Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris, Simak di Sini!

Top 10 Cover Letter Writing Tips
Sumber: The Balance

Banyak jobseeker yang meremehkan surat lamaran kerja saat mereka hendak melamar pekerjaan. Sebab, biasanya mereka lebih fokus kepada resume dan curriculum vitae (CV). Padahal, surat lamaran kerja ini adalah salah satu elemen penting bagi perusahaan. Karena sebelum pihak HRD atau agensi perekrutan membuka CV, mereka kerapkali membaca terlebih dahulu surat lamaran kerja. 

Surat lamaran kerja biasanya menggunakan bahasa Indonesia, namun ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. 

Dalam pelajaran bahasa Inggris, surat lamaran kerja disebut dengan istilah cover letter yaitu sebuah surat yang menerangkan kemampuan serta pengalaman secara singkat terkait dengan pekerjaan yang dilamar. 

Surat lamaran kerja ini diajukan ke perusahaan bersamaan dengan CV atau resume. Fungsi cover letter adalah untuk memperkenalkan diri serta latar belakang secara singkat kepada perekrut. Lantas, muncul pertanyaan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris yang baik dan benar? 

Baca juga: Cara Membuka Aura Wajah agar Bersinar

Perlu diketahui, cover letter harus dibuat dengan menggunakan bahasa yang formal dan profesional yang ditujukan untuk perekrut atau biasanya disebut divisi HRD di suatu perusahaan. 

1. Struktur Cover Letter

What to Include in a Cover Letter for a Job
Sumber: The Balance

Struktur cover letter terdiri atas 7 bagian yaitu :

  • Heading

Heading adalah bagian awal dari surat atau kepala surat. Isi heading berupa informasi kontak pengirim yang terdiri atas nama, alamat, nomor telepon, dan juga e-mail. 

Tidak hanya informasi kontak, bagian kepala surat ini juga berisi tanggal menulis surat serta informasi kontak perusahaan yang terdiri atas nama dan jabatan penerima (recruiter), dan nama juga alamat perusahaan. 

  • Opening Greeting

Opening Greeting berisi salam pembuka dengan menggunakan bahasa formal. Pada bagian ini biasanya kamu akan menuliskan kata ‘Dear’ yang kemudian diikuti dengan nama penerima (recruiter) dan tanda koma. Misal contohnya, ‘Dear Jennifer Clarissa,”. 

  • Introductory Paragraph

Sementara Introductory Paragraph adalah paragraf pembuka yang berisi penjelasan bahwa kamu sedang melamar pekerjaan atau posisi tertentu pada perusahaan yang dituju, dan alasanmu melamar posisi tersebut. Kamu boleh menyebutkan hal apa yang membuatmu tertarik melamar posisi tersebut. 

  • Highlighting Paragraph

Sesuai namanya, bagian ini adalah bagian terpenting alias highlight dari surat lamaran kerja. Highlighting Paragraph merupakan paragraf inti yang berisi kualifikasi serta kemampuan khusus yang dimiliki, berkaitan dengan pekerjaan yang hendak dilamar. 

Contohnya, jika melamar posisi programmer. Maka kamu bisa jelaskan sejauh apa kemampuanmu dalam bidang programming pada bagian ini. 

  • Closing Paragraph

Closing paragraph adalah paragraf penutup yang berisi ucapan terima kasih kepada perusahaan atau recruiter atas pertimbangan mereka terhadap lamaran kerja yang kamu kirim. 

  • Complimentary Close

Bagian complimentary close berisi salam penutup. Pada bagian ini kamu bisa menjelaskan bahwa kamu sangat berharap bisa berdiskusi lebih lanjut mengenai pekerjaan yang dilamar melalui interview dengan recruiter. 

  • Signature

Terakhir, kamu bisa menutup surat lamaran kerja dengan tanda tangan dan nama lengkap. 

2. Kaidah Kebahasaan Cover 

How to Write a Good Job Cover Letter & Get an Interview Invitation!
Sumber: Linkedin

Penting juga untuk memperhatikan kaidah kebahasaan atau language features pada Cover Letter. Kamu harus menulisnya dengan menggunakan bahasa yang formal dan sopan. Selain itu, gunakan juga tenses atau kalimat yang tepat dan sesuai dengan kalimat yang akan ditulis. 

Untuk bagian surat lamaran yang menjelaskan mengenai keahlian yang dimiliki dan keadaan dimasa sekarang, kamu bisa menggunakan Simple Present Tense. 

Sementara untuk bagian surat lamaran yang menjelaskan prestasi atau pengalaman yang pernah diraih dimasa lalu, kamu bisa gunakan Simple Past Tense.

Baca juga: Contoh Struktur Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Sumber: https://hariancewek.com/

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *