Perbedaan Tunangan dan Lamaran yang Jarang Orang Tahu

Perbedaan Tunangan dan Lamaran

Ini Dia Perbedaan Tunangan dan Lamaran yang Jarang Orang Tahu

Perbedaan tunangan dan lamaran masih dianggap membingungkan bagi sebagian orang, sehingga seringkali dijadikan acara yang sama. Karena keduanya sama-sama bertujuan untuk menyatukan sepasang kekasih untuk menuju ke jenjang pernikahan. Tidak heran sebelum dilangsungkannya acara pernikahan, sepasang kekasih melaksanakan proses lamaran atau tunangan. Lantas apakah tunangan dan lamaran adalah proses yang sama?

Perlu diketahui, meski serupa, acara tunangan dan lamaran sangatlah berbeda. Jelas berbeda, untuk itu jangan sampai kamu salah dalam mengistilahkan acara untuk dirimu sendiri. Untuk mengetahui kejelasan antara perbedaan lamaran dan tunangan, mari simak penjelasan berikut.

Pengertian

Mungkin bagi sebagian orang kedua acara ini terlihat serupa. Namun siapa sangka bahwa kedua acara ini sangat berbeda. Untuk itu, berikut merupakan pengertian dari lamaran dan tunangan yang perlu kamu ketahui.

Pengertian Lamaran

Lamaran merupakan proses untuk meminta perempuan kepada pihak keluarganya untuk membawa hubungan ke arah yang lebih serius menuju jenjang pernikahan. Biasanya pernikahan dilakukan sekitar 3-5 bulan sesudah lamaran. Berbeda dengan tunangan yang jarak pernikahannya bisa cukup jauh yakni 1 tahun atau lebih.

Pengertian Tunangan

Tunangan adalah proses pertukaran cincin antar sepasang kekasih untuk membawa hubungan ke arah yang lebih serius. Tunangan juga dapat diistilahkan komitmen antara pasangan yang diartikan janji sepasang kekasih untuk membawa hubungan menuju jenjang pernikahan. Jarak pernikahan setelah tunangan biasanya cukup jauh sekitar 1 tahun atau lebih.

Proses

Proses Lamaran

Proses lamaran berbeda dengan proses tunangan. Proses lamaran biasanya pria datang dengan membawa seserahan dan mahar kepada pihak perempuan. Dalam acara ini juga dilakukan perundingan untuk penentuan tanggal pernikahan yang baik untuk keduanya. Dalam lamaran, pria tidak perlu membawa cincin karena bisa dibawa saat tunangan saja atau saat pernikahan.

Pada acara ini, orang tua pihak perempuan juga sebaiknya menanyakan kepada putrinya apakah bersedia menerima lamaran sang pria atau tidak. Penentuan hari ini kemudian dirundingkan antar dua keluarga.

Pengertian Tunangan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya tunangan merupakan proses pengikatan janji yang diberikan pria kepada perempuan untuk membawa hubungan ke arah yang lebih serius. Biasanya, dalam acara ini pria tidak membawa seserahan melainkan bawa cincin untuk saling bertukar.

Sejarah

Sejarah Lamaran

Lamaran sejatinya merupakan proses adat. Biasanya proses ini memiliki runtutan acaranya tersendiri dari masing-masing daerah. Biasanya acara ini dilakukan oleh seroang pria yang mendatangi kediaman pihak perempuan. Namun, siapa sangka bahwa di beberapa daerah juga ada perempuan yang melamar pria dengan mendatangi kediaman pria.

Pada proses acara lamaran, biasanya pihak pria membawa seserahan dan mahar yang wajib dibawa ke kediaman perempuan. 

Sejarah Tunangan

Tunangan berawal dari Mesir Kuno pada masa 2000 SM. Dahulu orang mesir kuno menggunakan tumbuhan sebagai cincin. Hal ini dikarenakan bentuk lingkaran pada tumbuhan melambangkan keabadian cinta mereka. 

Orang Mesir Kuno percaya bahwa tangan kiri jari manis mengalir langsung menuju jantung. Kemudian Paud Nicholas mewajibkan pasangan di Romawi untuk menggunakan cincin emas untuk melambangkan keabadian cinta mereka sebelum melangsungkan pernikahan.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan tunangan dan lamaran. Jadi kesimpulannya, tunangan lebih ke prosesi acara mengikat janji sepasang kekasih untuk berkomitmen menuju arah yang lebih serius. Sedangkan lamaran adalah acara keseriusan seorang pria untuk meminta perempuan dari keluarganya untuk menuju ke arah pernikahan.

Jika ditelaah lebih dalam lagi, memang sudah jelas bahwa acara lamaran tingkatannya lebih tinggi dibandingkan dengan acara tunangan. Untuk itu, jangan sampai salah lagi tentang perbedaan tunangan dan lamaran ya!

Baca Juga: Memilih Cincin Tunangan, Perhatikan 3 Tips Jitu Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *