cara-mengeluarkan-dahak-pada-bayi

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi dengan Efektif

Carawanita.my.id – Terjadinya kondisi batuk berdahak disebabkan oleh adanya infeksi virus dan bakteri. Dan terjadinya batuk adalah saat saluran pernapasan bayi mengalami iritasi sehingga menyebabkan lendir atau dahak.

Saat anak mengalami batuk berdahak maka biasanya akan mengalami gejala pengikut lainnya seperti sesak napas, demam, sakit dada, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau berair, lalu kehilangan selera makan.

Batuk berdahak pada umumnya bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu sekitar 2 minggu. Tetapi sayangnya, adanya beberapa bayi yang terkadang akan mengalami batuk berdahak lebih lama.

Hal tersebut tentunya akan mengganggu aktivitas si kecil dan akan membuatnya rewel. Oleh karena itu ibu harus membantunya untuk mengeluarkan dahak tersebut.

Sekarang ini apakah si kecil sedang batuk berdahak? Jika iya, ibu bisa melakukan beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi yang efektif dibawah ini diantaranya yaitu:

1. Menggunakan Uap

Pertama tama sediakan baskom lalu isi dengan air hangat lalu campurkan beberapa tetes minyak kayu putih atau tidak sama sekali tidak mencampurkan apapun.

Setelah itu dekatkan si kecil dengan baskom yang sudah berisi air hangat tadi, sehingga dirinya bisa menghirup uap yang dihasilkan air hangat dalam baskom tersebut.

Dengan melakukan cara ini nantinya akan menjadi encernya dahak dan juga akan terbukanya bagian saluran pernapasan ataupun saluran hidung si kecil yang sedang tersumbat.

2. Menepuk Nepuk Punggung Bayi

Untuk bisa mengeluarkan dahak pada bayi juga bisa dilakukan dengan cara menepuk nepuk bagian punggungnya secara perlahan. Caranya adalah:

  • Posisikan buah hati ibu dalam keadaan tengkurap.
  • Lalu tepuk secara perlahan bagian punggung kanan dan kirinya.
  • Setelah itu posisikan si kecil ke posisi miring sebelah kiri ataupun sebelah kanan.
  • Dan terakhir tepuklah bagian dada samping si kecil secara perlahan.

Baca juga: Seperti Inilah Posisi Seks Agar Cepat Hamil

3. Menggunakan Daun Sirih Hangat

Untuk membantu si kecil mengeluarkan dahaknya, ibu bisa juga memanfaatkan daun sirih hangat yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.

Cobalah tempelkan daun sirih tersebut pada bagian dada dan juga punggung si kecil. Dan pastinya kondisi hangat yang dihasilkan daun sirih bisa membantu bayi ibu untuk mengencerkan bagian dahaknya.

4. Jemur Dibawah Matahari

Saat tidak lancarnya saluran pernapasan si kecil karena dahak, berjemurlah. Karena sinar matahari yang hangat mulai dari jam 08.00 hingga 09.00 sehat untuk pernapasan dan juga tulang si kecil.

Nantinya kehangatan sinar matahari tersebut akan diserap oleh tubuh si kecil dan mengencerkan dahak sehingga ibu akan lebih mudah untuk membantu mengeluarkannya.

5. Menidurkan Bayi Dengan Posisi Yang Berbeda

Jika biasanya saat tidur posisi kepala si kecil itu sejajar dengan badan, maka ibu bisa merubahnya. Cobalah beri bantal pada kepalanya supaya posisi kepalanya itu jauh lebih tinggi.

Dengan posisi tidur yang seperti ini, maka akan dapat membantu si kecil untuk mengeluarkan dahak pada saluran pernapasannya dan juga membantu mengatasi hidungnya yang tersumbat.

Selain itu juga ibu bisa memposisikan si kecil dalam keadaan tengkurap saat tidur, sehingga akan membantunya untuk mengeluarkan dahak.

Tetapi ibu juga harus memastikan jika posisi tidur yang seperti itu tidak akan menghalangi hidung dan juga saluran pernafasannya.

Itulah beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi yang dapat bunda lakukan. Selain itu masih ada cara efektif lainnya yang bisa bunda lakukan untuk membantu si kecil mengeluarkan dahaknya seperti menghangatkan tubuh bayi dan menggunakan alat penyedot khusus.

Baca juga: 3 Cara Merapatkan Miss V Alami dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *