Mengenal Bedanya Sunblock Dan Sunscreen, Serta Berbagai Jenis Sunscreen

Saat ini, sudah ada banyak berbagai varian tabir surya di pasaran. Kalian harus tahu kalau sun screen dengan sunblock itu berbeda. Pada dasarnya, jenis jenis sunscreen serta sunblock ialah tabir surya dengan fungsi melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari. Tetapi kedua pelindung tersebut ternyata cukup jelas perbedaannya. Berikut ini akan dibahas lebih jelas sejumlah perbedaan sunscreen dengan sunblock. Sehingga bisa memudahkan Anda untuk melindungi kulit berdasarkan kegunaannya.

mengenal perbedaan sunblock dan sunscreen

Mekanisme perlindungan

Sun screen ialah tabir surya lotion yang bisa menembus dan lalu diserap kulit kita sebelum sinar matahari atau UV sampai lapisan kulit lalu merusaknya. Tetapi jenis pelindung ini biasanya bertugas untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar UVB saja.

Cara kerja

Ada lagi hal yang bisa membedakan antara sunblock dengan sunscreen yaitu adalah cara kerjanya. Keduanya memang bisa melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari, tapi mekanismenya yang berbeda. Sunblock ialah tabir surya untuk menghalau dan lalu memantulkan sinar dari kulit. Dengan titanium dioksida/ seng oksida dalam sunblock, sunblock tersebut dinilai efektif untuk melindungi dua jenis ultraviolet yakni UVA serta UVB. Anda bisa tetap menggunakan salah satunya di antara dua produk tersebut karena sama-sama bisa memberikan perlindungan. Tetapii Anda mungkin harus melihat tabir surya menawarkan perlindungan sinar UVA UVB atau tidak.

Kandungan zat

Selain seputar mekanismenya dan cara kerjanya, perbedaan lain sunscreen dengan sunblock yang lain yaitu kandungan zatnya. Kalau dilihat dari tekstur karena kandungan bahan di dalam produk pelindung kulit ini, maka perbedaan antara sunblock dengan sunscreen cukup terlihat dari mata Anda. Untuk sunscreen, maka memiliki berbagai macam senyawa kimia dengan tugas menyerap sinar, seperti kandungan oxybenzone atau kandungan avobenzone.

Sayangnya, dari dua bahan aktif tersebut dapat menghasilkan reaksi alergi kepada orang yang mempunyai alergi PABA atau “asam para-aminobenzoic”. Walau begitu, sunscreen mempunyai tekstur lebih tipis serta tidak terlihat mata pada saat diaplikasikan. Hal ini yang bisa membuat orang-orang memilih sunscreen jika dibandingkan sunblock meski tingkat konsistensi serta bahan yang ada di dalamnya bisa memicu alergi.

Mengenal berbagai Jenis-Jenis Sunscreen

Sesuai bahan yang dipakai, sunscreen bisa dikategorikan dua jenis. 

Sunscreen physical

Untuk sun screen satu ini, bekerja dengan membuat lapisan permukaan kulit agar bisa menghalangi sinar berbahaya yaitu UV. Hasilnya, sinar tersebut tidak akan menembus lapisan bagian dalam kulit. Sunscreen satu ini biasanya juga mengandung beberapa bahan aktif misalnya seperti oxide zinc dan juga titanium dioxide.

Sunscreen chemical

Ada juga sun screen chemical yang bekerja dengan membuat lapisan pada permukaan kulit agar bisa menyerap radiasi UV. Dengan begitu, maka tak akan sampai terserap masuk ke kulit dalam. Sunscreen jenis chemical mengandung juga beberapa jenis bahan aktif misalnya seperti octisalate, cinnamates, dioxybenzone dan ovybenzone. Sunscreen ini yang biasanya sering kali disebut sunblock.

BACA JUGA : Ladies, Beginilah Kiat Merawat Kulit Wajah Secara Benar!

Biasanya kebanyakan formulasi produk sunscreen yang ada di pasaran ialah kombinasi dari chemical dan physical. Sunblock itu sendiri merupakan istilah kurang tepat dikarenakan tak ada satupun kandungan yang bisa memblok paparan sinar uv. Di Amerika bahkan pemakaian kata sunblock sudah dilarang FDA, yaitu instansi yang mirip Badan POM kalau di Indonesia. Sehingga istilah sunblock sudah tak digunakan lagi, dikarenakan lebih tepat menggunakan istilah sunscreen. Apa pun itu yang digunakan, lebih baik pahami kandungan dan fungsinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *