Apa yang Dimaksud Dengan Menopause?

Apa yang Dimaksud Dengan Menopause? Simak di Sini!

Mungkin masih ada sebagian dari wanita yang belum terlalu familiar dengan istilah Menopause. Perlu kalian ketahui, Menopause ini merupakan sebuah kondisi dimana berakhirnya siklus menstruasi secara alami yang umumnya terjadi ketika seorang wanita memasuki usia 45 sampai 55 tahun. 

Selain berhentinya siklus menstruasi, terdapat juga berbagai perubahan lainnya yang akan dialami oleh tubuh kita saat mengalami Menopause. Menurut kabar yang beredar, perubahan tersebut dapat terjadi secara bertahap atau tiba-tiba. 

Adapun mengenai masa terjadinya perubahan tersebut yang disebut dengan istilah primemenopause, dimana ia akan berlangsung selama beberapa tahun sebelum Menopause. Lantas, seperti apakah gejala yang ditimbulkan saat terjadi Menopause?

Berbagai Gejala Menopause

Ciri-ciri dan Cara Deteksi Dini Menopause Dini pada Wanita
Sumber: Kompas.com

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa gejala Menopause akan terjadi pada masa primemenopause, yakni beberapa bulan atau eberapa tahun sebelum siklus menstruasi berhenti. Pada dasarnya, durasi dan tingkat keparahan gejala yang akan dialami oleh setiap wanita itu akan berbeda-beda. 

Baca juga: 5 Skincare Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Ke Atas

1. Terjadinya Perubahan Siklus Menstruasi

Ketika mengalami Menopause, maka siklus menstruasimu menjadi tidak teratur. Ya, terkadang terlambat atau bahkan datang lebih awal dari biasanya. Kondisi ini pun kerap disebut dengan istilah Oligomenorea. Bukan hanya itu, darah yang keluar ketika menstruasi juga bisa lebih sedikit atau lebih banyak dari biasanya. 

2. Terjadi Perubahan Penampilan Fisik

Ini dia gejala yang umumnya kerap terjadi ketika seorang wanita mengalami Menopause. Adapun berbagai perubahan penampilan fisik yang dimaksud, seperti rambut menjadi rontok, kulit terasa kering, payudara terasa kendur, hingga berat badan bertambah drastis. 

3. Terjadi Perubahan Psikologis

Ketika mengalami Menopause, maka kamu akan mengalami perubahan psikologis seperti suasana hati yang mudah berubah, sulit tidur malam, hingga depresi. Bukan hanya itu, menopause juga kerap disertai dengan gejala lainnya seperti vagina terasa kering dan adanya penurunan gairah seksual. 

4. Terjadi Perubahan Kondisi Tubuh

Kondisi menopause akan menyebabkan terjadinya perubahan kondisi tubuh yang ditandai dengan beragam gejala, seperti merasa gerah, selalu berkeringat di malam hari, kepala terasa pusing, jantung berdebar kencang, hingga infeksi yang terjadi berulang kali pada saluran kemih. 

Berbagai Hal yang Menjadi Penyebab Timbulnya Menopause

5 Penyakit Setelah Menopause yang Perlu Diwaspadai Wanita Halaman all -  Kompas.com
Sumber: Kompas Health

Sebenarnya menopause adalah sebuah proses alami yang terjadi ketika usia seorang wanita bertambah tua. Seiring dengan pertambahan usa, maka indung telur akan semakin sedikit dalam memproduksi hormone kewanitaan. 

Alhasil, indung telur tidak bisa lagi untuk melepaskan sel telur sehingga menstruasi akan berhenti. Meski demikian menopause juga bisa tejadi lebih dini, yakni sebelum usia 40 tahun. Adapun mengenai berbagai hal yang dianggap bisa menjadi penyebab timbulnya menopause seperti berikut:

  • Primary Ovarian Insufficiency

Kondisi Primary Ovarian Insufficiency ini bisa terjadi akibat adanya kelainan genetic atau penyakit auto imun, sehingga akan membuat indung telur berhenti untu berfungsi. 

  • Operasi Pengangkatan Rahim (Histerektomi)

Pasca operasi pengangkatan rahim, maka seorang wanita tidak akan langsung mengalami menopause. Dengan kata lain, menopause akan muncul lebih awal setelah pengangkatan rahim jika indung telurnya juga ikut diangkat. 

  • Pengobatan Kanker (Kemoterapi Atau Radioterapi)

Hal berikutnya yang dianggap bisa menjadi penyebab timbulnya menopause pada seorang wanita, yakni menjalani pengobatan kanker. Menurut kabar yang beredar, prosedur pengobatan kanker atau kemoterapi bisa merusak indung telur sehingga bisa memicu timbulnya menopause lebih dini. 

Nah, itulah beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya menopause pada seorang wanita.

Baca juga: 4 Doa Untuk Kesembuhan Orang Sakit

Sumber: https://hariancewek.com/

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *