Sumber-sumber Terjadinya Benjolan di Ketiak, Tanda Kanker?

Waspadai Sumber Awal Terjadinya Benjolan di Ketiak, Bisa Jadi Tanda Kanker!

Penyebab Ketiak Bau Basah dan Hitam, Serta Cara Mengatasinya
Sumber: Kabar Jogja.id

Pernahkah Anda menyentuh ketiak dan menemukan benjolan di sana? Ini normal untuk khawatir tentang munculnya benjolan di ketiak. Benjolan di ketiak sering dikaitkan dengan kanker payudara, penyakit yang menyerang banyak wanita.

Jika anda merasa tidak nyaman dengan benjolan di ketiak karena nyeri dan akan membesar seiring waktu, sebaiknya segera periksakan diri untuk mengetahui sumber benjolan tersebut. Benjolan di ketiak bukan hanya tanda kanker payudara, ada banyak hal yang dapat menyebabkan benjolan di ketiak, inilah beberapa sumbernya!

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

SUMBER BENJOLAN DI KETIAK, MUNGKINKAH KANKER? - Mandaya Hospital Group
Sumber: Mandaya Royal Hospital Puri

Benjolan di ketiak sangat umum dan biasanya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening atau kelenjar di bawah ketiak. Saat Anda tidak sehat dan terkena penyakit, kelenjar ini bisa menjadi bengkak dan kelenjar getah bening membesar. 

Namun, sumber dasarnya bisa berupa masalah ringan hingga serius, seperti flu biasa, HIV, lupus, rheumatoid arthritis, atau penyebab lainnya.Jika benjolan di ketiak Anda disebabkan oleh infeksi, Anda mungkin juga mengalami beberapa kondisi tidak nyaman dalam tubuh, seperti demam dan berkeringat, di malam hari.

Sumber 2: Kista atau Abses

sumber benjolan di ketiak
Sumber: Haibunda.com

Iritasi kulit dapat menyebabkan kista atau abses dan munculnya benjolan di ketiak. Abses biasanya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke bawah kulit, biasanya melalui sayatan atau goresan kecil, dan mulai berkembang biak. 

Kista adalah pembengkakan jaringan tubuh yang berongga dan berisi cairan kental seperti suspensi. Jika penyebab benjolan di ketiak adalah kista, mungkin akan terasa nyeri, dan gejala lain termasuk benjolan nanah yang besar, merah, bengkak.

Sumber 3: Reaksi Alergi Bahan Kimia

Pengertian Bahan Kimia | Contoh, Manfaat, dan Bahayanya - Pinhome
Sumber: Pinhome

Siapa sangka penggunaan deodoran, antiperspirant atau sabun juga bisa menyebabkan munculnya benjolan di ketiak. Produk-produk ini mengandung bahan kimia.

Mungkin ada orang-orang tertentu yang tidak menerimanya dan menyebabkan benjolan meskipun sudah dihentikan pemakaiannya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk cari solusi agar badan tetap wangi meski tanpa deodoran.

Sumber 4: Kanker Payudara

sumber benjolan di ketiak
Sumber: Yahoo Berita

Pembengkakan atau benjolan di sekitar tulang selangka atau benjolan di ketiak dapat disebabkan oleh kanker payudara yang telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya. Pembengkakan dapat terjadi bahkan sebelum Anda merasakan benjolan di payudara Anda. 

The American Cancer Association mengatakan bahwa meskipun sebagian besar kanker payudara tidak menyebabkan nyeri payudara atau puting, beberapa orang dapat mengalami nyeri. Lebih umum, wanita mengalami nyeri payudara atau ketidaknyamanan selama siklus menstruasi. 

Selain itu, beberapa penyakit payudara non-kanker, seperti mastitis, menyebabkan rasa sakit yang lebih mendadak. Namun, jika Anda mengalami nyeri dada yang parah atau terus-menerus, segera dapatkan bantuan medis. 

Sumber 5: Leukimia

Leukimia pada Anak: Ketahui Penyebab, Gejala, dan Penanganannya | Good  Doctor | Tips Kesehatan, Chat Dokter, Beli Obat Online
Sumber: Good Doctor

Benjolan yang secara bertahap berubah ukuran atau tidak hilang bisa menjadi gejala dari kondisi yang lebih serius, seperti kanker payudara dan leukemia. NYU Langone Health mengatakan orang dengan leukemia limfositik kronis dapat mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di kedua sisi leher, di atas tulang selangka, benjolan di ketiak, dan di sekitar area selangkangan. 

Limfosit kanker juga dapat menumpuk dan memperbesar limpa, misalnya, kista, infeksi, atau jaringan lemak mungkin terasa lunak. Selain itu, benjolan di ketiak juga bisa terjadi ketika tumor jinak tumbuh di jaringan ikat (fibroadenoma), reaksi negatif terhadap vaksinasi, atau karena lupus.

Penutup

Nah, itulah dia 5 penyebab yang bisa menyebabkan munculnya benjolan di ketiak Anda. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi Anda!

Baca juga: INILAH 5 SITUS NONTON DRAMA KOREA,YUK COBA !

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *