10-Cara-Melancarkan-Haid-Paling-Ampuh-dan-Aman

10 Cara Melancarkan Haid

carawanita.my.id- Haid merupakan proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus bulanan. Siklus haid normalnya adalah 28-35 hari. Haid perlu terjadi setiap bulannya, haid ditandai dengan endometrium yang berisi pembuluh darah di dalam dinding Rahim. Bila tidak terjadi kehamilan endotrium akan keluar bersama darah melalui vagina hal tersebut merupakan proses terjadinya menstruasi. Gejala yang dapat dialami oleh wanita sebelum menstruasi atau sedang menstruasi yaitu, perut tersa mulas, mual, tubuh kurang fit, sakit kepala, emosi meningkat, nyeri dan bengkak pada payudara, dan munculnya jerawat di wajah.

Ada bermacam-macam penyebab dari haid yang tidak beratur seperti stress berkepanjangan, penyakit yang disebabkan oleh jamur, penurunan berat badan, tiroid, ketidakseimbangan hormone. Lalu bagimanakah cara melancarkan haid agar dapat mengurangi rasa sakit yang diakibatkannya? Berikut makanan yang dapat membantu memperlancar haid :

Cara Melancarkan Haid

1.Daun Pepaya

Diperkaya dengan vitamin A, B, C, D dan E serta kalsium sehingga berkhasiat melancarkan haid. 

2. Wortel

Wortel mengandung manfaat vitamin A, vitamin C, kalsium dan iron membantu meningkatkan fungsi hormone sehingga dapat melancarkan haid.

3. Kunyit 

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang berhasiat sebagai obat dalam hal ini berguna sebagai zat anti-flamasi dan anti-oksidan. Berguna untuk memperlancar haid.

4. Jahe 

Diperkaya dengan vitamin A, B2, C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor dan niasin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dapat diminum unutuk mengurangi rasa nyeri haid. Jahe memiliki sifat anti-flamasi yang berguna untuk mengurangi rasa nyeri haid.

5. Minum air kelapa 

Air kelapa memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, di anjurkan minnum air kelapa saat haid karena dapat memnabantu meringankan keram perut dan memperlancar haid.

Baca juga : 5 Cara Ampuh Melancarkan Haid

6. Rajin meminum air putih 

Air mineral untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh dengan sistem metabolisme yang lancar maka haidpun akan lancar.

7. Berolahraga 

Olah raga dapat menjaga kesehatan tubuh dan keseimbangan cara hidup sehat. Berolahraga tidak harus terlalu keras lakukanlah olahraga seperti yoga yang dapat dilakukan di rumah. Yoga terbukti dapat memperlancar haid.

8. Istirahat yang cukup

Istrirahat yang cukup dapat menghasilkan hormone kortisol terproduksi dengan baik. Normalnya seseorang tidur selama 7 hingga 8 jam dalam semalam. Tidur akan menjaga hormone pengatur menstruasi anda. 

9.Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Bayam, asparagus dan brokoli merupaka sayuran yang dipercaya dapat membantu memperlancar haid. Ikan salmon yang kaya akan omega-3 dinilai dapat mendukung keseimbangan produksi hormone dan membantu proses ovulasi.

10. Gaya hidup yang sehat 

Dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga, istirahat yang cukup, tidak merokok atau minum kopi berlebihan. 

Saat sedang haid memilah makanan dan minuman yang di konsumsi merupakan cara yang bijak agar aktifitas anda tidak terganggu akibat nyeri yang di rasakan saat haid. Semakin tinggi hormone prostaglandin akan menyebabkan kontraksi otot Rahim hal ini yang menyebabkan keram perut. Apa saja sih makanan yang harus di hindari saat haid? 

Makanan dan Minuman yang harus di hindari saat Haid

  • Gandum olahan, efek dari kandungan yang terdapat dari gandum akan mengganggu gula darah dan nafsu makan.
  • Tidak minum kopi berkafein tinggi, mengurangi kafein saat sedang menstruasi akan membantu anda menghindari rasa nyeri pada payudara dan keram perut.
  • Minuman bersoda, tidak dianjurkan dikonsumsi saat haid hal itu disebabkan karena kandungan kafein dan gula yang tinggi dapat memperburuk gejala haid.
  • Alcohol dapat memperburuk gejala menstruasi. Dapat membuat tubuh lebih lelah, lesu, sakit kepala.
  • Menghindari makanan yang mengandung lemak trans seperti kentang goreng, onions rings, donat, mentega dan makanan lainnya yang menggunakan minyak sayur sebagai bahan makanan.

Baca juga : 3 CARA ALAMI YANG SIMPLE UNTUK MEMUTIHKAN GIGI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *