cara-meningkatkan-kesuburan-pada-wanita

Apa Saja Cara Meningkatkan Kesuburan Pada Wanita? Simak di Sini Yuk!

CaraWanita.my.id – Pasangan suami istri mana sih yang tidak menginginkan kehadiran seorang bayi? Tentu saja memiliki momongan itu merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri. Seperti yang sudah kita ketahui juga, bahwa tingkat kesuburan pria maupun wanita sangat berpengaruh terhadap proses kehamilan. Nah, kali ini, kami akan membahas seputar beberapa cara meningkatkan kesuburan pada wanita.

Apa saja sih yang harus kita perhatikan agar organ kewanitaan tetap subur?

8 Cara Meningkatkan Kesuburan Pada Wanita

1. Mengonsumsi Multivitamin

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan pada wanita, yakni dengan mengonsumsi multivitamin. Menurut para peneliti, yang menyebutkan bahwa wanita dengan kondisi tubuhnya sehat, maka kondisi kesuburannya pun akan ikut sehat pula.

Adapun mengenai berbagai jenis multivitamin yang wajib kamu konsumsi, mulai dari asam folat, vitamin B12, dan selenium. Pasalnya, ketiga jenis vitamin tersebut dapat meningkatkan kesehatan sekaligus meningkatkan kesuburan pada wanita. 

2. Jangan Merokok

Jika pada awalnya kamu adalah perokok, usahakan sebisa mungkin untuk segera berhenti merokok. Sebab selain dapat memberikan dampak buruk terhadap tingkat kesuburan, asap rokok juga dapat berdampak buruk pada organ lainnya, terlebih untuk paru-paru dan jantung lho! 

3. Jangan Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Sama halnya dengan asap rokok, minuman beralkohol juga sama sekali tidak bersahabat dengan kesehatan tubuh kita. Ya, kandungan alkohol di dalamnya dapat merusak tingkat kesuburan pada wanita, serta merusak organ ginjal dan hati. 

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Perlu kalian ketahui, bahwa salah satu faktor wanita sulit hamil itu dikarenakan berat badannya yang berlebihan. Selain itu, tubuh yang terlalu kurus juga ternyata kerap mengalami kesulitan hamil lho. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

5. Mengonsumsi Minyak Ikan

Berdasarkan dari hasil penelitian, kandungan omega 3 yang terdapat pada minyak ikan ini dapat mengurangi risiko keguguran serta mampu meningkatkan kualitas sperma. Bukan hanya itu saja, kandungan omega 3 juga merupakan lemak esensial yang sangat penting untuk meningkatkan fungsi hormone sehat. 

6. Kurangi Minuman Berkafein

Ada beberapa jenis minuman yang memiliki zat kafein cukup tinggi, seperti kopi, teh, cokelat, dan lain sebagainya. Perlu kalian ketahui, zat kafein ini dapat mengurangi aktivitas otot tuba faloppi, yang bertugas untuk membawa teur dari ovarium.

Mengurangi bukan berarti kamu tidak boleh meminum minuman berkafein. Itu artinya, jika kamu terbiasa mengonsumsi kopi atau teh sebanyak 3 gelas per hari, maka mulai saat ini kamu hanya boleh meminum 1 gelas per harinya. 

7. Memperbanyak Minum Air Putih

Beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa seorang wanita yang jarang meminum air putih itu, sistem reproduksinya akan kehilangan energi yang menyebabkan organ vital yang seharusnya diperlukan. Ia juga menambahkan bahwa air putih dapat membuat suplai darah ke otak menjadi lancar, yang artinya dapat memperkuat lapisan rahim. 

8. Melakukan Hubungan Intim Secara Rutin dan Teratur

Banyak pasangan suami istri yang beranggapan, bahwa semakin sering berhubungan intim itu akan semakin mempercepat kehamilan. Padahal, anggapan tersebut tidak bisa dijadikan patokan dalam menentukan cepat atau lambatnya kehamilan lho.

Dalam hal ini, disarankan bagi para pasangan suami istri untuk melakukan hubungan intim seminggu sekali. Dengan begitu, kualitas spermanya akan jauh lebih berbeda jika disimpan dalam tubuh selama lebih dari tiga hari.

Itu dia beberapa cara meningkatkan kesuburan pada wanita yang dapat dilakukan.

Pada intinya, hidup sehat adalah kunci dari kesehatan tubuh dan juga panjangnya umur kita. Selamat mencoba, girls!

Baca juga: 15 Tips Pola Hidup Sehat untuk Menangkal Berbagai Penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *