Penyebab dan Nutrisi untuk Anak Stunting

Penyebab dan Nutrisi yang Harus Dilengkapi untuk Anak Stunting, Simak di Sini!

Salah satu masalah kesehatan yang menjadi perhatian pemerintah saat ini adalah stunting. Menjelang Hari Gizi 25 Januari, stunting menjadi topik yang tidak kalah pentingnya untuk dibahas.

Apa Itu Stunting?

Pemerintah serius mempertimbangkan penyelesaian masalah stunting pada anak Indonesia, bahkan Presiden Joko Widodo telah membentuk Tim Percepatan Pencegahan Anak Kerdil (TP2AK). Secara medis, stunting adalah suatu kondisi di mana tubuh dan otak bayi tidak berkembang secara optimal. Hal ini menyebabkan tubuh anak menjadi lebih pendek dan kemampuan berpikirnya cenderung lebih lemah dibandingkan anak-anak lain seusianya. Target pemerintah pada tahun 2024 adalah menurunkan angka stunting menjadi 14% dari total angka kelahiran. Prevalensi stunting masih 30,8% di Indonesia.

Baca juga: Ketahui Perlengkapan dan Susunan Acara Tedak Siten

Penyebab Kondisi Stunting

C:\Users\TEMP.LAPTOP-USER.043\Downloads\people-2560321_1920.jpg
Sumber: Pixabay
  1. Kurang gizi dalam waktu lama, bisa jadi sejak berada dalam kandungan ibu. Hal ini dimungkinkan sang ibu tidak memiliki akses pada makanan yang sehat dan bergizi.
  2. Pola asuh kurang efektif yang berkaitan dengan perilaku dan pemberian makanan pada anak sehingga menyebabkan asupan gizi pada anak kurang baik.
  3. Pola makan dengan nilai gizi rendah dan tidak seimbang karena ibu kurang mengerti mengenai konsep gizi sebelum, saat dan setelah melahirkan.
  4. Tidak melakukan perawatan pasca melahirkan, seperti memberikan asupan ASI agar imunitas bayi tinggi.
  5. Gangguan mental dan hipertensi pada ibu yang dapat mengganggi kesehatan anak di dalam bayi dan beresiko menderita stunting semakin tinggi.
  6. Sakit infeksi yang berulang akibat imunitas tubuh yang tidak bekerja maksimal sehingga dapat mengganggu kesehatan anak.
  7. Sanitasi dan kebersihan lingkungan yang kurang layak, karena dapat mempengaruhi pertumbuhan anak.

Lengkapi Nutrisi Penting Ini untuk Anak Stunting

C:\Users\TEMP.LAPTOP-USER.043\Downloads\girl-846357_1920.jpg
Sumber: Pixabay

Pencegahan mungkin telah dilaksanakan sepenuhnya, tetapi karena suatu hal anak akhirnya menjadi kerdil. Dalam konteks ini, anak harus segera mendapatkan nutrisi yang cukup agar terbebas dari masalah stunting.

  1. Protein

Protein merupakan zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak karena peranannya sangat penting. Manfaat protein antara lain pembentukan sel-sel baru yang sehat, membantu sel-sel organ tubuh menjalankan fungsinya, dan mengatur banyak fungsi

 Bayi dan anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan protein lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Sumber protein hewani yang bisa diberikan kepada anak antara lain daging, telur, susu, ikan, seafood, kedelai, kacang-kacangan dan produk olahan seperti tempe, tahu dan susu kedelai.

  1. Zat Besi

Bayi membutuhkan makanan kaya zat besi yang penting untuk mendukung perkembangan otot, otak, sistem kekebalan tubuh dan mencegah anemia. Misalnya, sumber zat besi hewani dapat diperoleh dari hati ayam, sapi, dan ikan. 

Sumber zat besi lainnya bisa didapatkan dari sayuran seperti bayam dan suplemen zat besi.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Namun, sebagai orang tua, Anda perlu memperhatikan asupan karbohidrat anak Anda. Karena jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang dalam jangka panjang dapat memicu diabetes dewasa di kemudian hari.

  1. Kalsium

Bagi anak-anak, kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kekurangan nutrisi ini bisa mempengaruhi tinggi badan anak.

Oleh karena itu, berikan anak makanan yang mengandung kalsium seperti susu, yogurt, keju, dan sayuran berdaun hijau seperti kangkung, brokoli, dan bayam.

  1. Zinc

Zinc merupakan salah satu nutrisi penting bagi anak dengan pertumbuhan terhambat. Hal ini karena seng didistribusikan dan dibutuhkan di semua sel, jaringan dan organ tubuh. 

Seng diperlukan untuk pertumbuhan, untuk pembentukan sel, untuk perkembangan sel diĀ 

Demikian itu ulasan mengenai stunting, penyebab dan nutrisi apa saja yang harus dilengkapi agar anak dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 5 Masalah Gigi yang Sering Terjadi Pada Anak

Sumber: https://hariancewek.com/

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *