tips-hidup-sehat

15 Tips Pola Hidup Sehat untuk Menangkal Berbagai Penyakit

CaraWanita.my.id – Penyakit bisa menyerang tubuh kita kapan saja tanpa mengenal usia, baik anak kecil maupun orang tua bisa dengan mudah terserang berbagai macam penyakit. Tak hanya karena bawaan biologis saja, penyakit juga bisa dikarenakan faktor eksternal. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui tips pola hidup sehat agar terjauhkan dari penyakit.

Penyakit umum yang sering menyerang tubuh manusia antara lain adalah penyakit seperti jantung, kolesterol, diabetes, TBC dan masih banyak lagi. Namun apabila menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kesehatan, kemungkinan penyakit tersebut menyerang tubuh Anda bisa menjadi diminimalisir.

Ingin tahu apa saja tips pola hidup sehat agar terjauhkan dari penyakit? Yuk simak tips-tipsnya di bawah ini!

1. Rutin Minum Air putih

Tips pola hidup sehat pertama yaitu adalah dengan rutin meminum air putih. Tubuh kita setidaknya terdiri dari 70% cairan dan tubuh memerlukan banyak cairan agar mencukupi komposisi cairan tubuh kita. Dengan rutin meminum air putih dapat membantu proses metabolisme tubuh dan mencegah segala jenis penyakit seperti flu, kencing batu, sembelit, dan masih banyak lagi.

2. Istirahat yang Cukup

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu dengan istirahat yang cukup. Dalam hal ini kamu harus memperhatikan waktu tidurmu. Waktu tidur yang ideal untuk anak-anak yaitu 10-12 jam. Nah untuk orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 6-8 jam perhari. 

Dan perlu diperhatikan, waktu tidur yang bagus itu mulai dari jam 9 malam dan dibawah jam 12 malam karena tubuh akan memproses detoksifikasi racun secara alami sehingga ketika kamu tidur berkisar pada jam tersebut, maka proses pengeluaran racun dalam tubuh akan maksimal. Dan ketika waktu tidurmu cukup, badan akan terasa fit dan bersemangat.

3. Olahraga

Tips pola hidup sehat yang ketiga yaitu rajin berolahraga. Olahraga memang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena selain membuat badan menjadi lebih sehat, berolahraga juga menaikan stamina dan imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Kamu bisa melakukan olahraga santai seperti jogging di pagi atau sore hari selama 30 menit per hari. Jangan memulai olahraga berat dahulu jika kamu belum biasa atau jarang olahrga karena akan membuat tubuhmu lemas keesokan harinya.

4. Makan Buah-buahan

Pola hidup sehat yang keempat adalah rutin makan buah-buahan. Seperti yang kita tahu aneka buah memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Seperti buah jeruk yang kaya akan vitamin C, apel yang kaya antioksidan dan masih banyak lagi.

Mengkonsumsi buah-buahan dapat memenuhi asupan nutrisi dalam tubuh dan mampu menaikan imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Karena buah mengandung berbagai vitamin dan zat penting lainnya untuk tubuh.

5. Makan Sayur-mayur

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu mengkonsumsi sayur-sayuan. Selain tinggi akan serat yang baik untuk pencernaan, sayuran juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh kita. Dengan mengkonsumsi sayuran, tubuh kita akan sehat dan terbebas dari masalah kolesterol, diabetes dan penyakit berbahaya lainnya.

Baca juga: Redakan Alergi, Ini Khasiat Daun Kumis Kucing yang Harus Kamu Tahu!

6. Meditasi

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu melakukan meditasi. Meditasi ternyata mampu menjaga kesehatan fisik dan mental kita. Penyakit tidak hanya disebabkan oleh fisik yang lemah, namun jika kesehatan pikiran kita lemah maka akan mudah terserang penyakit.

Maka dari itu dengan bermeditasi kamu akan menyehatkan pikiran dan selalu berfikir positif. Berfikir positif itulah yang membuat kamu terbebas dari penyakit. Meditasi tidak hanya yoga saja, meditasi bisa dikategorikan seperti beribadah, liburan atau nongkrong bersama teman-teman.

7.  Atur Pernapasan

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu atur pernafasan. Oksigen merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk bernafas. Namun ternyata dalam mengatur nafas ternyata ada teknik tertentu untuk memberik kekuatan tubuh.

Salah satu cara pernapasan yang baik adalah menghirup udara sedalam-dalamnya. Tahan selama 5 sampai 10 detik, lalu embuskan. Dengan cara itu kita akan menyerap oksigen secara maksimal yang penting untuk aliran darah dalam tubuh.

8. Konsumsi Camilan Sehat

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu mengkonsumsi cemilan yang sehat. terkadang ketika jam makan belum datang kita sering merasa lapar. Nah salah satu caranya dengan mengkonsumsi cemilan sehat. cemilan sehat berbeda dengan cemilan yang biasa beredar seperti ciki, coklat dan lainnya.

Cemilan sehat yaitu cemilan yang rendah lemak serta gula seperti keju, yoghurt dan salad. Cemilan sehat mampu membantu metabolism tubuh dan cocok untuk kamu yang sedang diet agar menjadi lebih sehat.

9. Diet Tepat

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu diet yang tepat. Dalam melakukan diet, tidak perlu diet ketat melainkan cara diet yang tepat. Diet yang tepat itu adalah dengan menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna. Karena pola makan tersebut meruapkan asupan nutrisi tubuh yang paling ideal dan sehat untuk tubuh agar terhindar dari penyakit.

10. Konsumsi Vitamin

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi vitamin. Jika kamu memang seseorang yang sibuk serta dinamis maka kamu membutuhkan asupan vitamin tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh. Kini banyak beredar suplemen vitamin yang bisa kamu konsumsi agar kamu tidak mudah sakit.

11. Manfaatkan Sinar Matahari

Sinar matahari memang membantu kesehatan tubuh kita karena sinar matahari mampu mendukung kinerja tubuh untuk memprodusk vitamin D. seperti yang kita tahu, vitamin D bagus untuk kesehatan tulang, kulit dan menjaga daya tahan tubuh.

Manfaatkan sinar matahari dengan berjemur di pagi hari mulai dari jm 9 selama 30 menit atau sore hari sekitar jam 3 selama 1 jam.

12. Kurangi Konsumsi Gula

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu mengurangi asupan gula dalam tubuh. Dalam hal ini jika kita sering mengkonsumsi gula dan tidak diatur asupannya maka akan menimbulkan gejala obesitas serta penyakit diabetes.

Manusia memang membutuhkan asupan gula sebagai penambah energy namun jika berlebihan maka akan menimbulkan masalah yang sudah dijelaskan tadi. Maka dari itu atur konsumsi gula per hari.

13. Sarapan Setiap Hari

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu selalu sarapan setiap hari. ketika kita bangun tidur, kita membutuhkan asupan makanan karena telah berpuasa selama 8 jam ketika tidur. Dengan sarapan, kita akan melancarkan kesehatan pencernaan dan membuat tubuh menjadi lebih fit.

Biasakan sarapan setiap hari sebelum pukul 9 pagi dan lebih baik lagi makanlah sekitar pukul 7 pagi karena penyerapan tubuh terhadap nutrisi lebih maksimal.

14. Hindari Rokok

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu hindari merokok. Rokok mempunyai ribuan zat yang berbahaya yang dapat mengakibatkan serangan jantung, kanker, impotensi serta gangguan kehamilan dan janin. Untuk itu kamu yang masih aktif merokok sebaiknya kurangi atau berhenti merokok dari sekarang sebelum penyakit yang disebutkan tadi menyerang tubuhmu.

15. Rutin Cek Kesehatan

Terakhir, rutinlah melakukan pemeriksaan medis ke dokter atau ahli nutrisi. Lakukan hal ini setidaknya setiap 3 bulan sekali. Bisa jadi, tubuh yang tampak sehat ternyata menyimpan sejumlah penyakit.

Itulah 15 tips pola hidup sehat yang bisa kamu lakukan agar tubuhmu menjadi lebih sehat dan kuat serta terbebas dari penyakit. Sayangilah tubuhmu!

Baca juga: CHF atau Gagal Jantung Itu Apa Sih? Berikut Ulasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *