Cara Cat Rambut yang Bagus

9 Cara Cat Rambut yang Bagus untuk di Salon Maupun di Rumah, Baca Selengkapnya di Sini!

Cara cat rambut yang bagus bisa dilakukan di rumah ataupun di salon, meskipun jika di salon tentu perlengkapannya lebih lengkap. Inilah beberapa step yang bisa Anda lakukan baik di rumah maupun di salon. 

1. Mintalah Saran Tentang Level Warna

Bahaya Cat Rambut dari Kandungan Bahan Kimianya - Alodokter
Sumber: Alodokter

Jika akan mewarnai rambut sendiri atau jika Anda perlu mewarnai rambut Anda dalam keadaan darurat, para pekerja di salon akan merekomendasikan untuk berbicara tentang jenis pewarna. Tujuannya adalah untuk menentukan tingkat warna yang akan mereka rekomendasikan.

Cara cat rambut yang bagus dimulai dari mengetahui informasi tentang jenis perlengkapan kecantikan yang akan dipakai. 

2. Nilai Pertumbuhan Rambut Anda

10 Cat Rambut yang Bagus di Bawah Rp100 Ribu!
Sumber: Shopee

Daripada mengikuti warna pada kotak gradasi, atau ujung rambut Anda, fokuslah pada pertumbuhan kembali akar rambut Anda sebagai panduan dalam memilih warna dengan kotak gradasi. 

Ini penting, terutama jika Anda ingin memastikan uban yang perlu Anda tutupi. Ini adalah kunci untuk aplikasi cat rambut. Dimana Anda hanya boleh menutupi area abu-abu, serta membiarkan sisa rambut Anda tidak tersentuh sampai 10 menit terakhir dari waktu proses.

Ketika melakukan hal tersebut, ini akan membantu menghindari penumpukan warna pada rambut dan memberikan tampilan yang lebih profesional pada warna asli rambut Anda.

3. Pilihlah Pewarna Semi Permanen Untuk Rambut berwarna Abu-abu

Ganti Warna Rambut, Berapa Lama Jarak Waktunya?
Sumber: Lifestyle Kompas

Cara cat rambut yang bagus berikutnya yaitu dengan memilih warna semi permanen daripada pewarna permanen. Mengapa demikian? Karena pemilihan tersebut akan lebih mudah dalam memastikan rambut mendapat kerusakan minimal, terutama karena perlu dirawat lebih sering. 

4. Perhatikan Sensitivitas Kulit

Ketahui Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Jangan Sampai Salah! | Orami
Sumber: Orami

Jika Anda memiliki kulit sensitif, tambahkan satu paket gula ke pewarna untuk mengurangi efek pengeringan dari amonia. Asam dalam gula akan membantu menetralkan tingkat pH, serta mengurangi kekeringan, dan iritasi kulit.

Baca juga: Tidak Perlu Khawatir Pahit, Ini Tips Memasak dan Membuat Jus Pare

5. Gunakan Shade Lighter

Ini Cara Mewarnai Rambut dengan Bahan Alami yang Bisa Dilakukan Sendiri,  Mudah dan Gak Ribet | MURIANEWS
Sumber: Murianews.com

Ketika Anda memilih warna kotak, pastikan Anda memilih warna yang lebih terang atau setengah warna lebih terang dari warna rambut alami Anda. Penting untuk mewarnai rambut secara aman sehingga Anda tidak mengalami kejadian dimana warna rambut baru tidak cocok dengan warna alami. 

6. Perhatikan Alatnya

Hukum Cat Rambut Hitam dalam Islam, Boleh atau Tidak? - Solopos.com |  Panduan Informasi dan Inspirasi
Sumber: Solopos.com

Jika Anda akan mencoba mewarnai rambut di rumah, sebaiknya Anda berhenti menggunakan alat panas setidaknya seminggu sebelum melakukannya. Panas dari pelurus, pengeriting rambut, dan pengering rambut akan bisa menyebabkan helai rambut rapuh, kering, dan rusak, yang tidak akan menghasilkan warna cerah. 

7. Seringlah Mencari Rekomendasi 

Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah agar Tidak Gagal
Sumber: Tokopedia

Cara cat rambut yang bagus bisa dilakukan dengan terus mencari toko perlengkapan kecantikan. Tujuannya yaitu untuk mencari rekomendasi yang solid dalam memenuhi kebutuhan warna Anda.

8. Gunakan Shampoo Khusus

Mengenal Purple Shampoo dan Manfaatnya untuk Rambut | TRESemmé
Sumber: Tresemme

Jika Anda belum pernah menggunakan shampoo khusus untuk menjaga warna pirang dan terang Anda terlihat segar, maka kini jangan lupa untuk memakainya. Karena beberapa jenis shampoo membuat rambut lebih cerah ketika mulai berubah menjadi warna atau kasar yang tidak diinginkan. 

9. Lindungi Garis Rambut Anda dengan Vaseline

3 Teknik Cat Rambut Yang Paling Populer Selama Pandemi | Highend Magazine
Sumber: Highend Magazine

Ingin terhindar dari noda warna pada kulit Anda? Sebaiknya oleskan Vaseline di sekitar garis rambut Anda untuk mencegah noda. Cara cat rambut yang bagus di atas bisa Anda terapkan dengan mudah dan cepat. Dengan demikian, Anda akan bisa memiliki rambut berwarna yang lebih sehat dan juga terawat secara maksimal tanpa harus terlalu sering bolak balik ke salon khusus.

Baca juga: Sumber-sumber Terjadinya Benjolan di Ketiak, Tanda Kanker?

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *