cara-mendidik-anak-dalam-islam

Cara Mendidik Anak dalam Islam, Yuk Kita Cari Tahu!

Carawanita.my.id – Setiap orang tua pastinya ingin memiliki putra atau putri yang berbakti dan taat dalam beribadah, serta mengamalkan perbuatan-perbuatan baik lainnya.

Namun, semua itu juga tergantung dari cara didikan orang tua terhadapnya. Apabila didikannya bagus, maka si anak tersebut akan memiliki akhlak yang bagus pula.

Tapi jika cara mendidiknya buruk, tentunya si anak ini akan tumbuh dengan perilaku yang buruk juga. Lantas, bagaimanakah cara mendidik anak dalam Islam? Nah, biar kalian gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Biasakan Untuk Memperdengarkan Al-Qur’an

Apakah bunda ingin memiliki anak yang kelak nanti menjadi seorang hafidz? Jika iya, maka bunda memperdengarkan Juz 1 mulai dari sejak lahir hingga usia 1 bulan.

Setelah itu lanjut ke Juz 2 ketika si mungil berusia 2 bulan, dan begitu seterusnya sampai selesai 30 Juz di usia 2 setengah tahun.

Dengan begitu, maka si kecil akan terbiasa dan sudah bisa belajar bicara, sehingga nantinya bunda bisa lebih mudah lagi dalam mengajarkannya Al-Quran.

2. Tanamkan Dasar-dasar Islam

Ada sebuah hadist yang mengatakan “Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat Laila ha illallah. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, Laila ha illallah.

Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya Laila ha illallah, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya.” (H.R Ibnu Abbas).

Selain dengan kalimat Laila Ha Illallah, bunda juga bisa menambahkan kalimat “Muhammadar Rasullullah” ketika si kecil menginjak usia 3 tahunan.

3. Ajarkan Berwudhu dan Gerakan Sholat

Menurut kabar yang beredar, setiap orang tua sudah harus mengajarkan anaknya untuk shalat ketika berumur 7 tahun.

Hal itu juga telah disebutkan dalam sebuah hadist dari HR. Ahmad dan Abu Dawud, “Suruhlah anak-anakmu shalat ketika berumur tujuh tahun, pukulah mereka jika meninggalkannya setelah berumur sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidurnya.”

Baca juga: Bro, Pahami Batasan Aurat Laki-laki yang Harus Selalu Kamu Jaga

4. Ajarkan Ilmu Tauhid

Cara mendidik anak berikutnya dalam Islam, yakni dengan mengajarkan ilmu tauhid. “Dari Abu Dawud dan Tirmidzi aku telah melihat Rasulullah SAW mengazankan Al-Hasan bin Ali pada telinganya saat dilahirkan oleh Fatimah dengan adzan seperti adzan shalat.” (HR. Tirmidzi).

5. Ajarkan Ibadah Puasa

Ada baiknya jika bunda mulai mengajarkan si kecil untuk berpuasa pada usia 6 tahunan. Meski ia hanya mampu berpuasa setengah hari atau puasanya selang-seling, karena semua itu butuh proses agar ibadah puasanya sempurna.

Tanamkanlah pada anak segala manfaat dan berkah dari ibadah puasa. Ya, ketika si kecil sudah terbiasa untuk berpuasa, lambat laun akan membuatnya lebih mudah lagi dalam menjalankan ibadah puasa seharian penuh full 30 hari.

6. Berilah Nama Panggilan Yang Baik

Selain berfungsi sebagai identitas, didalam nama juga tekandung sebuah doa dan harapan dari orangtua untuk masa depan anaknya.

Maka dari itu, bunda harus memberikan nama panggilan yang baik. Pasalnya, bentuk mencintai, mendidi, dan menghormati anak itu bisa melalui nama panggilan yang baik lho.

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadist HR. Ibnu Majah, “Hormatilah anak-anakmu dan perhatikanlah pendidikan mereka karena anak-anakmu sekalian adalah karunia Allah kepadamu.”

Nah, seperti itulah cara mendidik anak dalam Islam, dimana masih banyak lagi-lagi poin-poin yang belum tersampaikan. Apabila Anda masih menantikan kehadiran sang buah hati, tak ada salahnya untuk mempelajari cara mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam sedari sekarang. Selain informasi ini, Anda juga dapat membaca artikel tentang nama bayi perempuan islami sebagai referensi atau persiapan untuk menyambut sang buah hati.

Baca juga: Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi dengan Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *