gagal-jantung

CHF atau Gagal Jantung Itu Apa Sih? Berikut Ulasannya

Carawanita.my.id – Pengertian CHF (Gagal Jantung), gagal jantung kongestif atau yang dalam istilah medisnya adalah congestive heart failure (CHF), merupakan sebuah kondisi dimana fungsi jantung tidak bisa lagi bekerja maksimal saat memompa darah ke organ tubuh dan jaringan lainnya.

Ketika salah satu atau dua bagian jantung tidak dapat memompa darah keluar, maka akan terjadi penumpukan darah yang menyumbat di organ maupun jaringan tubuh.

Akibatnya, kondisi tersebut akan membuat darah semakin menumpuk di system peredaran darah.

Apabila fungsi jantung sebelah kirinya terganggu, maka system jantung sebelah kanan akan terasa sesak dikarenakan adanya penumpukan darah.

Hasilnya, di dalam jantung tersumbat akibat kontraksi berlebih untuk mendorong darah sehingga memicu gagal jantung.

Begitu pun sebaliknya jika jantung bagian kanan terjadi masalah, maka jantung sebelah kiri akan terganggu dan berakhir dengan gagal jantung.

CHF itu sendiri bukan hanya dialami orang-orang dewasa saja, bahkan anak-anak pun bisa mengalami gagal jantung lho! Biasanya, anak-anak yang memiliki gagal jantung itu disebabkan oleh kelainan jantung bawaan.

Dengan kata lain, masalah gagal jantung konegstif ini kerap dialami oleh orang-orang yang usianya berada diatas 65 tahun.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai gejala, penyebab, pencegahan, dan pengobatan gagal jantung, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tanda-tanda & Gejala Gagal Jantung

  • Pusing yang tidak bisa dijelaskan, kelelahan, dan tubuh menjadi lelah karena kekurangan oksigen dan sirkulasi nutrisi di organ serta otot.
  • Penyimpanan cairan dan air karena kurangnya pasokan darah ke ginjal, sehingga bisa memicu terjadinya pembengkakan di pergelangan kaki, kaki, dan area perut.
  • Berkurangnya nafsu makan yang disertai rasa mual, dan meningkatnya berat badan dengan cepat.
  • Paru-paru sesak ditandai dengan nafas pendek atau kesulitan bernafas saat tidur, disertai batuk kering dan mengi.
  • Detak jantung menjadi lebih cepat, yang menandakan bahwa jantung dipaksa kerja lebih keras.
  • Rasa nyeri di bagian dada yang menandakan adanya permasalahan pada jantung, seperti serangan jantung.
  •  Penyebab Gagal Jantung Akibat Penyakit Tertentu
  • Penyakit arteri koroner (CAD), yang menyebabkan arteri pembawa darah menjadi tersumbat atau menyempit.
  • Serangan jantung, ketika arteri koronaria tersumbat maka darah yang mengalir ke otot jantung akan terhenti, sehingga menyebabkan kerusakan fisik pada otot jantung.
  • Kardiomiopati, berupa kerusakan pada otot jantung yang disebabkan oleh infeksi, obat-obatan, merokok, konsumsi minuman alcohol, dan faktor lain yang tidak berhubungan dengan aliran darah.
  • Hipertirodistis, memaksa jantung kerja lebih keraas karena adanya penyakit tertentu seperti ginjal, tiroid, dan diabetes.
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi) akan meningkatkan beban kerja jantung, sehingga lama-kelamaan akan merusak serta melemahkan otot jantung dan berakhir gagal jantung.
  • Aritmia, dimana detak jantung tidak normal sehingga akan membuat kerja jantung lebih keras saat memompa darah ke organ tubuh.

Faktor Lain Penyebab Gagal Jantung

  • Kebiasaan merokok
  • Sering konsumsi minuman beralkohol
  • Konsumsi makanan tinggi garam secara berlebihan
  • Jarang berolahraga

Pencegahan Gagal Jantung Yang Bisa Dilakukan Dirumah

  • Hindari merokok dan konsumsi minuman beralkohol
  • Berolahraga secara rutin dan teratur
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang
  • Perbanyak minum air putih
  • Kurangi makanan berlemak dan tinggi garam dan kuliner manis.

Baca juga: Bagaimana Penyakit HIV dan Gelajanya Dapat Diketahui? Inilah Ulasannya

Pengobatan Gagal Jantung

1. Pelajari Kondisi Gagal Jantung

Cara mengobatai gagal jantung secara alami adalah dengan mempelajari kondisi gagal jantung itu sendiri. Jadi, semakin anda memahami gagal jantung, maka akan semakin mudah anda menjalani hidup ini.

Dengan pengetahuan tersebut, anda akan mematuhi rencana perawatan serta pengobatan gagal jantung dengan lebih baik.

Oleh karena itu, mulailah anda berkonsultasi dengan dokter dan jangan ragu dan takut untuk bertanya tentang kondisi anda.

2. Perhatikan Asupan Garam

Cara obat alami gagal jantung berikutnya adalah dengan memperhatikan asupan garam. Perlu diketahui bahwa dengan mengonsumsi garam yang berlebih bisa memberikan tekanan pada jantung serta pembuluh darah.

Tentunya hal itu akan semakin memperparah kondisi gagal jantung yang anda miliki. Oleh karena itu, pola diet rendah garam menjadi pilihan yang tepat.

Dimana, anda harus menghindari sejumlah makanan olahan, kemasan, serta camilan-camilan asin lainnya. Sebaiknya anda mengonsumsi makanan segar atau yang telah dilabeli ‘tanpa garam’ atau ‘natrium rendah’.

3. Lakukan Timbang Berat Badan Setiap Hari

Dalam hal ini, bagi penderita gagal jantung harus menimbang berat badannya setiap hari. Dan catat setiap perubahan berat badan anda.

Nah, jika berat badan anda bertambah hingga 1,4 kg atau lebih dalam beberapa hari, maka lakukan konsultasi dengan dokter.

Hal ini dilakukan karena kenaikan berat badan secara tiba-tiba bisa menjadi tanda memburuknya kondisi gagal jantung yang anda alami.

4. Lebih Aktif Bergerak

Perlu diketahui bahwa kelelahan menjadi salah satu gejala gagal jantung. Dengan melakukan olahraga dipercaya bisa membantu anda melawan rasa lelah tersebut.

Selain itu, dengan olahraga juga bisa membantu menguatkan otot jantung.

Dan olahraga juga bisa meningkatkan kapasitas paru-paru anda. Lakukan olahraga ringan secara rutin seperti aerobik atau berjalan kaki.

Namun, alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum anda mulai menjalankan olahraga rutin tersebut.

5. Perhatikan Asupan Lemak

Cara mengobati gagal ginjal secara alami berikutnya adalah dengan memperhatikan asupan lemak. Dalam hal ini, para penderita gagal jantung harus menghindari asupan lemak jenuh.

Karena lemak tidak sehat ini akan membuat jantung yang lemah harus bekerja lebih ekstra. Nah, saat jantung kelelahan cairan akan semakin menumpuk di dalam tubuh.

Bukan hanya itu, lemak jenuh juga bisa menimbulkan plak di pembuluh darah yang bisa mengakibatkan serangan jantung.

6. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Guna menjaga kesehatan jantung, maka anda membutuhkan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini bisa anda dapatkan pada buah dan sayuran.

Bukan hanya itu, buah dan sayuran juga diketahui kaya akan potasium. Karena kalau tubuh tidak cukup potasium, akan membuat detak jantung tidak teratur.

Untuk mendapatkan potasium ini anda bisa mengonsumsi buah pisang, bit, melon, kismis, kacang, dan kentang.

Namun, jangan terlalu banyak juga jumlah asupan potasium. Karena kalau terlalu banyak potasium akan menimbulkan masalah.

7. Berhenti Merokok dan Konsumsi Alkohol

Cara mengobati gagal jantung secara alami yang terakhir adalah dengan berhenti merokok. Bukan hanya merusak paru-paru, kebiasaan merokok juga bisa membuat jantung ahrus bekerja lebih keras guna memompa darah ke seluruh tubuh.

Oleh karena itu, bagi anda penderita gagal jantung sebaiknya segera berhenti merokok. Selain berhenti merokok, bagi penderita gagal jantung juga harus menghindari konsumsi alkohol.

Itulah beberapa cara mengobati gagal jantung secara alami. Semoga bermanfaat khususnya bagi anda penderita gagal jantung dan ingin mengobatinya secara alami.

Baca juga: 5 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *