sudut kota Surabaya. Karena kelezatannya, makanan khas Surabaya dijamin tidak akan membuat kamu bosan meski mencicipinya berkali kali.

Kamu akan dibuat rindu dengan setiap rasa dari makanan khas yang disajikan oleh kota Pahlawan tersebut. Berikut dibawah ini 4 makanan khas Surabaya lezat yang akan membuat ketagihan :

Tahu Campur

Makanan khas Surabaya ini menjadi kuliner yang paling dicari para pecinta kuliner ketika berada di kawasan Surabaya dan sekitarnya. Tahu campur khas kota pahlawan ini rasanya lezat dengan sedikit bumbu petis didalamnya. Satu porsinya berisi bahan bahan seperti daging sapi, tahu goreng, tauge, selada air, dan mie kuning. 

Semua bahan bahan tersebut dipotong potong, lalu disiram kuah yang terbuat dari bumbu bumbu yang telah dicampur dengan petis. Apalagi adanya tambahan sambal dan kerupuk udang yang membuat sajian ini tampak semakin menggiurkan. 

Pecel Semanggi

Pecel Semanggi merupakan pecel kebanggaan masyarakat kota Surabaya yang berasal dari daerah Benowo. Bahkan makanan khas yang legendaris ini juga diabadikan dalam lirik lagu dengan judul “Semanggi Suroboyo”. 

Pecel Semanggi memiliki sejumlah keunikan seperti penggunaan daun semanggi dan kecambah. Lalu bumbu pecel yang digunakannya karena terbuat dari campuran ketela rambat, kacang tanah, gula merah, dan juga petis. Tidak hanya itu, cara menikmati kuliner ini juga unik yaitu menggunakan kerupuk sebagai sendoknya dan disajikan diatas daun pisang. 

Kamu bisa beli pecel semanggi di Selendang Semanggi dan Semanggi Dempo dengan harga Rp. 7 ribu hingga Rp. 10 ribu per porsi. 

Sate Lisidu 

Rumah makan di Surabaya ini memiliki menu kuliner yang kini sudah dianggap sebagai bagian dari makanan khas Surabaya. Namanya sate Lisidu yang sudah mulai dijajakan sejak tahun 1997 silam. 

Sate Lisidu tampak bersih dan tidak banyak arang dibandingkan sate yang lainnya. Keunikan sate Lisidu adalah terbuat dari ayam kampung betina berusia muda dan satenya berukuran besar besar. Inilah yang membuat rasa kuliner ini manis meresap dan juga empuk. 

Kamu bisa beli sate Lisidu di Sate LISIDU di Jalan Musi, dan juga Jalan Ir Soekarno, Surabaya dengan harga Rp. 35 ribu hingga Rp. 48 ribu per porsi. 

Lontong Kupang

Makanan khas Surabaya ini menyajikan perpaduan lontong dan kupang atau kerang kecil atau remis yang biasanya ditemukan di sepanjang pesisir utara Jawa Timur. Lontong kupang terkenal karena cita rasanya yang lezat dan gurih. 

Apalagi penyajian Lontong Kupang ini biasanya juga dengan diberi tambahan sate kerang dan juga lento yaitu semacam gorengan yang terbuat dari singkong. Lontong kupang juga terkenal khas akan campuran petisnya yang pedas. Kamu bisa menjadikan kuliner ini sebagai menu santap siang, dijamin membuat kenyang dan puas. 

Kamu bisa beli lontong kupang di Warung Lestari 87 dan Warung Bu Wito, dengan harga Rp. 10 ribu hingga Rp. 15 ribu per porsi. 

Keempat makanan khas Surabaya lezat diatas dijamin akan menggoyang lidahmu dan membuat ketagihan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *