Berapa Kali Keramas yang Baik Setelah Cat Rambut?

Berapa Kali Keramas yang Baik Setelah Mewarnai Rambut dan Apa Saja Tipsnya? Simak di Sini!

Mewarnai rambut tentu merupakan impian sebagian orang, namun bagaimana cara mempertahankan warnanya dan berapa kali keramas yang baik setelah melakukan pewarnaan rambut? Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

1. Keramaslah Setelah 2 atau 3 Hari Mewarnai Rambut

Agar Rambut Sehat, Seberapa Sering Harus Keramas Halaman all - Kompas.com
Sumber: Lifestyle Kompas

Jumlah berapa kali keramas yang baik setelah mewarnai rambut ditentukan oleh kapan Anda mulai melakukan pewarnaan rambut. Khususnya bagi yang sudah melakukan ombre dengan mika warna yang terbilang sulit. 

Tentunya Anda tidak ingin kehilangan warna rambut yang bagus hasil salon tersebut, bukan? Maka dari itu, tunggu sampai 2-3 hari setelah pewarnaan rambut untuk melakukan keramas agar ombre tetap terjaga dan awet.

Alasan tidak boleh langsung melakukan keramas adalah agar cat rambut tidak langsung luntur. Karena ketika Anda melakukan pewarnaan, maka lapisan kutikula rambut akan terbuka, yang mana hal tersebut akan sangat mudah luntur ketika langsung dibilas air dan shampo.

Idealnya, kutikula bisa menyerap warna tersebut dan membuatnya lebih awet setelah beberapa hari. Maka gunakanlah 2-3 hari sebagai patokan agar rambut yang telah Anda warnai ke salon tidak hilang terbilas air begitu saja.

2. Jangan Pakai Shampo dengan Kandungan Sulfat

Apakah Keramas Setiap Hari Aman Bagi Rambut? Ini Jawabannya
Sumber: BandungKita.id

Sampo adalah bahan yang pastinya Anda Sering gunakan untuk membersihkan rambut. Anda masih bisa menggunakan dua bahan ini untuk perawatan karena itu memang perlu untuk kebersihan.

Namun, perlu diperhatikan juga setelah mewarnai rambut, Anda perlu memperhatikan banyak hal terutama kandungan zat di dalam produk sampo yang dipakai. Jangan pilih produk dengan sulfat yang memungkinkan zatnya mengeluarkan banyak busa untuk mempertahankan warna rambut.

3. Pakai Kondisioner Agar Rambut Tidak Kusut

Yuk, Luangkan 3 Menit Untuk Gunakan Kondisioner
Sumber: Cosmopolitan Indonesia

Penggunaan kondisioner sangat bagus untuk rambut karena dapat menutrisi kulit kepala untuk menjadikan akar rambut lebih kuat serta sehat. Nutrisi yang diberikan kondisioner juga bagus untuk menata rambut, sehingga penggunaannya akan sangat bagus untuk mencegah rambut Anda jadi kusut.

4. Hindari Penggunaan Air Hangat untuk Keramas

5 Kesalahan Memakai Kondisioner yang Bikin Rambut Jadi Rusak | BukaReview
Sumber: BukaReview

Karena air hangat dapat membuat kutikula rambut terbuka, maka bukan hal yang tidak mungkin jika hal tersebut mengakibatkan warna rambut jadi lebih mudah luntur. Jadi, menggunakan air hangat untuk keramas bagi orang yang baru mewarnai rambut jelas tidak direkomendasikan sama sekali.

Berapa kali keramas yang baik setiap harinya untuk pembersihan rambut berwarna? Tentunya tergantung berapa panjang rambut Anda juga, tapi warna akan cepat memudar jika Anda melakukan keramas dengan air hangat.

Baca juga: OOTD Pakai Celana Kulot Jeans Yang Keren dan Modis

5. Jauhi Shampo Anti Ketombe saat Rambut Diwarnai

Cara Keramas yang Benar dan Dampaknya terhadap Kesehatan Rambut - Alodokter
Sumber: Alodokter

Kandungan zinc, selenium sulfide, serta keberadaan sulfur tentunya sudah tidak asing ketika Anda mencermati bagian ingredients yang ada pada bagian belakang kemasan shampo anti ketombe. Hal tersebut harus dihindari jika Anda ingin warna rambut bertahan lama, karena zat ini dapat membuat teksturnya jadi lebih kering.

Beda dengan orang yang memakai shampo anti ketombe saat tidak sedang menggunakan cat rambut, kondisinya tentu saja berbeda.

6. Usahakan Beli Dry Shampoo

Mengenal Dry Shampoo dan Manfaatnya untuk Mengatasi Rambut Lepek
Sumber: Kompas.com

Dry shampoo menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang terlalu sibuk menutrisi rambut. Sebab keberadaannya yang hanya dioleskan pada permukaan kepala bisa membuat mahkota Anda lebih bervolume serta segar.

Untuk sekalian melakukan retouch, Anda pun bisa memilih varian dry shampoo yang memiliki warna mirip dengan cat rambut. Selain mempercantik, dry shampoo pun dapat memperawet cat rambut.

7. Keramas Tanpa Shampoo

Ini Cara Cuci Rambut yang Tepat (II) | Republika Online
Sumber: Republika

Co-washing merupakan singkatan dari conditioner washing, dimana Anda membersihkan rambut yang dicat tanpa menggunakan shampo sedikit pun, namun keberadaan conditioner masih digunakan. Untuk awal, Anda bisa melakukan metode ini.

Tapi jangan lakukan dalam waktu lama karena keramas secara bersih sangat diperlukan untuk mengangkat debu dan minyak di kulit kepala. Anda tetap memerlukan keramas menggunakan shampo.

8. Perhatikan Jumlah Keramas Tiap Minggunya

Manfaat Pijat Kulit Kepala Sebelum Bilas Rambut | Republika Online
Sumber: Republika

Berapa kali keramas yang baik setelah melakukan pengecatan rambut? Jawabannya adalah seminggu 2-3 kali, tidak lebih dari itu jika Anda ingin mempertahankan cat rambut lebih lama.

Jangan terlalu sering keramas, sebab hal ini dapat membuat rambut kering serta catnya jadi cepat luntur atau pudar. Sejingga warnanya tidak akan tampak lebih cantik dari semuka.Itulah dia beberapa tips berapa kali keramas yang baik setelah melakukan ombre pada rambut. Apakah Anda tertarik mewarnai rambut setelah mengetahui informasi ini?

Baca juga: CARA CAT RAMBUT YANG BAGUS

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *