People flying by plane. Interior of airplane with passengers sleeping on seats. Tired woman napping on uncomfortable seat on airplane. Commercial transportation by planes.

Mitos Tentang Jet Lag yang Jarang Diketahui

Mitos Tentang Jet Lag yang Jarang Diketahui, Simak di Sini!

Apa yang dimaksud dengan jet lag? Pada dasarnya, jet lag merupakan masalah gangguan tidur sementara yang terjadi dikarenakan seseorang telah melakukan penerbangan jauh melintasi beberapa zona waktu yang berbeda. 

Lebih ringkasnya lagi, kondisi jet lag bisa membuat jam biologis tubuh kita harus beradaptasi dengan perubahan zona waktu. Semakin banyak zona waktu yang kita lewati, maka akan semakin besar pula keungkinan terjadi jet lag. 

Nah, sebelum membahas seputar mitos jet lag, ada baiknya jika kita bahas dulu mengenai faktor-faktor yang dapat menimbulkan jet lag. Maka dari itu simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

Penyebab Terjadinya Jet Lag

Ketahui Arti Jet Lag, Penyebab, dan Cara Mengatasinya
Sumber: Banjir Embun

Umumnya jam biologis bertugas untuk menggerakan ritme sirkadian guna mengendalikan sistem tubuh, mulai dari tekanan darah, rasa lapar, sampai jadwal tidur seseorang. Jam biologis di dalam tubuh dikendalikan oleh hormon ngantuk bernama melatonin, dimana ia diproduksi di malam hari untuk mengendalikan suhu tubuh ketika kita tidur. 

Ketika kita melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang ke zona waktu yang berbeda, maka jam biologis akan diatur ulang untuk beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga tidak akan sinkron dengan aktivitas kebiasaanmu yang seharusnya. Alhasil, kita pun akan mengalami kondisi jet lag. 

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Emas

5 Mitos Seputar Jet Lag

Jet Lag - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter
Sumber: Alodokter

1. Tidak Boleh Makan Sebelum Tiba di Tempat Tujuan

Banyak yang beranggapan untuk menghindari jet lag itu tidak boleh makan sebelum sampai di tempat tujuan. Ya, hal itu dilakukan dengan tujuan agar bisa membantu kita lebih cepat tidur selama perjalanan. Padahal, anggapan tersebut justru akan menjadi masalah besar ketika kita tiba di tempat tujuan, terlebih di penerbangan Barat – Timur. 

Sebenarnya kita boleh makan sebelum keberangkatan pesawat terbang, dengan catatan tidak boleh berlebihan. Justru kita dianjurkan untuk makan terlebih dulu, karena hal tersebut bisa berdampak pada kesehatan serta pemulihan jet lag jika kita mengalami jet lag. 

2. Jet Lag Hanya Akan Membuat Tubuh Lelah Saja

Perlu diketahui, masalah jet lag ini tidak hanya akan membuat tubuh kelelahan saja. Terdapat beberapa gejala lainnya yang akan muncul akibat jet lag, seperti rasa ngantuk, sulit berkonsentrasi, perubahan suasana hati, mual, diare, dan lain sebagainya. 

Biasanya gejala-gejala tersebut akan berlangsung selama satu sampai dua hari, bahkan cenderung akan menjadi lebih buruk lagi jika kita berpergian ke arah timur. 

3. Penerbangan Malam Hari Bisa Menghindari Jet Lag

Agar terhindar dari kondisi jet lag, maka salah satu cara paling mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan memesan penerbangan di siang hari. Saat kita melakukan penerbangan di siang hari, maka kita bisa tidur beberapa jam sebelum mendarat. Ketika mendarat, kita juga bisa lebih dapat menyesuaikan diri dengan zona waktu di daerah yang baru. 

4. Jet Lag Bisa Dihindari

Sebenarnya jet lag merupakan kondisi yang bisa dialami oleh siapa saja tanpa bisa diprediksi. Meski masalah jet lag ini tidak bisa dihindari, namun kita masih dapat meminimalisir efek gejalanya akibat jet lag dengan berbagai cara. 

Mengenai cara meminimalisir gejalanya, yakni seperti minum air mineral, istirahat yang cukup, berolahraga yang cukup, dan tetap tenang selama perjalanan di udara. 

Jika gejala jet lag terjadi secara terus-menerus dalam jangka waktu panjang pasca melakukan penerbangan jauh, maka segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Baca juga: 5 Tanda Menopause yang Mirip Kehamilan

Sumber: https://beritanakmuda.com/

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *