5 Tanda Menopause yang Mirip Kehamilan

5 Tanda Menopause yang Mirip Dengan Kehamilan, Simak di Sini!

Ketika jadwal menstruasi yang harusnya tidak kunjung datang, maka ada dua kemungkinan, yakni menopause atau hamil. Menopause itu sendiri merupakan sebuah kondisi dimana adanya penurunan hormone reproduksi yang sering dialami oleh wanita berusia 40 tahun ke atas. 

Meski demikian, menopause juga bisa terjadi pada wanita yang usianya di bawah 40 tahun. Wanita yang mengalami menopause tentunya tidak akan bisa hamil lagi. Tapi uniknya, ternyata gejala atau tanda dari menopause dengan kehamilan itu sangat mirip lho. 

Lantas, seperti apa sajakah tanda-tandanya? Nah, biar kamu gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Gangguan Saat Buang Air Kecil

5 Tanda Menopause yang Mirip Kehamilan 9 Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Cara Mengatasinya - Alodokter
Sumber: Alodokter

Memasuki masa kehamilan, maka bayi yang ada di dalam kandungan akan memberikan banyak tekanan pada kandung kemih. Alhasil, kondisi tersebut akan membuat kita lebih sering buang air kecil semala kehamilan. 

Akan tetapi, selama menopause maka tonus (tegangan otot jaringan) akan menghilang sehingga bisa menyebabkan kita sulit menahan air kencing. 

2. Muncul Keringat di Malam Hari

5 Tanda Menopause yang Mirip Kehamilan Alasan Keringat Muncul saat Tidur di Malam Hari
Sumber: CNN Indonesia

Muncul keringat di malam hari juga bisa jadi berupa gejala menopause atau tanda awal kehamilan. Ketika tubuh berkeringat di malam hari, biasanya wajah kita akan tampak kemerahan. Selain itu, ada kemungkinan kita akan mengeluarkan keringat dengan jumlah yang sangat banyak.

Alhasil, kondisi tersebut akan membuat tubuh kita merasa tidak nyaman sehingga terbangun dan menyebabkan kelelahan. 

Baca juga: Keputihan Berwarna Coklat

3. Adanya Perubahan Siklus Menstruasi

5 Tanda Menopause yang Mirip Kehamilan Perubahan Siklus Menstruasi Berdasarkan Usia - KlikDokter
Sumber: KlikDokter

Wanita yang sedang hamil atau menjelang menopause, maka siklus menstruasinya akan berubah akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh. Ya, telat haid bisa jadi salah satu gejala kehamilan. Begitu juga dengan haid yang tidak teratur yang berarti menopause sudah dimulai.  

4. Terjadi Perubahan Suasana Hati

Mood Swing: Proses, Penyebab, dan Cara Mengatasinya - Golife
Sumber: Go Life

Selama kehamilan atau menopause, maka akan ada perubahan hormone sehingga bisa menyebabkan suasana hati menjadi berubah. Dalam kehamilan, suasana hati yang berubah bisa membuat kita menjadi sangat emosional dan mudah menangis. 

Sedangkan pada kondisi menopause, biasanya perubahan suasana hati tersebut akan membuat kita mudah tersinggung, lebih murung, hingga depresi. 

5. Rasa Sakit di Bagian Kepala

Penyebab Sakit Kepala Bagian Atas dan Cara Mengatasinya - Alodokter
Sumber: Alodokter

Menurut kabar yang beredar, sakit kepala juga dapat muncul menjelang menopause maupun kehamilan akibat adanya perubahan hormone. Pada kasus menopause, hilangnya hormone estrogen bisa menimbulkan rasa sakit di bagian kepala. Sementara pada kasus kehamilan, adanya peningkatan homon dapat memicu meningkatnya sakit di kepala. 

6. Bertambahnya Berat Badan

Bukan karena Makanan, Ini 5 Penyebab Berat Badan Naik Lainnya Halaman all -  Kompas.com

Selama masa kehamilan, biasanya berat badan kita akan bertamah secara bertahap. Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat bayi di dalam janin yang terus tumbuh dan berkembang sehingga akan membuat ukuran perut tampak membesar. 

Beda halnya dengan kasus menopause, dimana metabolisme tubuh menjadi melambat dan membuatnya lebih sulit untuk mempertahankan berat badan yang ideal. Nah, perubahan hormone tersebutlah yang akan menyebabkan bertambahnya berat badan di area perut. 

7. Perubahan Gairah Seks

Saat mengalami, maka akan terjadi perubahan gairah seks yang cenderung menurun. Kondisi tersebut lagi-lagi dikarenakan adanya perubahan hormone di dalam tubuh. Begitu pun dengan masa kehamilan, yang mana gairah seks kita justru akan semakin meningkat atau malah semakin menurun. 

8. Kembung dan Kram

Gejala atau tanda berikutnya dari menopause yang mirip dengan kehamilan, yakni area perut terasa kembung yang disertai dengan kram.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Dengan Menopause?

Sumber: https://hariancewek.com/

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *