5 Bahan Alami Penghilang Kemerahan Bekas Jerawat

carawanita.my.id – Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang kerap dialami banyak orang. Biasanya jerawat muncul diarea wajah, dahi, dada, punggung atas, dan bahu. Jerawat muncul saat kamu memiliki ketidakseimbangan hormon didalam tubuh. Ketika jerawat muncul memang rasanya menjengkelkan. Jangan khawatir karena ada banyak bahan alami penghilang kemerahan bekas jerawat yang bisa Anda coba.

Setiap perubahan hormon yang terjadi mengakibatkan kelenjar menghasilkan minyak lebih banyak dari biasanya, yang akhirnya mengakibatkan tersumbatnya pori – pori sehingga bakteri bisa tumbuh. Saat jerawat mulai mereda, kulit yang sedang dalam proses penyembuhan akan meninggalkan bekas jerawat. Normalnya, bekas jerawat tersebut berwarna merah atau kecoklatan dan bisa hilang dengan sendirinya. 

Namun, pada beberapa kasus terdapat bekas jerawat kemerahan yang mengakibatkan kerusakan kulit jangka panjang. Terkadang bekas jerawat kemerahan itu bisa bertahan berminggu – minggu atau bahkan berbulan – bulan. Jadi kuncinya adalah kamu bisa menemukan cara menghilangkan kemerahan bekas jerawat yang tepat. 

Menggunakan bahan – bahan alami yang tersedia di rumah dan lingkungan sekitar bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat yang kemerahan. Adapun bahan – bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang kemerahan adalah sebagai berikut :

  1. Lidah Buaya
lidah buaya untuk kemerahan bekas jerawat

Sebuah studi pada tahun 2018 dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menemukan fakta senyawa yang disebut aloesin dalam lidah buaya bisa membantu mengurangi hiperpigmentasi pada bekas jerawat kemerahan. 

Aloesin berfungsi untuk membantu mengurangi produksi melanin yang berlebihan, yakni pigmen gelap yang bisa membuat terlihat lebih jelas bekas jerawat kemerahan. Dengan menggunakan lidah buaya secara rutin, bekas jerawat bisa memudar lebih cepat dan kulit pun menjadi sehat kembali. 

Cara menggunakannya mudah, kamu cukup oleskan gel dari tanaman lidah buaya yang masih segar pada bekas jerawat, lalu biarkan semalaman. Esok paginya, baru dibilas hingga bersih. 

  1. Lemon
lemon untuk menghilangkan bekas jerawat

Kandungan vitamin C didalam lemon bisa membantu menghilangkan bekas jerawat kemerahan. Kandungan tersebut akan menghambat jumlah melanin yang dihasilkan sel – sel pigmen kulit sehingga membantu menghilangkan bekas jerawat kemerahan. 

Air perasan dari buah lemon juga bisa membantu mengurangi kemerahan bekas jerawat yang sudah terbentuk. Caranya mudah, cukup basahi kapas dengan air perasan lemon, kemudian oleskan ke bekas jerawat yang kemerahan. 

Gunakan air lemon hanya pada bekas jerawat saja, jangan mengoleskannya ke seluruh wajah. Sebab, kandungan vitamin C yang asam dalam lemon bisa mengakibatkan iritasi pada kulit, khususnya kulit wajah sensitif. 

  1. Madu
8 Manfaat Madu Untuk Wajah | Realfood

Kandungan antibakteri didalam madu bisa membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan bekas jerawat. Selain itu, didalam madu juga terdapat kandungan yang bisa membantu regenerasi kulit serta menghilangkan sel – sel kulit mati pada bekas jerawat sehingga kulit tampak lebih cerah. 

Kamu cukup oleskan madu satu atau dua tetes setiap hari pada kemerahan bekas jerawat, kemudian membiarkannya selama 15 menit lalu membersihkannya dengan air hangat. 

  1. Kentang

Kentang memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga ampuh menghilangkan kemerahan bekas jerawat. Selain itu, kandungan agen pemutih didalam kentang akan bekerja efektif pada hiperpigmentasi akibat jerawat. 

Cara memanfaatkan kentang untuk menghilangkan kemerahan bekas jerawat cukup mudah. Kamu hanya perlu memarut setengah kentang menjadi bubur. Kemudian mengoleskan langsung bubur kentang tersebut ke bekas jerawat. Diamkan sekitar 15 hingga 20 menit, lalu bersihkan. 

  1. Kunyit

Terdapat kandungan didalam kunyit yang bisa membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan kemerahan bekas jerawat secara efektif tanpa menimbulkan efek samping. Bahan alami ini juga mengandung anti-inlamasi yang mampu menenangkan bekas jerawat. Selain itu, senyawa lain didalam kunyit yang disebut kurkumin berfungsi untuk mencegah hiperpigmentasi kunyit. 

Cara menggunakannya, campurkan bubuk kunyit dengan air secukupnya, kemudian oleskan pada kemerahan bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas bersih dengan air hangat. 

Baca Juga : Cara Membuka Aura Wajah Wanita Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *