manfaat-sinar-matahari

5 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Carawanita.my.id – Setiap yang Tuhan ciptakan pasti memiliki fungsi atau manfaatnya, baik itu bagi manusia maupun yang lainnya.

Salah satu ciptaan Tuhan yang banyak sekali fungsi dan manfaatnya adalah matahari. Matahari sangat penting fungsinya bagi kehidupan alam semesta ini, terutama bagi dunia yang manusia dan makhluk hidup lainnya menetap. Selain sebagai penerang dunia, matahari juga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Dalam hal ini, manfaat sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tubuh sehingga sangat sayang kalau anda lewatkan.

Sinar matahari pada pagi hari ini selain bisa menghangatkan tubuh dan menambah indah susana di pagi hari, namun sinar matahari juga sangat penting untuk kesehatan.

Dimana, sinar matahari ini merupakan salah satu sumber kehidupan bagi planet kita. Dengan adanya sinar matahari, proses fotosintesis pada tanaman juga membutuhkan sinar matahari.

Lalu apa saja manfaat dari sinar matahari ini?

Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan membahas tentang beberapa manfaat sinar matahari pagi sebagai berikut ini :

1. Sinar Matahari Penawar Infeksi dan Pembunuh Bakteri

Manfaat sinar matahari yang pertama adalah mampu membunuh bakteri penyakit, virus, dan juga jamur. Bahkan, pada perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma, terapi sinar ultra violet pagi hari ini sangat dibutuhkan.

Selain itu, ada beberapa dari virus penyebar kanker bisa dimusnahkan oleh sinar matahari ini. Infeksi jamur, termasuk candida, juga bakteri di udara bereaksi dan bisa dibinasakan oleh sinar matahari ini.

2. Akan Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat sinar matahari pagi selanjutnya adalah bisa membuat tidur anda lebih nyenyak. Hal ini dikarenakan produksi hormon melatonin yang meningkat.

Dimana, Melatonin ini merupakan hormon yang membantu tidur nyenyak di malam hari, Sedangkan itu, produksi hormon melatonin sangat tergantung pada paparan sinar matahari di pagi hari.

Jadi, itu semua sangat tergantung pada beberapa banyak sinar ultra violet pagi masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Murah, Aman dan Efektif

manfaat-sinar-matahari-untuk-kulit

3. Bisa Menurunkan Berat Badan

Sinar matahari ini juga ternyata bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini bisa dihubungkan dengan fakta bahwa jika anda cukup tidur, maka anda akan lebih mudah menurunkan berat badan.

4. Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Selain bisa menurunkan berat badan, manfaat matahari juga bisa menurunkan tekanan darah. Karena kulit yang terkena sinar ultra violet akan melepaskan senyawa, oksida nitrat, yang menurunkan tekanan darah.

Bahkan dalam penelitian terbaru yang dilakukan di Universitas Edinburgh, dokter kulit mempelajari tekanan darah dari 34 relawan di bawah sinar matahari dan panas.

Dimana, dalam sesi tersebut para relawan terkena kedua sumber cahaya dan di sesi yang lain, sinar ultra violet diblokir sehingga hnaya panas yang mempengaruhi kulit.

Dan hasil dari penelitian tersebut menunjukkan penurunan tekanan darah yang sangat signifikan sesudah terpapar sinar matahari selama satu jam namun tidak setelah panas saja.

5. Bisa Meningkatkan Sirkulasi Darah

Perlu diketahui bahwa sinar ultra violet ini bisa meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit.

Dengan demikian, nutrisi dan oksigen lebih bnayak dibawa menuju sel-sel saat pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan anda menjadi lebih baik.

Bukan hanya itu, jantung anda pun akan menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi saat beristirahat dan mengurangi tekanan darah.

Nah setelah tahu begitu banyaknya manfaat sinar matahari ini, yuk mulai sekarang sering-sering untuk berjemur di pagi hari supaya tubuh anda menjadi lebih sehat dan bugar. Selamat mencoba!

Baca juga: 4 Cara Efektif Didalam Mengembalikan Kelembaban Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *