6 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok yang Berlebihan

cara alami

Kondisi rambut rontok apabila dibiarkan secara terus menerus, akan menyebabkan kebotakan pada rambut Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, simak 5 cara alami berikut untuk mengatasi rambut Anda yang rontok berlebihan yang akan dibahas di artikel di bawah ini.

Rambut rontok sering terjadi dan menjadi kondisi umum yang terjadi. Biasanya, ada 50 hingga 100 helai rambut yang gugur dalam 1 hari.

  1. Hindari Keramas Terlalu Sering
cara alami mengatasi rambut rontok tidak keramas terlalu sering

Sebagian orang beranggapan jika keramas setiap hari dapat menjaga kondisi rambut tetep sehat, namun sebenarnya adalah menggunakan sampo yang terlalu sering akan menyebabkan rambut menjadi kering, rusak, mudah patah dan menjadi terlalu tipis.

Agar tidak mudah rontok, sebaiknya Anda keramas sebanyak 1-3 kali saja dalam seminggu.

  1. Hindari Mengeringkan Rambut dengan Handuk Terlalu Kencang
cara mengatasi rambut rontok

Pexels/Armin Rimoldi

Setelah mandi, Anda mungkin akan mengeringkan rambut menggunakan handuk. Sebaiknya Anda tidak menggosok rambut Anda dengan kencang setelah keramas menggunakan handuk yang dapat menyebabkan rambut Anda mengalami kerontokan.

Untuk menghindari kerontokan tersebut, disarankan untuk mengeringkan rambut secara lembut menggunakan handuk dan juga menghindari penggunaan hairdryer terlalu sering.

  1. Hindari Terlalu Sering Menata Rambut
tidak menata rambut terlalu sering sebagai cara mengatasi rambut rontok

Unsplash/Toa Heftiba

Menata rambut dapat membuat rambut menjadi kering, rusak dan bahkan menyebabkan kulit kepala iritasi, Metode penataan rambut yang sering dilakukan oleh orang adalah, mencatok atau mengeritingkan rambut serta mewarnai rambut.

Selain itu, kebiasaan mengepang dan mengikat rambut terlalu kencang daoat mengakibatkan akar rambut tertarik sehingga membuat rambut menjadi mudah rontok. Untuk mengatasi kerontokan, sebaiknya Anda menghindari penataan rambut terlalu sering dan menggunakan pengering rambut dengan suhu panas yang tinggi karena dapat menyebabkan rambut cepat rusak.

  1. Menerapkan Pola Hidup Sehat
cara mengatasi rambut rontok dengan menerapkan pola hidup sehat

Unsplash/Jonathan Borba

Untuk mengatasi rambut rontok, Anda juga harus coba menjalani pola hidup yang sehat dengan rutin berolahraga, meditasi, tidur yang cukup dan meredakan stres. Karena beberapa penyakit seperti kurang darah dan kurang gizi dapat menyebabkan rambut rontok.

  1. Mencukupi Asupan Nutrisi
cara mengatasi rambut rontok dengan cara mencukupi kebutuhan nutrisi

Unsplash/Anna Pelzer

Untuk menjaga kesehatan rambut dan menghindari terjadinya kerontokan, sebaiknya Anda juga mencukupi asupan nutrisi. Ini merupakan salah satu cara alami dengan mencukupi asupan nutrisi yang seimbang dan sehat untuk mengatasi rambut rontok dari dalam.

Berikut beberapa jenis nutrisi penting untuk mencegah rambut rontok:

  • Vitamin untuk kesehatan rambut, seperti Vitamin A, B, C, D dan E.
  • Zinc atau seng yang dapat memperbaiki jaringan rambut, penting dalam pertumbuhan dan menjaga kelembapan rambut secara alami.
  • Protein dan omega-3, seperti ikan salmon dan telur agar kulit kepala dan rambut tumbuh sehat.
  • Zar besi, kekurangan zat besi dapat menyebabkan kerontokan pada wanita.
  1. Menggunakan Bahan-bahan Alami
C:\Users\TEMP.LAPTOP-USER.036\Downloads\eggbank-ohNxxapID_k-unsplash.jpg

Unsplash/eggbank

Untuk mengatasi rambut rontok, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi rambut yang rontok dan merawat kulit kepala menjadi lebih sehat. Berikut bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok:

  • Lidah buaya; dipercaya dapat mengatasi dan mengurangi ketombe dan produksi minyak yang berlebihan pada kulit kepala Anda.
  • Lemon; dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut dengan kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon.
  • Kuning telur; kandungannya seperti biotin, asam amino, vitamin A dan folat mampu melembabkan rambut kering dan rambut tumbuh lebih cepat dan kuat. 
  • Minyak rosemary dan geranium; dapat merangsang pertumbuhan dan memperkuat rambut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok Untuk Wanita Berhijab

Penutup

Nah, itu dia 6 cara untuk mengatasi rambut rontok yang berlebihan. Apabila masalah rambut rontok yang Anda alami tidak bisa dikendalikan dengan cara-cara di atas, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter ya, agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *