Ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage

Ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage

Bagi sebagian orang, desain rumah vintage dapat menghadirkan nuansa klasik yang tidak lekang oleh waktu. Sampai kapan pun, gaya rumah vintage ini akan selalu menyuguhkan konsep trend-proof yang artistik sehingga dapat memberikan kesan tersendiri bagi penghuninya. Yang mana, rumah vintage ini akan menyuguhkan rasa cerah, teduh, hangat, dan nyaman. 

Nah, bagi anda yang ingin memiliki ruangan rumah bergaya vintage, berikut beberapa ide dekorasi rumah gaya vintage yang bisa anda terapkan : 

  1. Dekorasi Vintage Lewat Furnitur Tua

Furnitur tua seperti kursi goyang, meja, lemari, atau kursi rotan bekas bisa anda gunakan kembali untuk mengisi ruang dalam rumah bergaya vintage. Untuk menambah kesan vintage, anda bisa membersihkan dan mengecat ulang semua furnitur tua tersebut. 

Tidak sulit untuk memadukan barang-barang vintage dalam sebuah ruangan. Supaya terlihat bagus dan serasi, anda bisa memanfaatkan barang-barang vintage sebagai pajangan yang unik. 

Seperti yang diketahui bahwa furnitur tua berbahan kayu sangat rentan terhadap kayu. Maka dari itu, saat hendak memburu barang vintage berbahan kayu, selalu anda cek kekuatan kayu tersebut. Dengan mengetukan jari beberapa kali, anda bisa mengetahui kondisi di dalam kayu tersebut apakah sudah bersarang rayap atau belum.

  1. Pemilihan Warna

Perlu diketahui bahwa pemilihan warna merupakan hal yang sangat penting dalam dekorasi rumah bergaya vintage. Biasanya ruangan rumah bergaya vintage ini didominasi dengan warna teduh yang menenangkan atau warna pastel seperti putih, beige, tosca muda, biru muda, pink, dan warna-warna yang terkesan natural seperti rustic brown yang memiliki efek seperti kayu tua. 

Agar suasana tidak monoton dan anda merasa betah di dalam ruangan, perhatikan saat memilih warna. Dalam hal ini, pemilihan warna harus disesuaikan dengan fungsi ruangan. Apabila anda ingin memiliki ruang kamar tidur dengan suasana yang tenang dan teduh, maka anda bisa memilih cat tembok berwarna krem.  Sementara untuk ruang dapur yang lebih cerah dan masih terkesan vintage, anda bisa coba memilih warna pink muda. 

Yang harus anda hindari dalam pemilihan warna adalah untuk warna tosca dan pink pada tembok rumah, maka sebaiknya digunakan pada satu atau dua sisi tembok yang berdampingan sebagai pusat perhatian. Namun, anda bisa mengombinasikan sisi lainnya dengan warna rustic brown atau putih. 

  1. Furnitur

Menjadi bagian dari elemen interior, furniture ini memiliki peran yang sangat penting. Karena bukan hanya sekedar perlengkapan rumah tangga, namun furnitur juga memiliki fungsi sebagai identitas ruang. Selain itu, furniture juga merupakan salah satu kunci dalam penataan rumah. Memang memilih furnitur itu bukanlah hal yang mudah. Jangan asal sesuai selera, namun ternyata tidak selaras dengan konsep rumah anda.

Nah, bagi anda yang menyukai konsep rumah vintage, anda bisa memadukan meja ukiran berwarna emas dengan sofa pink serta karpet cokelat. Sementara cermin antik yang berbentuk oval dengan bingkai emas akan mempercantik ruangan anda. 

  1. Penggunaan Pernak Pernik

Benda-benda antik yang ikonik apabila dipadukan dengan tepat akan menghasilkan tampilan visual tempo dulu yang elegan. Misalnya, menggantung jam dinding kuno dengan cat yang sudah usang di atas rak buku atau memajang kompas jaman dulu. Tentunyan hadirnya pernik-pernik seperti ini akan membangkitkan nostalgia masa lalu anda. 

Lalu bagaimana cara mendekorasikannya? Sama halnya mendekorasi furnitur, memadupadankan pernak-pernik vintage ini tidak terlalu sulit. Untuk menghindari kesan sesak dan penuh di dalam ruangan, anda bisa membatasi penggunaan barang vintage tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *