Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Lamaran dan Tunangan

Inilah Perbedaan Prosesi Lamaran dan Tunangan, Baca di Sini!

6 Tips Lamaran Nikah Sederhana, Tetap Elegan dan Bermakna | Orami
Sumber: Orami

Perbedaan prosesi lamaran dan tunangan seringkali dipertanyakan karena memang memiliki kemiripan. Sepasang kekasih menjalin hubungan tentu dengan tujuan akhir yakni menikah. Namun, sebelum dilanjutkannya pernikahan sepasang kekasih tentu melaksanakan lamaran atau tunangan terlebih dahulu. 

Sebagian orang menganggap lamaran dan tunangan adalah hal yang serupa. Namun, meski serupa, kedua istilah tersebut sebenarnya sangat berbeda. Proses yang dilaksanakan sangatlah berbeda. Untuk itu, jangan sampai kamu salah menyebut acara antara lamaran atau tunangan. Agar kamu tahu, berikut perbedaan lamaran dan tunangan yang perlu kamu wajib ketahui.

Dari Segi Pengertian

Kenali Perbedaan Hantaran Lamaran dan Seserahan Pernikahan - Bridestory Blog
Sumber: Bridestory

Dari segi perngertian saja sudah sangat berbeda. Perlu diketahui bahwa tunangan adalah komitmen yang diikat antara sepasang kekasih untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius. Tunangan dapat diartikan sebagai janji bersama dari sepasang kekasih untuk mempersiapkan dirinya menuju hubungan yang lebih serius.

Dengan dilakukannya tunangan, maka sepasang kekasih berkomitmen untuk membawa satu langkah lebih maju untuk menuju halal.

Sedangkan lamaran adalah suatu acara yang sifatnya adat. Dimana ini dilakukan dengan cara meminta pasangan untuk menikah di hadapan orang tua dan kerabat yang bertujuan membawa hubungan ke jenjang pernikahan.

Baca juga: Rekomendasi Body Lotion dengan Aroma Tahan Lama

Dari Segi Proses

Ini Syarat-syarat Lamaran dan Nikah yang Wajib Diketahui Calon Pengantin |  Fifth Bloom
Sumber: Fifthbloom

Dari segi proses juga sudah sangat jelas terlihat berbeda. Meski keduanya sama-sama dilangsungkan dengan cara memberikan cincin di jari manis, namun tetap saja prosesi acaranya sangat berbeda.

Proses acara tunangan dilakukan hanya saling bertukar cincin saja. Sedangkan acara lamaran tidak hanya memberikan cincin melainkan juga memberikan seserahan atau mahar kepada calon mempelai wanita.

Biasanya jarak antara tunangan dengan pernikahan bisa sampai satu tahun atau lebih. Sedangkan jarak antara lamaran menuju pernikahan biasanya 3-5 bulan sebelum dilanjutkannya proses pernikahan.

Dari Segi Sejarah

12 Susunan Acara Lamaran Pernikahan - Bridestory Business Blog
Sumber: Bridestory

Dari segi sejarah juga sudah terlihat berbeda. Awal mula adanya proses tunangan dikenal pada masa 2000 SM di Mesir Kuno. Dahulu, orang-orang mesir kuno mengukir tumbuhan untuk digunakan sebagai cincin. Karena hal ini diyakini dapat berbentuk lingkaran yang dapat melambangkan keabadian. Dengan cara ini mereka melakukan tunangan untuk melambangkan keabadian cinta mereka.

Orang Mesir Kuno percaya bahwa pembuluh darah di jari manis tangan kiri mengalir langsung menuju jantung seseorang yang menggunakannya. Kemudian pada 860 A.D Paus Nicholas mewajibkan pasangan di romawi untuk mengenakan cincin emas untuk melambangkan keabadian cinta mereka sebelum menuju jenjang pernikahan. Jadi, tidak heran jika tunangan menjadi proses untuk saling tukar cincin.

Sedangkan lamaran merupakan proses yang mengacu pada istilah khitbah (dalam agama islam). Lamaran berisikan proses untuk meminta wanita dari keluarganya untuk kesediaannya menuju pernikahan. Dalam lamaran tidak harus bertukar cincin karena yang terpenting adalah keseriusannya untuk mengajak ke pernikahan.

Lamaran sebenarnya merupakan proses adat tradisional masing-masing daerah. Untuk itu, jika biasanya orang yang melamar adalah pria, maka ada beberapa daerah yang mana perempuan lah yang melamar sang pria. Hal tersebut menjadi hal biasa di beberapa daerah seperti Minang, Lamongan dan Trenggelek.

Pada proses acara lamaran, biasanya wajib ada seserahan yang diberikan dan ada beberapa nominal uang yang harus diberikan kepada pasangan.

Nah itulah perbedaan antara lamaran dan tunangan yang wajib diketahui. Jadi kesimpulannya jika ditelaah dari pengertian dan prosesnya, memang tingkatan lamaran dan tunangan adalah tinggian lamaran. Karena lamaran memang ditujukan pria kepada keluarga wanita untuk meminta restu dan keseriusan dari pihak perempuan. Sedangkan acara tunangan lebih menuju para proses mengikat.

Baca juga: Produk Eksfoliasi Wajah Murah untuk Kulit Sensitif

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *