Hilang Akal, Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Hilang Akal Adalah Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan, Simak Selengkapnya di Sini!

Banyak Hal yang membatalkan puasa Ramadhan termasuk ke dalamnya hilang akal. Berikut alasan hilang akal bisa menjadi hal yang membatalkan puasa Ramadhan di bawah ini.

Penyakit Mental

Mental Illness, Penyakit Mental yang Sering Disalahartikan - Jovee.id
Sumber: Jovee

Gila atau hilang akal menbuat kewajiban puasa menjadi gugur. Kondisi penyakit gila sering dinamakan dengan serangan mental atau penyakit mental.

Banyak penyebab seseorang menjadi gila atau hilang akal. Salah satunya adalah suka melakukan sesuatu seenak hatinya tanpa merasa malu atau bersalah.

Gila tidak bisa disembuhkan secara tiba-tiba tetapi harus melalui pengobatan dokter yang ahli di bidangnya. Dokter jiwa akan mengetahui bagaimana cara menangani orang yang sedang kambuh penyakit kejiwaannya tersebut.

Kelakuan orang gila sering di luar akal orang sehat. Perbuatannya yang mengganggu orang lain tidak bisa dipidanakan karena ketidaksadaran dalam bertindak.

Kurang Akal

4 Gangguan Mental yang Terjadi Tanpa Disadari
Sumber: Halodoc

Dalam islam orang gila ini dikenal dengan akalnya yang kurang sehingga tidak paham akan aturan agama. Orang gila tidak memiliki kewajiban dalam menjalankan puasa apalagi di bulan Ramadhan.

Kondisi hilang akal menjadi salah satu hal yang membatalkan puasa Ramadhan, hal ini membuat seseorang tidak mempunyai kewajiban melakukan segala aturan agama. Mereka bebas melakukan apapun tanpa hisab dan dosa yang menjadi tanggungannya.

Stress

Gangguan Mental - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter
Sumber: Alodokter

Penyebab orang menjadi gila adalah tekanan atau stress berlebihan yang dialaminya. Tekanan bisa berupa apa saja baik dari keluarga maupun lingkungan hidupnya.

Tekanan yang tidak sanggup diterima oleh seseorang membuatnya memiliki pikiran yang berlebihan sehingga menjadi banyak pikiran. Akibat fatalnya bisa membuat seseorang menyendiri atau menyukai halusinasi sendiri.

Baca juga: 7 Bentuk Gambar Tato Simpel di Tangan

Emosi Berlebihan

Macam-Macam Gangguan Jiwa yang Umum Terjadi - Alodokter
Sumber: Alodokter

Kondisi orang gila sangat beragam tergantung faktor pemicunya. Ada orang gila yang memiliki pembawaan tenang dan tidak mengganggu orang lain.

Ada kondisi dimana orang gila mudah meledak karena memiliki emosi yang berlebihan. Sistem kerja otak orang gila tidak bisa membuatnya mengontrol emosi yang dimilikinya.

Hal ini membuat orang gila bisa meluapkan emosinya dimasa saja dia berada. Kewajiban puasa akan menjadi gugur padanya.

Depresi

Kenali Gejala Penyakit Mental Berikut Ini
Sumber: Sindo News

Penyebab kegilaan lainnya adalah depresi yang sudah lama terpendam. Depresi akut atau yang tidak mendapatkan penanganan dengan baik membuat seseorang mempunyai dunia imajinasi sendiri.

Hal ini membuat seseorang tidak bisa diajak bicara dengan baik lagi. Puasa juga tidak ada artinya karena tidak memahami untuk apa mengerjakannya/

Emosional

Kenali Jenis Penyakit Mental / Gangguan Jiwa Yang Jarang Disadari
Sumber: Lemonilo

Emosi yang berlebihan yang terjadi pada orang gila terjadi karena sistem kerja otak tidak berfungsi secara normal. Otaknya hanya memerintahkan perintah secara spontan apa yang harus dilakukan pada saat itu juga.

Jika otaknya memerintah untuk menjerit sekuatnya maka akan dilakukan segera tanpa kontrol dari sistem perasaan. Penyebab emosi pada orang gila biasa terjadi karena adanya gangguan terhadap kesenangan yang dilakukannya.

Tidak Bisa Berkomunikasi

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ketahui 8 Penyakit Mental Paling Umum
Sumber: Suara.com

Penyakit gila termasuk dalam hal yang membatalkan puasa Ramadhan karena tidak bisa diajak komunikasi. Bagaimana cara memberitahukan cara berpuasa kepada orang gila, memahami pertanyaannya mudah saja mereka tidak bisa.

Hal ini yang memberikan keringanan pada orang gila tidak wajib berpuasa. Islam memahami bahwa hilang akal adalah salah satu penyakit sehingga tidak mencukupi syarat sah berpuasa.Hal yang membatalkan puasa Ramadhan sangat banyak. Kegilaan menggugurkan kewajiban dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, sehingga jika sudah selesai penyembuhan di rumah sakit jiwa, barulah kembali wajib berpuasa.

Baca juga: MENGENAL AJARAN AGAMA ISLAM SESUAI AL-QURAN, HADIST, DAN IJTIHAD

Sumber: https://hariancewek.com/

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *