Sudah Tahu Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan?

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Baca Selengkapnya di Sini!

Sebenarnya manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh memang sudah populer sejak dulu. Namun seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, tak banyak orang yang tahu mengenai manfaat dari daun salam tersebut. 

Kebanyakan orang saat ini hanya mengenal daun salam sebagai salah satu bahan bumbu masakan saja. Padahal, daun salam mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Menurut para pakar kesehatan ternama dunia, menyebutkan bahwa daun salam mempunyai berbagai kandungan yang dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh. Adapun mengenai beberapa kandungan senyawa aktif pada daun salam seperti berikut: 

  • Vitamin B2
  • Vitamin B3 
  • Vitamin C
  • Tannin
  • Alkaloid
  • Steroid
  • Thiterpenoid
  • Flavonoid

Mengingat kandungan senyawa aktifnya yang sedemikian rupa, maka tak heran jika daun salam mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas, seperti apa sajakah manfaatnya?

1. Mengatasi Masalah Pegal-pegal di Badan

Tak Cuma Bisa Bikin Nasi Uduk Sedap, Ini Sederet Manfaat Daun Salam Bagi  Kesehatan - Islampos
Sumber: Islampos

Aktivitas yang terlalu berat kerap membuat tubuh terasa lelah dan pegal-pegal. Ketika didera masalah pegal-pegal di seluruh badan, kebanyakan orang akan mengatasinya dengan cara di pijat. Selain di pijat, ternyata daun salam juga dipercaya dapat mengatasi masalah pegal-pegal lho. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa merebus beberapa lembar daun salam selama 1 jam. Setelah itu tunggu sampai agak hangat, kemudian kompres pada bagian tubuh yang terasa pegal. Dengan begitu, maka rasa pegalnya akan berangsur-angsur mereda. 

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Emas

2. Mengatasi Masalah Gatal-gatal

Ketahui 6 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh
Sumber: Halodoc

Selain mengatasi masalah gatal-gatal, daun salam juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah gatal-gatal di badan. Ya, sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa rasa gatal di badan disebabkan oleh alergi. 

Meski bukan termasuk masalah yang serius, namun rasa gatal di badan akan membuat kita merasa risih dan tidak nyaman. Lalu, bagaimana cara mengatasi gatal-gatal dengan menggunakan daun salam? Untuk mengatasi masalah gatal-gatal, kamu harus mandi dengan campuran air rebusan daun salam. 

3. Dapat Melembapkan Kulit

Ketahui Berbagai Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan
Sumber: Halodoc

Kondisi kulit yang kering tentunya tidak diinginkan oleh siapapun. Selain dapat mengurangi penampilan, kondisi kulit yang kering juga kerap membuat kita merasa tidak nyaman. Sebenarnya dengan menggunakan produk krim pelembap merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi masalah kulit kering. 

Akan tetapi, ada beberapa orang dengan tipe kulit yang tidak cocok menggunakan produk-produk lotion tersebut. Oleh karena itu, daun salam menjadi bahan alami yang paling tepat untuk mengatasi masalah kulit kering. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu membasuh muka dengan campuran air rebusan daun salam yang sudah dingin. 

4. Dapat Memelihara Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

13 Manfaat Daun Salam, Atasi Asam Urat hingga Cegah Rambut Rontok Halaman  all - Kompas.com
Sumber: Kompas.com

Memiliki rambut yang lebat dan mengkilau tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun, tak sedikit dari kita yang dihadapkan pada permasalahan kerontokan rambut. Bahkan, orang dengan usia muda sekalipun tidak luput dari permasalahan tersebut. 

Menurut para pakar rambut, menyebutkan bahwa daun salam memiliki berbagai senyawa aktif yang berperan untuk memelihara kesehatan rambut. Tak hanya untuk kesehatan rambut, bahkan daun salam juga cukup efektif untuk memelihara kesehatan kulit kepala. 

Mengenai caranya, siapkan beberapa lembar daun salam, cuci sampai bersih lalu rebus hingga airnya mendidih. Jika sudah demikian, tunggu sampai air rebusan daun salam tersebut agak dingin. Setelah dingin, kamu bisa berkeramas dengan gunakan air daun salam lalu bilas kembali dengan menggunakan shampo.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Dengan Menopause?

Sumber: https://hariancewek.com/

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *