10 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bagian Bawah

Deretan Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah, Hati-hati Penyakit Ganas!

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri pada Perempuan dan Cara Mengatasinya |  Popmama.com
Sumber: Popmama.com

Sakit perut sebelah kanan bagian bawah seringkali dikaitkan dengan gejala terjadinya usus buntu. Radang usus buntu adalah penyebab paling umum sakit perut sebelah kanan bagian bawah. Hal itu karena perut kanan bawah adalah letak organ lain seperti usus besar, rahim, dan lain sebagainya. 

Penyebab sakit perut sebelah kanan bagian bawah bisa disebabkan masalah ringan, berat, atau berbasis jenis kelamin tertentu. Berikut dibawah ini 10 penyebab terjadinya sakit perut sebelah kanan bagian bawah :

1. Maag

Jangan Salah Lagi, Tidak Ada Penyakit Bernama Maag Halaman all - Kompas.com
Sumber: Kompas.com

Penyebab sakit perut sebelah kanan bawah yang pertama adalah karena maag. Rasa sakit disertai dengan asam lambung naik dan perut kembung. Gangguan pencernaan ini bisa diatasi dengan obat yang dijual bebas, atau jika perlu kunjungi dokter apabila rasa sakit lebih dari dua minggu. 

2. Gas Menumpuk

Ketahui Perbedaan Nyeri Perut Bawah dan Atas Beserta Pengobatannya -  Alodokter
Sumber: Alodokter

Saat makanan tidak dicerna dengan semestinya, maka gas bisa menumpuk di usus. Kondisi tersebut bisa menyebabkan sakit perut, kembung, dan rasa tidak nyaman. Biasanya gejala masalah pencernaan ringan ini bisa hilang hanya dalam hitungan jam saja. 

Jika gejala penyakitnya lebih dari beberapa minggu, penyebab sakit perut sebelah kanan bisa karena intoleransi laktosa atau penyebab serius lainnya. 

3. Haid

Perut Sakit saat Haid? Ini 5 Penyebabnya
Sumber: Suara.com

Sakit perut sebelah kanan bawah juga bisa disebabkan karena nyeri haid. Saat haid, rasa sakit tersebut juga biasanya disertai dengan rasa tidak nyaman di punggung kaki, mual, dan sakit kepala. Gejalanya akan berlangsung selama beberapa hari sebelum dan selama menstruasi. 

4. Batu Ginjal

5 Cara Mengatasi Sakit Perut yang Ampuh dan Alami
Sumber: Halodoc

Pada beberapa kasus, sakit perut sebelah kanan bisa menjadi tanda penyakit batu ginjal. Gejala penyakit batu ginjal antara lain sakit hebat di perut bagian bawah, samping, selangkangan, dan punggung. 

Selain sakit, gejala batu ginjal lainnya yaitu ada darah dalam urine, kencing yang terasa sakit, ingin kencing, mual, dan muntah. 

5. Infeksi Ginjal

Awas, 8 Kondisi Ini Bisa Sebabkan Sakit Perut Bagian Bawah
Sumber: Google.com

Terjadinya infeksi bakteri pada ginjal akan mempengaruhi sistem buang air kecil. Biasanya gejala infeksi ginjal antara lain sakit di punggung bawah, samping, pangkal paha, dan perut bagian bawah. 

Meski rasa sakitnya tak separah batu ginjal namun dapat menyebabkan kerusakan permanen. Gejala lain yang muncul antara lain mual, demam, diare, dan tidak nafsu makan. 

6. Hernia

7 Masalah Pencernaan yang Paling Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya
Sumber: IDN Times

Hernia adalah banjolan kecil yang timbul karena ada bagian tubuh yang mendesak bagian otot atau dinding jaringan yang lemah. Hernia atau burut seringkali muncul disekitar area perut. Umumnya masalah kesehatan yang satu ini tidak berbahaya. 

Meski demikian, terkadang menimbulkan rasa sakit di area benjolan. Apalagi saat batuk atau mengangkat benda yang berat. 

7. Sindrom Iritasi Usus

Gangguan Enzim Pencernaan dan Cara Mengatasinya - Alodokter
Sumber: Alodokter

Sindrom iritasi usus adalah kondisi gangguan pencernaan kronis yang penyebabnya tidak diketahui dan belum ada obatnya. Penyakit ini bisa menyebabkan perut merasa sakit yang diikuti gejala lain seperti kram perut, diare, sembelit, dan kembung.  

8. Penyakit Radang Usus

Wajib Tahu, 7 Penyebab Wanita Nyeri Perut Usai Bercinta - Health  Liputan6.com
Sumber: Liputan6.com

Penyakit radang usus akan mempengaruhi seluruh sistem pencernaan. Gejala penyakit radang usus antara lain sakit perut bagian bawah, berat badan menurun drastis, lelah, kembung, serta diare yang disertai darah. 

9. Radang Panggul

9 Contoh Gejala Sakit Perut Tanda Hamil | BukaReview
Sumber: BukaReview

Penyakit radang panggul merupakan infeksi yang terjadi di saluran kelamin wanita. Radang panggul bisa memicu sakit perut, sakit saat berhubungan seks dan buang air kecil, nyeri saat menstruasi parah, pendarahan diluar jadwal menstruasi, mual, dan demam. 

10. Kehamilan Ektopik

8 Kondisi yang Sebabkan Nyeri di Perut Sebelah Kanan
Sumber: CNN Indonesia

Kehamilan ektopik bisa terjadi saat sel telur yang dibuahi tumbuh diluar rahim. Kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa sakit di perut sebelah kanan bawah, pendarahan di vagina atau keputihan, sakit saat buang air besar, mual, dan diare.

Baca juga: CARA MENCEGAH KANKER PAYUDARA YANG MUDAH DIKENALI

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *