Cara Lapor SPT Tahunan

4 Cara Lapor SPT Tahunan Yang Bisa Anda Lakukan

Carawanita.my.id – Bagi Anda yang sudah menjadi wajib pajak, Anda juga memiliki kewajiban untuk melaporkan SPT tahunan. Saat ini, pelaporan SPT tahunan juga sudah sangat dimudahkan dengan adanya beberapa cara lapor SPT tahunan yang bisa Anda lakukan. Baik secara online maupun offline.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara lapor SPT yang bisa Anda sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda:

1 Lapor SPT Tahunan Secara Langsung

Anda bisa melaporkan SPT Tahunan secara langsung di TPT. Baik TPT KPP tempat Anda terdaftar atau TPT Kantor Pelayanan lainnya yang berbeda dengan tempat Anda terdaftar.

Selain itu, Anda juga bisa melaporkan SPT tahunan di layanan yang ada di luar kantor. Misalnya pojok pajak, mobil pajak, atau tempat khusus penerimaan SPT tahunan.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa jika Anda ingin melakukan penyampaian SPT Tahunan Pembetulan, Anda tidak dapat melakukannya di TPT Kantor Pelayanan Pajak Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP).

2 Lapor SPT Tahunan Melalui DJP Online

Selain itu, cara lapor SPT Tahunan juga bisa dilakukan melalui DJP Online. Selanjutnya, Anda bisa melaporkan SPT tahunan dengan cara e-Filling, e-Form ataupun SPT elektronik e-SPT.

Aplikasi ini bisa Anda akses melalui situs http://djponline.pajak.go.id.

Untuk melakukan SPT Tahunan melalui DJP Online, Anda perlu melakukan 3 mekanisme berikut ini:

  1. E-Filling: Pengisian langsung SPT Tahunan PPh orang pribadi 1770 S dan 1770 SS.
  2. E-Filling: mengunggah CSV hasil aplikasi e-SPT untuk SPT tahunan dan PPh orang pribadi 1770, 1770 S, dan SPT Tahunan PPh Badan.
  3. E-Form: Formulir SPT elektronik yang dapat diisi secara offline dan hanya membutuhkan koneksi internet jika akan disubmit.

Setiap penyampaian SPT ini tentu saja sudah harus dilengkapi dengan dokumen yang wajib dipindah dan diunggah. Dan untuk bisa menggunakan layakanan pajak online ini, Anda harus sudah memiliki e-FIN.

e-FIN bisa didapatkan dan diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Karena itu, Anda harus melakukan aktivasi lebih dulu di KPP agar bisa menggunakan layanan pajak online tersebut.

Baca juga: Inilah 10 Kumpulan Kata Cinta Yang Paling Romantis

Cara Lapor SPT Tahunan

3 Lapor SPT Tahunan Application Service Provider

Anda juga bisa melaporkan SPT melalui Application Service Provider (ASP). Ada empat penyedia jasa aplikasi SPT elektronik yang bisa menjadi penyalur penyampaian laporan SPT tahunan Anda, yaitu:

  1. PT. Sarana Prima Telematika di www.spt.co.id
  2. PT. Mitra Pajakku di www.pajakku.com
  3. PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk di https://eform.bri.co.id/efiling
  4. PT. Achilles Advanced System di www.online-pajak.com

Anda bisa mengunjungi salah satu situs tersebut untuk mendapatkan layanan dan informasi lengkap mengenai ASP tersebut.

4 Lapor SPT Tahunan Melalui POS atau Jasa Ekspedisi

Terakhir, cara lapor SPT Tahunan juga bisa dilakukan melalui POS, jasa ekspedisi, atau jasa kurir. Untuk melakukan penyampaian SPT Tahunan melalui POS atau jasa ekspedisi, Anda bisa menyampaikan SPT tahunan dalam amplop tertutup yang direkatkan. Amplop tersebut berisi Lembar Informasi Amplop SPT Tahunan.

Jika Anda membuat laporan SPT Tahunan melalui POS atau jasa ekspedisi lainnya, tanda bukti dan tanggal pengiriman surat akan dianggap sebagai tanda bukti dan tanggal penerimaan SPT jika SPT yang Anda kirimkan sudah lengkap. Namun, pastikan alamat KPP yang Anda tuju sudah benar.

Nah, itulah beberapa cara lapor SPT tahunan yang bisa Anda coba lakukan. Cara tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan cara yang menurut Anda paling mudah.

Baca juga: Tips Memilih Car Seat Bayi yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *