Cara Menghitung Neptu Weton Jodoh

Cara Menghitung Neptu Weton Jodoh Dan Arti Hasil Perhitungannya, Simak di Sini!

Begini Caranya Menjadi Pasangan yang Lebih Romantis - Lifestyle Liputan6.com
Sumber: Liputan6.com

Weton merupakan tradisi penanggalan masyarakat Jawa yang digunakan untuk memperhitungkan beragam hal, termasuk juga soal jodoh. Bagi masyarakat Jawa, weton merupakan sistem penanggalan tradisional yang sangat penting fungsinya. 

Kamu bisa gunakan weton Jawa ini untuk penanda kelahiran, urusan bisnis, hari baik bercocok tanam, bahkan hingga untuk menentukan pasangan dan pernikahan. Nah, untuk urusan menentukan pasangan dan pernikahan terdapat sistem perhitungannya sendiri yang akan dibahas dibawah ini. 

Penasaran kan? Yuk mari kita simak penjelasan mengenai cara menghitung weton jodoh menggunakan Neptu Bulan dan Tahun Jawa beserta artinya berikut ini. 

Tabel Menghitung Weton Jodoh Dengan Neptu Bulan Dan Tahun Jawa

3 Alasan yang Sering Bikin Salah Paham dengan Pasangan Halaman all -  Kompas.com
Sumber: Lifestyle Kompas

Bulan Nilai Tahun Nilai

  • Suro 7 Alip 1
  • Sapar 2 Ehe 5
  • Mulud 3 Jimawal 3
  • Bakda Mulud 5 Je 7
  • Jumadil Awal 6 Dal 4
  • Jumadil Akhir 1 Be 2
  • Rejeb 2 Wawu 6
  • Rawah 4 Jimakhir 3
  • Pasa (Puasa) 5
  • Sawal 7
  • Dulkangidah (Sela) 1
  • Dulkahijah (Besar) 3

Cara menghitung weton jodoh dengan menggunakan neptu bulan ini cukup mudah yaitu dengan menjumlahkan nilai pada masing – masing bulan dan tahun pada kalender Jawa diatas. 

Baca juga: 5 Contoh Undangan Pernikahan yang Unik dan Murah

Contohnya, jika kamu lahir di bulan Rawah (4) dan ditahun Jimawal (3), maka artinya jumlah neptu kamu adalah 7. Kemudian, angka itu akan dianalisis untuk dicari tahu maknanya. Setelah menghitung, berikut ini arti hasil perhitungan neptu weton jodoh yang perlu diketahui :

12 Cara Membuat Pasangan Lebih Bahagia dalam Waktu 1 Menit!
Sumber: Cosmopolitan Indonesia

1. Pegat (hasil perhitungan 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Menurut primbon Jawa, pasangan yang masuk dalam kategori Pegat ini kemungkinan akan sering mendapatkan masalah dalam membina rumah tangga. 

2. Ratu (hasil perhitungan 2, 11, 20, 29)

Pasangan yang masuk dalam kategori ratu ditafsirkan sebagai jodoh sejati. Mereka akan memiliki hubungan yang bahagia dan sangat harmonis, sehingga membuat banyak orang disekelilingnya merasa iri. 

3. Jodoh (hasil perhitungan 3, 12, 21, 30)

Pasangan yang masuk dalam kategori Jodoh ini dalam primbon Jawa memiliki arti bahwa mereka memang berjodoh. Mereka akan memiliki kehidupan rumah tangga yang selalu rukun setiap waktu. 

4. Topo (hasil perhitungan 4, 13, 22, 31)

Pasangan yang masuk dalam kategori Topo patut ekstra waspada. Sebab, primbon Jawa meramalkan mereka akan mendapatkan kesulitan diawal berumah tangga. 

5. Tinari (hasil perhitungan 5, 14, 23, 22)

Pasangan yang masuk kategori Tinari akan mendapatkan kebahagiaan. Kebahagiaan tersebut bisa didapatkan dalam wujud kecukupan rezeki dalam membina rumah tangga dikemudian hari. Bahkan, mereka akan dimudahkan dalam hal mencari rezeki. 

6. Padu (hasil perhitungan 6, 15, 24, 33)

Primbon Jawa meramalkan hal buruk bagi kehidupan rumah tangga pasangan yang masuk dalam kategori Padu. Meski demikian, hal itu tidak sampai menyebabkan perceraian. Jadi, bersyukurlah !

7. Sujanan (hasil perhitungan 8, 17, 26, 35)

Pasangan yang masuk kategori Sujanan juga patut waspada. Sebab, primbon Jawa meramalkan akan ada masalah perselingkuhan yang menyebabkan mereka dalam ancaman pertengkaran besar dalam rumah tangga. 

8. Pesthi (hasil perhitungan 8, 17, 26, 35)

Menurut primbon Jawa, pasangan yang masuk dalam kategori Pesthi kabarnya akan memiliki rumah tangga yang rukun. Mereka disebutkan akan memiliki kehidupan rumah tangga yang rukun dan harmonis. 

Itulah primbon Jawa lengkap weton jodoh beserta cara menghitungnya dengan menggunakan neptu dan arti hasil perhitungannya.

Baca juga: Menikahi Sepupu Sendiri dalam Islam, Bolehkah?

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *