Cerita di Balik 12 Lambang Zodiak

Dari dulu sampai sekarang, ramalan zodiak atau horoskop masih cukup mendapat tempat di hati sebagian masyarakat. Mulai dari mendapatkan tempat dan kolom sendiri di media-media cetak, sekarang sudah cukup banyak media online yang mengangkat topik tentang ramalan bintang ini.

Nah, sebelum kamu membaca ramalan bintangmu hari ini, ada baiknya kamu mengetahui sedikit cerita di balik zodiak-zodiak ini. Silahkan disimak ya.

  1. Aries (21 Maret – 19 April)

Dilambangkan dengan seekor domba jantan berbulu emas yang sangat hebat, berani dan baik hati bernama Chrysomallus, anak dari Posaidon, dewa penguasa lautan, dan Theofane. Ia mengorbankan dirinya kepada dewa tertinggi sebagai pengganti nyawa Helle, anak Nephele, dewi awan, yang mati karena terjatuh di laut dan tenggelam. Zeus pun menghargai pengorbanan Chrysomallus dan menempatkannya di langit sebagai rasi bintang Aries.

Aries.png

2. Taurus (20 April – 20 Mei)

Dilambangkan dengan banteng putih jelmaan Zeus untuk mendekati Putri Europe yang sangat cantik dan sedang bersama dengan teman-temannya. Putri Europe pun tertarik dan menaiki banteng itu, kemudian Zeus pun membawanya pergi menuju sebuah pulau bernama Kreta dan menjadi ratu di sana. Untuk menghargai jasa banteng putih itu, Zeus pun mencitrakannya kembali di langit sebagai rasi bintang Taurus.

Taurus.png

3. Gemini (21 Mei – 20 Juni)

Dilambangkan dengan sepasang anak kembar yang menceritakan bahwa Zeus pernah jatuh cinta kepada Leda, istri raja Tyndareus dari Sparta dan berubah wujud menjadi angsa untuk menarik perhatiannya. Tak lama berselang Leda pun hamil dan melahirnya dua butir telur angsa. Satu telur berisi Helen dan Pollux, keturunan Zeus, sedangkan telur yang lain berisi Clytemnestra dan Castor, keturunan Tyndareus. Saat perang Troya, Castor terbunuh. Pollux pun meminta kepada Zeus untuk mencabut keabadiannya agar dia bisa menyusul saudara kembarnya. Zeus pun tergerak hatinya dan mengabadikan mereka berdua di langit sebagai rasi bintang Gemini.

Gemini.png

4. Cancer (21 Juni – 22 Juli)

Dilambangkan dengan kepiting yang dikirim oleh Herra, istri Zeus, demi menggagalkan rencana Hercules dan mengganggunya untuk membunuh Hydra, ular berkepala sembilan. Namun ternyata Hercules berhasil membunuh kepiting raksasa itu. Hercules merupakan anak dari Zeus dengan kekasihnya yang lain yaitu Alkmene. Mengetahui Zeus memiliki anak bersama wanita lain, Herra pun murka dan membuat Hercules harus menyerahkan hidupnya kepada raja Eurystheus untuk mengerjakan dua belas tugas berat yang salah satunya adalah membunuh Hydra. Untuk membalas jasa kepiting raksasa yang sudah membantunya, Herra pun menempatkannya di antara bintang di langit dan menjadi rasi bintang Cancer.

Cancer.png

5. Leo (23 Juli – 22 Agustus)

Dilambangakan dengan singa yang dibesarkan oleh Herra, istri Zeus, bernama Nemea. Singa Nemea ini merupakan singa yang sangat ganas dengan punggung emas dan kulit yang sangat tebal sehingga membuatnya sulit dibunuh dengan senjata apa pun. Namun akhirnya dapat ditaklukkan oleh Hercules sebagai salah satu dari dua belas tugas berat yang harus dilaksanakannya. Hercules pun mengambil kulitnya dan menjadikannya jubah. Herra yang sangat menyayangi Nemea pun mengangkatnya ke langit dan menjadi rasi bintang Leo.

Leo.png

6. Virgo (23 Agustus – 22 September)

Lambangnya adalah seorang wanita yang sangat cantik bernama Dewi Astraea, anak dari Zeus dan Themis yang melambangkan kemurnian dan kesucian. Saat masih tinggal di bumi, para dewa dan manusia hidup berdampingan sampai dengan saat manusia jatuh ke dalam dosa karena bersekongkol dengan Prometheus, pencuri api Olympus. Zeus pun murka dan melepaskan Pandora ke bumi, kotak berisi segala keburukan. Para dewa pun kembali ke langit dan menyisakan Dewi Astraea yang tercemar di bumi. Namun akhirnya Dewi Astraea memutuskan untuk kembali ke langit dan menjelma menjadi rasi bintang Virgo.

Virgo.png

7. Libra (23 September – 22 Oktober)

Dilambangkan dengan neraca atau timbangan yang dipegang oleh Themis di tangan kirinya sebagai lambang keadilan. Themis sendiri menggunakan penutup mata yang bisa diartikan bahwa tidak pandang bulu dalam menegakkan keadilan yang adalah hak setiap orang dan.  Ditangan kanannya terdapat pedang yang digunakan untuk menumpas kejahatan, memberantas ketidakadilan dan menebas segala kecurangan yang merugikan manusia. 

Libra.png

Timbangan Themis inilah yang menjadi simbol rasi bintang Libra karena para dewa menilai bahwa kebenaran dan keadilan sangat penting bagi kehidupan.

8. Scorpio (23 Oktober – 21 November)

Lambangnya adalah kalajengking raksasa yang diutus oleh Gaia, dewi bumi, bernama Scorpious untuk mengalahkan Orion, anak Posaidon, dewa penguasa lautan, yang sombong dan mengatakan bisa mengalahkan semua makhluk di bumi. Gaia menempatkan Scorpious di langit karena jasanya mengalahkan Orion dan menjadi rasi bintang Scorpion.

Scorpio.png

9. Sagitarius (22 November – 21 Desember)

Lambangnya adalah Centaur, makhluk dengan tubuh setengah manusia dan setengah kuda yang bernama Chiron, anak dari Kronus, yang juga ayah dari Zeus, dan dewi Philyra, dewi penyembuhan. Sekalipun Centaur terkenal dengan kekejamannya, namun Chiron berbeda karena memiliki sifat manusiawi yang lebih beradab, bijaksana, sangat pandai dalam banyak hal. Achilles dan Hercules merupakan orang-orang yang pernah belajar pada Chiron dan menjadi sahabatnya. Suatu ketika, terjadi pertempuran antara Hercules dan para Centaur, Chiron yang ada di sana tidak mau ikut campur namun tanpa sengaja terkena panah Hercules yang sudah diolesi darah Hydra.

Sagitarius.png

Karena Chiron adalah makhluk abadi, Chiron pun tersiksa dan merasakan kesakitan sepanjang hidupnya. Karena merasa bersalah dan menyesal, Hercules pun minta kepada Zeus untuk melepaskannya dari kesakitan. Zeus pun setuju dan menempatkannya di langit sebagai rasi bintang Sagitarius.

Baca Juga : Elemen – Elemen Dalam Zodiak

10. Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

Dilambangkan dengan seekor kambing bernama Amalthea yang memberikan air susunya kepada Zeus yang disembunyikan ibunya, Rhea, pada sebuah gua di pulau dekat Kreta dari kekejaman sang ayah, Kronus, yang memakan bayi-bayinya sendiri. Setelah Amalthea meninggal, Zeus tidak melupakan jasanya dan mengangkat Amalthea ke langit sebagai rasi bintang Capricorn.

Capricorn.png

11. Aquarius (20 Januari – 18 Februari),

Dilambangkan dengan seorang pemuda bernama Ganymede, putra Raja Tros dari Troya. Karena sangat tampan dan menarik, para dewa di Olympus sangat menyukainya. Suatu hari Ganymede diculik oleh elang utusan Zeus dan dibawa ke Olympus untuk dijadikan pembawa minuman bagi para dewa menggantikan Hebe yang menikah dengan Hercules.

Aquarius.png

Karena sangat tertekan dengan keadaan di Olympus, Ganymede menuangkan semua air, ambrosia dan nektar ke bumi yang merupakan makanan dan minuman para dewa sehingga mengakibatkan banjir besar karena hujan yang tiada henti. Zeus pun menyadari kesalahannya dan sebagai permintaan maaf, Ganymede pun ditempatkan di langit sebagai rasi bintang Aquarius, sang pembawa air.

12. Pisces (19 Februari – 20 Maret).

Dilambangkan dengan dua ekor ikan sebagai ucapan terimakasih dari Aphrodite, dewi cinta, dan putranya Eros (Cupid) karena sudah meminjamkan bentuknya sebagai perubahan wujud untuk menghindari Typhon, monster yang dikirim oleh Gaia, dewi bumi, untuk menyerang Olympus. Aphrodite pun mengabadikan dua ekor ikan tersebut di langit sebagai rasi bintang Pisces.

Pisces.png

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *