Berikut Ini Cara Mencegah Kehamilan, Simak Selengkapnya di Sini!

Memiliki anak menjadi salah satu impian banyak pasangan yang telah menikah. Namun, tidak sedikit pula pasangan dengan berbagai alasan yang memilih menunda untuk memiliki anak.

Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang cara mencegah kehamilan yang bisa dilakukan, terlebih jika bunda dan suami aktif melakukan hubungan intim.

1. Makanan dan Minuman Pencegah Kehamilan

16 Makanan Pencegah Kehamilan untuk Tunda Punya Anak
Sumber: The Asianparents

Ada beberapa makanan dan minuman yang dipercaya dapat mencegah terjadinya kehamilan setelah melakukan hubungan intim.

  • Pepaya

Makanan pertama yang dipercaya dapat mencegah kehamilan adalah pepaya. Jika bunda melakukan hubungan intim tanpa pengaman dan khawatir akan terjadi kehamilan, maka bunda bisa coba mengonsumsi pepaya dua kali sehari selama 3-4 hari ke depan.

  • Soba

Soba merupakan makanan selanjutnya yang dipercaya dapat mencegah terjadinya kehamilan setelah melakukan hubungan intim. Pasalnya, soba mengandung komponen yang disebut Rutin yang mampu mencegah implantasi.

  • Nanas

Dengan mengonsumsi nanas bisa menjadi cara mencegah kehamilan setelah berhubungan. Nanas dipercaya dapat mencegah implantasi pada janin dan menghindari terjadinya kehamilan.

Untuk membantu mencegah kehamilan, bunda bisa coba mengonsumsi nanas matang setiap hari selama 2-3 hari setelah melakukan hubungan intim.

  • Suplemen Vitamin C

Vitamin C merupakan obat efektif lainnya untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan. Pasalnya, vitamin C dapat menganggu hormon ‘progesteron’ sehingga dapat mencegah kehamilan.

Dalam hal ini, bunda hanya membutuhkan sekitar 1.500 mg tablet vitamin C sebanyak 2 kali sehari selama 2-3 hari setelah melakukan hubungan seksual bersama pasangan yang tanpa pengaman.

2. Menghitung tanggal Ovulasi

Cara Menggunakan KB Kalender untuk Mencegah Kehamilan | Popmama.com
Sumber: Popmama.com

Mencegah kehamilan dengan menghitung tanggal ovulasi men jadi cara atau metode sederhana, tanpa biaya, aman dan efektif jika dilakukan dengan benar. Caranya adalah dengan menghitung masa subur yang biasanya dimulai sejak hari ke-12 hingga ke-14 hari pertama menstruasi. Periode masa subur dihitung 5 hari sebelum tanggal ovulasi dan 1 hari setelah ovulasi.

Pada masa ini, bunda dan suami perlu menghindari melakukan hubungan seks untuk mencegah kehamilan.

Baca juga: 8 Posisi Seks Agar Cepat Hamil, Dijamin Ampuh!

3. Mengeluarkan Penis Sebelum Ejakulasi

5 Cara Aman Mencegah Kehamilan saat Aktif Berhubungan
Sumber: CNN Indonesia

Mengeluarkan Mr P dari vagina saat ejakulasi menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya kehamilan. Namun, metode ini cukup sulit karena membutuhkan pengendalian diri yang kuat dari suami serta kemampuan memperkirakan waktu yang tepat untuk mengeluarkan Mr P dari vagina.

Akan tetapi, cara ini tidak menjamin cairan sebelum ejakulasi yang mengandung sperma masuk ke dalam vagina dan membuahi sel telur.

4. KB IUD

8 Efek Samping KB IUD dan Cara Mengatasinya - Alodokter
Sumber: Alodokter

KB IUD merupakan alat kontrasepi untuk mencegah terjadinya kehamilan. Intrauterine device (IUD) adalah alat kontrasepsi berbahan plastik dan berbentuk seperti huruf T yang diletakkan di dalam rahim. IUD dapat mencegah kehamilan dengan cara menghalau sperma supaya tidak membuahi sel telur.

Ada dua jenis IUD yang biasa digunakan, yaitu IUD yang terbuat dari tembaga dan bisa bertahan hingga 10 tahun dan IUD yang mengandung hormon yang perlu diganti setiap 5 tahun sekali.

Sebelum dokter memasang IUD, anda akan dipastikan dulu tidak mempunyai penyakit menular seksual. Jika sudah dipastikan tidak mengalami penyakit menular seksual maka IUD pun akan dipasang.

IUD merupakan alat kontrasepsi yang sebaiknya tidak digunakan sendiri. Artinya, IUD harus dipasang oleh dokter atau ahli professional. Proses pemasangan IUD akan lebih mudah dilakukan saat periode menstruasi. Namun, IUD bisa dipasang kapan saja selama tidak sedang hamil.

Baca juga: 6 Jus yang Membantu Cepat Hamil

Sumber: https://hariancewek.com/