Cara Mencegah Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

Cara-cara Mencegah Kanker Payudara yang Mudah Dikenali dan Bisa Dilakukan Sejak Dini

Tahukah kamu Kanker payudara merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit ganas yang sangat dipengaruhi oleh kualitas gaya hidup manusia sehari-hari. Mengetahui cara mencegah kanker payudara diperlukan untuk membuat kita senantiasa waspada dan berhati hati.

cara mencegah kanker payudara

Selain disebabkan oleh riwayat keluarga alias genetik, ada banyak penyakit ganas yang sangat dipengaruhi gaya hidup manusia. Gaya hidup sendiri meliputi bagaimana pola makan sehari-hari, seberapa rutinkah beraktifitas fisik termasuk berolahraga, bagaimana pola istirahat sehari-hari, hingga bagaimana mengelola stres.

Seperti yang kita ketahui, penyakit kanker payudara adalah penyakit yang paling sering menyerang kaum wanita meski kanker satu ini juga bisa menyerang pria. Sebagaimana penyakit kanker lainnya, penyakit satu ini juga merupakan salah satu penyakit mematikan yang menjadi penyebab kedua kematian terbesar di dunia. Berikut ini akan kita bahas cara-cara sederhana mencegah penyakit kanker payudara yang mudah dikenali dan bisa Anda lakukan sejak dini di rumah.

1. Memeriksa riwayat penyakit keluarga

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit kanker payudara adalah dengan memeriksa riwayat penyakit keluarga. Anda bisa mulai dengan mengecek penyakit degeneratif apa yang diturunkan dan memiliki potensi Anda idap. Hal ini mungkin terasa menakutkan bagi sebagian orang tetapi dengan mengetahui potensi penyakit yang bisa diwariskan secara genetik kepada Anda justru membuat Anda lebih siap dan bisa melakukan upaya preventif sedini mungkin. 

Umumnya wanita yang memiliki ibu atau garis keturunan di atasnya yang mengidap kanker payudara memiliki potensi terkena kanker tersebut. Untuk berdiskusi dan mendapatkan informasi penyakit genetik seakurat mungkin, Anda bisa mendatangi dokter terdekat.

2. Melakukan pemeriksaan rutin

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksakan kondisi secara rutin seperti pemeriksaan lab dan semacamnya. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan SADARI sejak dini di rumah dan segera memeriksakan ke dokter jika didapat gejala-gejala tak biasa. Jika ragu dengan hasil pemeriksaan mandiri, Anda juga bisa mendatangi fasilitas kesehatan agar diperiksa dengan saksama.

3. Memperbaiki pola makan

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan dan sebaiknya dilakukan sedini mungkin adalah memperbaiki pola makan. Dalam era digital dan online yang sangat memudahkan seperti sekarang, orang-orang yang selalu sibuk dengan keseharian kurang begitu peduli dengan asupan makanan mereka. Terpenting enak dan mengenyangkan, sebaik atau seburuk apa pun kandungan nutrisinya cenderung diabaikan. Hal ini bisa kita lihat dari bagaimana menjamurnya tempat makan siap saji dengan menu-menu tinggi karbohidrat dan lemak yang begitu memudahkan untuk dijangkau karena menawarkan pilihan delivery.

Tentu, mengonsumsi makanan cepat saji tidak salah tetapi akan jadi sangat salah ketika Anda mengonsumsi setiap hari karena terasa lebih praktis tanpa mempertimbangkan kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh. Kandungan nutrisi yang tidak seimbang dan cenderung buruk akan memicu timbulnya berbagai penyakit termasuk kanker payudara. Mulailah bijak dalam menentukan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh masuk ke dalam mulut Anda. Unduh aplikasi diet dan pastikan asupan makanan harian Anda mengandung nutrisi seimbang yang tentu saja bisa diketahui lewat aplikasi tersebut seperti ggl atau fat secret.

4. Rutin berolahraga

Bisa dibilang. olahraga adalah salah satu kegiatan yang terasa memakan banyak waktu dan butuh niat yang sangat besar. Namun jika dilihat bagaimana manfaatnya untuk tubuh, seharusnya Anda tak berpikir dua kali untuk melakukannya. Olahraga selain membuat sistem imunitas tubuh lebih kuat dalam menghadapi penyakit, juga merilis berbagai hormon baik yang membuat level stres Anda menurun dan merasa lebih positif.

Itulah tadi beberapa cara sederhana mencegah kanker payudara yang bisa dikenali dan dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah.

Baca Juga : Rekomendasi Parfum Wanita Murah Wangi Elegan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *