8 Tips Tetap Sehat Saat Pandemi COVID-19

8 Tips Tetap Sehat Saat Pandemi COVID-19, Simak di Sini!

Kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia hingga saat ini masih belum pulih. Hal tersebut membutuhkan kesadaran setiap masyarakat agar tetap waspada berupaya mengurangi risiko penularan, termasuk menjaga kesehatan diri sendiri. 

Guna menghindari serta memutus rantai penularaan COVID-19, dan menjaga kesehatan diri sendiri, berikut dibawah ini 8 tips agar tetap sehat saat masa pandemi COVID-19 yang bisa dilakukan tanpa perlu banyak melibatkan hal lain, diantaranya yaitu :

1. Mencuci Tangan Menggunakan Sabun (CTPS)

10 Kondisi Anda Harus Cuci Tangan
Sumber: CNN Indonesia

Tips menjaga kesehatan dimasa pandemi yang pertama adalah mencuci tangan dengan cara yang tepat. Caranya yaitu menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir, lalu gosok tangan hingga timbul busa sabun, bersihkan tangan dan jari hingga bagian bawah kuku, setidaknya cuci selama 20 detik. 

Selalu cuci tangan sebelum makan, sesudah menggunakan kamar mandi dan toilet, sesudah mengganti popok, sesudah bermain dengan binatang, serta sebelum dan sesudah berada disekitar orang yang sakit. 

2. Menggunakan Masker Dan Hindari Orang Sakit

Aturan Pemakaian Masker Terbaru yang Perlu Dipahami
Sumber: Halodoc

Upayakan agar selalu menggunakan masker dalam setiap aktivitas. Jika mengetahui ada orang yang sakit, meski orang penting, atau keluarga maupun sahabat, sebaiknya menjauhlah dari mereka. Terkecuali memang benar – benar perlu, maka gunakan masker dan terapkan protokol kesehatan. Namun jika memang harus berinteraksi langsung dengan mereka, jangan berdiri terlalu dekat. Pastikan untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah berada disekitar orang yang sakit. Segera bersih – bersih jika disekitar Anda ada orang yang sakit batuk atau bersin – bersin. 

3. Jaga Jarak Dan Menjauhi Kerumunan

Biar Tak Keliru, Ini Cara Jaga Jarak Agar Tak Tertular Covid
Sumber: CNBC Indonesia

Selalu menjaga jarak diatas 1,5 meter sebagai upaya terhindar dari penularan. Virus corona mampu menyebar lebih mudah di tempat – tempat dengan lalu lintas padat seperti sekolah, kantor, transportasi umum, dan tempat – tempat umum lainnya. Jika memungkinkan, hindari berlama – lama berdiam diri di tempat – tempat yang seperti itu, tetaplah tinggal di rumah jika tidak terlalu penting. 

Baca juga: Penyebab Vagina Jadi Kering dan Cara Mengatasinya

4. Kebersihan

7 Cara Cegah Virus Corona dengan Menjaga Kebersihan Lingkungan| Lifebuoy  Indonesia
Sumber: Lifebouy

Bersihkan semua permukaan benda disekitar Anda dengan menggunakan desinfektan antara lain dinding, lantai, meja, kursi, furniture lainnya, kunci mobil, handphone, dan lainnya. Hindari penggunaan barang – barang yang memungkinkan virus atau mikroorganisme tetap hidup antara lain karpet, keset yang tidak dibersihkan, masker yang sudah lama digunakan, dan lainnya. 

5. Hindari Menyentuh Wajah

Sering Menyentuh Wajah Tanpa Sadar? Ini yang Harus Dilakukan - KlikDokter
Sumber: KlikDokter

Virus dan mikroorganisme paling sering menyebar saat tangan menyentuh sesuatu yang terkontaminasi kuman dan kemudian dilanjutkan dengan menyentuh bagian wajah seperti mata, hidung, maupun mulut. Dengan demikian kurangi frekuensi tangan Anda menyentuh wajah dan pastikan tangan selalu dalam keadaan bersih saat Anda ingin menyentuh tangan. 

6. Gizi Seimbang

Mengenal Pedoman Gizi Seimbang untuk Hidup Lebih Sehat - Alodokter
Sumber: Alodokter

Diet dengan mengonsumsi makanan sehat bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tetap sehat. Upayakan untuk selalu mengikuti pedoman gizi seimbang, memperbanyak makan buah – buahan, dan sayuran. Jauhi makanan yang tidak sehat dan jangan merokok, serta jangan konsumsi minuman beralkohol. 

7. Siapkan Hand Sanitizer

Bikin Sendiri Hand Sanitizer Sesuai Surat Edaran BPOM
Sumber: Dinkes Deli Serdang

Mencuci tangan menggunakan sabun masih dinilai sebagai cara paling efektif untuk mencegah virus COVID-19 dan penyakit lainnya. Namun, pembersih tangan Hand Sanitizer pun akan berguna dan bisa membantu jika tidak memungkinkan untuk melakukan CTPS. 

8. Mengelola Stress

Mengelola Stress Corona Tanpa Keluar Rumah
Sumber: DetikNews

Berupaya tetap tenang dan selalu berpikiran positif sangat penting guna terhindar dari penyakit. Saat Anda mampu mengendalikan stress dengan baik, maka Kortisol yaitu hormon yang dilepaskan saat seseorang stress akan terkendali dan bisa membantu tubuh melawan peradangan dan penyakit. 

Berupayalah agar tetap tenang melalui berbagai cara seperti dengan meluangkan waktu untuk menekuni hobi. Upayakan untuk tidur setidaknya selama tujuh jam setiap malam, dan tambahlah waktu istirahat jika mulai merasa sakit.

Baca juga: Mitos Tentang Jet Lag yang Jarang Diketahui

Sumber: https://beritakubaru.com/

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *