Cara Efektif Mencegah dan Mengusir Tokek di Rumah

Cara Efektif Mencegah dan Mengusir Tokek di Rumah, Simak di Sini!

Tokek merujuk pada hewan melata yang berkerabat dekat dengan cecak. Keduanya memiliki kemampuan memutuskan ekornya atau autotomi. Perbedaan keduanya ada pada ukuran, yakni tokek memiliki ukuran lebih besar serta tubuhnya dipenuhi sisik-sisik samar dan bintil-bintil, bentuk tubuh inilah yang membuat tokek menjadi mengerikan.

Tidak heran jika keberadaan tokek di rumah menjadi masalah besar, belum lagi suara yang dikeluarkan cukup nyaring. Belum lagi jika tokek mengeluarkan kotorannya disembarang tempat di sudut-sudut rumah. Untuk itu Anda dapat melakukan upaya pencegahan agar tokek tidak masuk ke rumah,  jika sudah terlanjur masuk, lakukan cara mengusir yang efektif dan membuatnya tidak kembali lagi.

Berikut cara efektif mencegah dan mengusir tokek di rumah:

1. Tutup lubang ventilasi yang ada

Jual Kasa nyamuk fiberglass / Penutup lubang ventilasi / Jendela / pintu  teralis | Shopee Indonesia
Sumber: Shopee

Tokek bisa datang dari mana saja, bukan masalah jika hewan melata ini ada di luar rumah. Maka untuk memastikan tokek tidak masuk ke dalam rumah, pastikan untuk menutup lubang ventilasi. Sebab lubang-lubang ventilasi di rumah bisa menjadi jalan untuk tokek masuk ke dalam rumah. Terutama ventilasi yang menghadap ke luar rumah.

2. Selalu gunakan saluran air

Lakukan 4 Cara Ini untuk Mencegah Saluran Air Tersumbat Halaman all -  Kompas.com
Sumber: Kompas.com

Saluran air dapat menghalangi tokek mendekati rumah, hal ini berlaku jika rumah Anda berada di kawasan yang masih banyak terdapat lahan kosong. Ada baiknya membuat saluran air mengelilingi rumah agar tokek maupun binatang lainnya tidak dapat mendekat. Jika terdapat tembok pagar rumah, bisa menggunakan cat minyak  atau keramik agar tokek tidak dapat memanjat dengan mudah karena licin.

3. Usir dengan menggunakan tembakau

20 Cara Mengusir Tokek di Rumah : Bahan Alami, Praktis & 100% Ampuh
Sumber: Epropertyrack

Jika binatang melata tersebut terlanjur masuk ke rumah, Anda dapat mencari cara untuk mengusirnya keluar, salah satunya dengan memanfaatkan tembakau. Aroma tembakau yang menyengat tidak disukai tokek. Agar tokek tidak betah di rumah, cukup taburkan tembakau ke tempat-tempat yang biasa ditempati atau dilalui tokek. Bahkan, jika sampai termakan bisa menyebabkan tokek mati.

4. Menaburkan bawang

Bingung Cari Cara Usir Tokek, Tahunya Cuma Modal Bawang Bombay Langsung  Ngacir, Tokcer Banget - Semua Halaman - Sajian Sedap
Sumber: Sajian Sedap

Jika tidak memiliki tembakau, Anda bisa memanfaatkan bawang yang pasti sudah ada di dapur. Bisa menggunakan bawang putih yang aromanya tidak disukai tokek atau bawang merah yang dapat menimbulkan mata tokek perih. Caranya juga cukup mudah yakni iris tipis bawang dan letakkan di tempat-tempat tokek bersarang. Bisa juga menumbuh halus kemudian mencampur dengan air, masukkan dalam botol semprot untuk disemprot ke tempat-tempat tokek.

Baca juga: Daftar Warna Ombre Rambut Pendek yang Sedang Hits

5. Menggunakan ampas kopi

Duh! Jijik Ada Tokek di Rumah, Ternyata Bisa Diusir Pakai Kopi dan Bawang  Merah, Begini Triknya Jika Ingin Coba - Semua Halaman - Sajian Sedap
Sumber: Sajian Sedap

Bisa juga memanfaatkan sisa ampas kopi untuk mengusir tokek. Dari pada ampas kopi terbuang percuma, Anda bisa mengambilnya, bentuk bulat-bulat lalu letakkan di tempat tokek biasa berada. Kandungan kafein pada kopi tidak disukai tokek, bahkan jika dicampur dengan tembakau dan termakan bisa membuat tokek mati.

6. Menggunakan air garam

20 Cara Mengusir Tokek di Rumah : Bahan Alami, Praktis & 100% Ampuh
Sumber: Epropertyrack

Jika cara di atas belum berhasil mengusir tokek, Anda bisa mencoba menggunakan larutan garam untuk mengusir tokek. Larutkan garam dapur ke dalam botol semprot, kocok-kocok agar tercampur sempurna sebelum disemprotkan. Larutan garam dapur dapat membuat kulit tokek menjadi panas jika terkena larutan ini, karenanya tokek sangat membencinya dan akan kabur jika merasakannya. Akan lebih efektif jika dapat disemprotkan langsung mengenai tubuh tokek.

Itu dia cara efektif mencegah dan mengusir tokek di dalam rumah. Cobalah cara-cara di atas, alih-alih menggunakan racun. Sebab jika menggunakan racun dan tokek mati tanpa ditemukan bangkainya akan menimbulkan bau tidak sedap yang juga mengganggu.

Baca juga: 8 Jenis Rumah Adat Khas Sunda yang Unik

Sumber: https://beritakubaru.com/

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *