3 Resep Minuman Kekinian Berbahan Rempah Pilihan yang Menyehatkan Tubuh dan Mudah Dibuat

3 Resep Minuman Kekinian Berbahan Rempah Pilihan yang Menyehatkan Tubuh dan Mudah Dibuat

Bukan rahasia lagi, selain kaya budaya, Indonesia juga kaya akan sumber daya alam. Salah satu keragaman sumber daya alam Indonesia yang cukup populer adalah rempah-rempah. Tidak heran, jika banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan rempah-rempah sebagai bahan makanan dan minuman.Di era kebiasaan baru ini, masyarakat tidak hanya membutuhkan minuman kekinian saja. Melainkan juga membutuhkan minuman kekinian yang menyehatkan.

Salah satu minuman kekinian yang menyehatkan adalah wedang jahe. Ternyata, wedang jahe mudah dibuat sendiri di rumah. Nah, bagaimana cara membuat wedang jahe? Yuk, simak resep minuman kekinian berbahan rempah pilihan berikut ini. 

  1. Wedang Jahe

Pada dasarnya, wedang jahe sudah dikenal sejak zaman nenek moyang. Namun, minuman yang satu ini menjadi populer kembali karena adanya kebiasaan baru. Perlu diketahui, jahe merupakan salah satu rempah pilihan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh manusia.

Oleh karena itu, disarankan untuk rutin mengonsumsi minuman kekinian yang satu ini. Adapun resep minuman kekinian yang satu ini adalah sebagai berikut.

Bahan-Bahan untuk Membuat Wedang Jahe

Untuk membuat wedang jahe yang harus disiapkan adalah sebagai berikut.

  1. 100 gram jahe
  2. 2 batang serai
  3. 200 gram gula merah
  4. 2 lembar daun pandan
  5. Susu cair sesuai selera
  6. 1 liter air.

Cara Membuat Wedang Jahe

Berikut cara membuat wedang jahe yang simple banget.

  1. Siapkan panci. Lalu, tuangkan air dan rebus. Sebelum air mendidih, masukkan jahe, serai dan pandan.
  2. Rebuslah bahan-bahan tersebut selama 30 menit. Setelah mendidih, matikan kompor. 
  3. Saat rebusan jahe, masih panas tambahkan gula merah dan susu sesuai seleramu. Nah, wedang jahe buatanmu sudah siap disajikan.
  1. Bajigur
3 Resep Minuman Kekinian Berbahan Rempah Pilihan yang Menyehatkan Tubuh dan Mudah Dibuat

Saat ini, bajigur merupakan salah satu minuman kekinian yang terbuat dari bahan rempah. Memang banyak dijual bubuk bajigur instan. Namun, jika kita dapat membuat sendiri bajigur, cita rasa dari minuman kekinian yang satu ini akan lebih nikmat. Adapun resep membuat bajigur adalah sebagai berikut.

Bahan-Bahan yang Harus Disiapkan

Siapkan bahan-bahan sebagai berikut.

  1. 1000 ml santan
  2. 150 gram gula merah
  3. 50 gram jahe
  4. 2 lembar daun pandan
  5. 5 cm kayu manis
  6. 2 sendok teh kopi bubuk tanpa ampas

Cara Membuat Bajigur

Adapun cara membuat bajigur adalah sebagai berikut.

  1. Bakar jahe terlebih dulu. Kemudian, kupas dan memarkan jahe yang sudah dibakar.
  2. Siapkan panci untuk memasak santan. Masukkan santan, jahe, kayu manis dan daun pandan. Lalu, aduk sampai bahan-bahan tersebut tercampur sempurna. 
  3. Setelah bahan-bahan tersebut berbau wangi, masukkan gula merah dan kopi bubuk. Pastikan, gula merah dan kopi bubuk larut dalam seduhan santan. 
  4. Tunggulah beberapa menit sampai olahan bajigur matang. Jika sudah matang, bajigur siap disajikan. 

Perlu diketahui, bajigur merupakan salah satu minuman tradisional dari provinsi Jawa Barat. Namun, saat ini bajigur menjadi minuman kekinian yang banyak diminati baik oleh wisatawan asing maupun domestik.

  1. Bir Pletok
3 Resep Minuman Kekinian Berbahan Rempah Pilihan yang Menyehatkan Tubuh dan Mudah Dibuat

Jika dilihat dari namanya, mungkin kamu akan dibuat penasaran, yaitu bir pletok. Memang dari namanya, terlihat seperti nama minuman beralkohol. Namun, ternyata bir pletok sama sekali tidak mengandung alkohol. Kabarnya, minuman kekinian yang satu ini merupakan salah satu minuman tradisional masyarakat Betawi yang populer di zaman Batavia.

Nah, saat ini bir pletok menjadi salah satu minuman kekinian yang dapat dijadikan ladang bisnis. Itu karena bir pletok termasuk salah satu minuman yang menyehatkan karena mengandung beberapa rempah, seperti: cengkih, jahe, kapulaga, serai dan pala. Adapun resep minuman kekinian yang satu ini adalah sebagai berikut.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat bir pletok, siapkan bahan-bahan sebagai berikut.

  1. 350 gram jahe
  2. 6 butir cengkih
  3. 5 cm kayu manis
  4. 3 biji kapulaga
  5. 5 batang serai
  6. 25 gram kayu secang
  7. ½ butir buah pala
  8. 500 gram gula pasir
  9. Garam secukupnya
  10. 2 liter air.

BACA JUGA : CARA SEDERHANA MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN JERUK NIPIS

Cara Membuat Bir Pletok

Adapun cara membuat bir pletok adalah sebagai berikut.

  1. Memarkan jahe, buah pala, cengkih dan serai. Kemudian, siapkan masak 2 liter air. Sebelum air mendidih, masukkan jahe dan gula pasir, aduk sampai merata. Selanjutnya, masukkan cengkih, kayu secang, kayu manis, kapulaga dan buah pala. Aduk sampai bahan-bahan tersebut merata sempurna.
  2. Setelah bahan-bahan tersebut tercampur merata, masukkan batang serai. Kemudian, aduk secara merata selam 1 jam. 
  3. Setelah 1 jam, pastikan aroma rempah pada ramuan bir pletok tercium tajam. Jika bir pletok sudah beraroma wangi, artinya minuman tersebut siap disajikan.

Itulah 3 resep minuman kekinian yang terbuat dari ramuan rempah pilihan. Kamu dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Perlu diketahui, rutin mengonsumsi minuman kekinian herbal tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *