5 Jurus Jitu Hilangkan Sifat Boros Belanja Online

5 Jurus Jitu Hilangkan Sifat Boros Belanja Online

5 tips hilangkan sifat boros belanja pasti akan sangat dibutuhkan oleh orang – orang yang merasa terlalu impulsive terhadap pembelian barang. Berbelanja jaman sekarang, mudah saja. Cukup dengan cara online. Tapi waspadalah saat berbelanja online.

Alih-alih memperoleh kemudahan, Anda justru bisa menjadi boros karenanya. Kepraktisan berbelanja online itu memang mudah dan enak. Namun kepraktisan kadangkala menjerumuskan orang pada hal negatif lainnya. Begitu juga dengan berbelanja online. Orang bisa menjadi keranjingan dan tak bisa mengontrol diri. 

Namun ada banyak cara menghentikan sifat boros dalam berbelanja online dilansir dari popbela. Cekidot:

  1. Buat skala prioritas dalam rencana belanja Anda. 

  Nomor satukan kebutuhan yang urgent setiap bulannya. Tentu saja kebutuhan barang setiap bulannya akan berbeda. Tetapi dengan skala prioritas, memudahkan Anda menentukan mana barang yang paling Anda butuhkan. Tayangan promo, iklan online memang semua menarik dilihat. Tetapi belum tentu Anda perlukan.

  1. Cek harga barang yang urgent dan budget yang tersedia. 

Sesuaikan antara harga barang dan budget. Jangan sampai membeli barang yang tidak dibutuhkan. Jangan pula terkecoh harga discount. Padahal harga yang didiscount tersebut kadangkala sudah lebih dulu dinaikkan beberapa persen. 

  1. Beli barang dengan cara cash keras.

Biasakan membeli barang yang dibutuhkan pada toko atau penjual konvensional. Bukan yang online. Jangan terkecoh harga murah di promo online. Karena harga merupakan indikator mutu suatu barang. Anda tentu tidak mau mendapatkan barang yang jelek meskipun murah.

  1. Berhenti atau blokir semua promo online,

Blokir atau cekal berbagai iklan atau promo yang ditayangkan. Biasanya sering ditawarkan oleh situs belanja online yang masuk ke email Anda. Semua dampak tersebut bermuara pada sifat boros. Anda menjadi keranjingan untuk berbelanja online pada akhirnya. 

  1. Selalu minta pendampingan seseorang yang Anda percaya.

Jangan pernah berbelanja sendiri. Minta seseorang untuk dampingi Anda ketika berbelanja. Carilah orang yang cukup Anda percaya, dan memahami style dan sifat Anda. Advise dari seseorang di luar diri Anda, cukup membantu mengontrol kecanduan Anda berbelanja online.

Nah, guys! Itu semua kelima jurus jitu menghentikan sifat boros belanja online. Semua memang berdampak negatif. Namun kelima jurus tersebut tentu saja tidak akan berhasil apabila Anda tidak mengurangi kecenderungan Anda bermain gadget terutama ponsel. Tentu saja apapun kecanduan tersebut tidak berubah secara drastis. Semua dilakukan secara bertahap. Begitu pula sifat boros.

Anda sendirilah pemegang kendali dan kontrol atas diri Anda. Karena itu sesekali berikanlah reward atas kemampuan Anda mengendalikan diri agar tidak boros. Misal pujian sederhana kepada diri sendiri. Nah, gimana? Mudah bukan untuk berhenti dari sifat boros kecanduan berbelanja online? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *