Jenis Alat Manicure Pedicure yang Wajib Dimiliki

5 Jenis Alat Manicure dan Pedicure yang Wajib Dimiliki Beserta Tipsnya

Sebelum Anda melakukan perawatan kuku di rumah, pelajari tentang jenis alat manikur dan pedikur yang Anda butuhkan agar kuku terlihat sehat. 

Gunting kuku 

Gampang, Ini Cara Menajamkan Gunting Kuku yang Tumpul
Sumber: Kompas.com

Gunting kuku adalah alat manikur dan pedikur paling dasar yang harus Anda miliki. Gunakan gunting kuku terbaik dengan sedikit lekukan pada bilahnya, yang membuat pemotongan kuku lebih mudah. 

Ada 2 jenis gunting kuku yang bisa Anda pilih, yaitu gunting besar dan gunting kecil. Gunting kuku besar digunakan untuk memotong kuku kaki, sedangkan gunting kuku kecil digunakan untuk memotong kuku. 

Cuticle Pusher

Jual Nail Cuticle Pusher Manicure Nail Art - Pendorong Kutikula | Shopee  Indonesia
Sumber: Shopee

Setelah menyiapkan gunting kuku, siapkan juga kutikula pendorong atau kutikula pendorong. Alat ini berguna untuk menekan jaringan kutikula ke dasar kuku agar tidak mudah kering atau terkelupas. 

Jika kulit di sekitar kuku Anda keras, pertimbangkan untuk menggunakan pendorong kutikula baja. Sementara itu, jika kulit Anda lebih lembut, Anda bisa menggunakan pendorong kutikula kayu.

Emory Board

Amazon.com : BTYMS 25Pcs 180/240 Grit Nail Files for Acrylic Nails  Professional Coarse Emory Board Nail Buffering Files for Home and Salon Use  : Beauty & Personal Care
Sumber: Amazon

Ingin kuku terlihat lebih rapi dan berkilau? Maka Anda membutuhkan papan emory untuk membentuk kuku Anda lebih rapi dan berkilau. Alat ini juga berguna untuk menghilangkan benjolan kering dari kuku Anda dengan menghaluskannya. 

Gunakan alat ini secara perlahan dan tidak terlalu keras untuk menghindari penipisan kuku. 

Pemisah Jari

Jual Nail separator toe separator pembatas jari pemisah jari tangan kaki  manicure pedicure (2pcs) | Shopee Indonesia
Sumber: Shopee

Untuk mencegah jari-jari Anda saling menempel, Anda juga memerlukan pemisah jari kaki khusus. Alat ini juga berguna untuk menjaga bentuk kuku Anda lebih bersih dan indah. 

Selain memudahkan dalam memotong kuku, Anda juga bisa menggunakan pemisah jari kaki ini saat mengoleskan cat kuku. 

Baca juga: Berapa Kali Keramas yang Baik Setelah Cat Rambut?

Batu apung

Lebih Subur dengan Batu Apung
Sumber: Agronet

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat manikur dan pedikur adalah mengangkat sel kulit mati. Batu apung untuk menggosok kulit pada tumit, lutut, siku dan area kaki lainnya.

Perawatan ini membantu menghilangkan lapisan terluar sel kulit mati dan membantu menghilangkan kulit kering dan pecah-pecah. Kulit menjadi lebih sehat dan bersih.

Tips Manicure dan Pedicure di Rumah 

Setelah Anda mempelajari peralatan dasar manicure dan pedicure, mari kita pelajari tips perawatan kuku hanya di rumah. Meski terkesan sepele, perawatan ini juga membutuhkan trik khusus.

Jangan asal-asalan merusak penampilan dan kesehatan kuku. Ikuti saja tips di bawah ini. 

Menyiapkan Peralatan Manicure dan Pedicure 

Rekomendasi 10 Alat Menicure Pedicure Terbaik di Indonesia 2022
Sumber: Product Nation

Langkah pertama adalah menyiapkan peralatan manicure dan pedicure dalam keadaan bersih dan baik. Yang terbaik adalah membersihkan semua peralatan sebelum digunakan. 

Bersihkan dengan air hangat dan sabun untuk menghilangkan kuman dan bakteri dari alat. 

Hapus Cat Kuku Lama 

6 Cara Hapus Cat Kuku Tanpa Nail Polish Remover - Fashion & Beauty  Liputan6.com
Sumber: Liputan6.com

Jika Anda pernah menggunakan cat kuku sebelumnya, sebaiknya bersihkan dengan penghapus cat kuku terlebih dahulu. Kemudian cuci tangan Anda. dan kaki dengan sabun untuk membersihkan sisanya. 

Membentuk dan Memotong Kuku

Kapan Harus Potong Kuku? Fakta Ini Mungkin Bisa Bantu Atur Waktu
Sumber: Detik Health

Setelah kuku bebas dari cat kuku, mulailah memotong dan membentuk dengan gunting kuku yang sesuai. Anda juga dapat menggunakan pemisah jari kaki untuk memudahkan pemangkasan kuku dan menjaga jari-jari Anda tetap rapi.

Kikir Kuku

Jual Kikir Kuku Untuk Manicure Pedicure / Nail Art Kikir Kuku Kayu Portable  untuk Pedicure Manicure | Shopee Indonesia
Sumber: Shopee

Saat kuku Anda bersih, bersihkan perlahan dengan papan memori dengan gerakan satu arah. Langkah ini berguna untuk menciptakan tampilan yang lebih rapi dan berkilau.

Metode ini juga dapat melembutkan tepi kuku, membuatnya terasa lebih halus dan tidak terlalu menyakitkan saat Anda menggaruk kulit.

Dorong Kembali Kutikula

2 Pcs Double Kepala Peralatan Kuku Kutikula Manikur Pedikur Pembersih Kuku  Pendorong Kutikula Kulit Mati Remover Nail Pusher Pemangkas Peralatan Seni  | Lazada Indonesia
Sumber: Lazada

Dorong kutikula lebih jauh dengan pendorong kutikula yang juga berguna untuk menghaluskan kuku. Ingat, jangan potong kutikula, cukup dorong ke belakang secara perlahan.

Eksfoliasi Kulit Tangan dan Kaki 

5 Manfaat Eksfoliasi Kulit Tubuh atau Body Scrub, Glowing!
Sumber: Popbela.com

Pengelupasan kulit tangan dan kaki juga merupakan rangkaian perawatan kuku yang tidak boleh dilewatkan. Terutama tumit, siku, pergelangan tangan, dll.

Caranya: Gosok dengan batu apung atau gunakan scrub yang lembut dan beraroma. Kemudian bersihkan bagian bawah kuku dan bilas dengan air.

Baca juga: CARA SIMPLE MENGHILANGKAN DAKI DI KETIAK DAN LEHER

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *