Cara Menyimpan Brokoli di Kulkas Agar Awet, Simak di Sini Caranya!

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa brokoli merupakan salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal itu bukan tanpa alasan, karena brokoli kaya akan kandungan vitamin, serat, dan antioksidan.

Dengan demikian, maka wajar saja jika brokoli disukai oleh kebanyakan orang. Selain itu, brokoli juga mudah diolah menjadi berbagai jenis hidangan yang lezat.

Akan tetapi, ternyata masih banyak masyarakat yang sembarangan saat menyimpan brokoli didalam kulkas. Lantas, bagaimana Cara Menyimpan Brokoli di Kulkas dengan benar?Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Brokoli Biar Awet dan Tahan Lama

1. Beli Brokoli yang Masih Segar

5 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan dan Diet, Si Sayur 'Kribo' Penuh Khasiat -  Lifestyle Liputan6.com
Sumber: Liputan6.com

Agar daya tahannya lebih lama, tentu saja kamu harus memilih brokoli yang masih segar. Adapun mengenai ciri-ciri yang masih segar bisa kamu lihat pada bagian kepala dengan kuncup tertutup rapat.

Jika bagian kepalanya terlihat berwarna hijau tua, hal tersebut menandakan bahwa brokoli masih dalam keadaan segar. Lain halnya dengan brokoli yang tidak segar, dimana bagian kuntumnya terlihat layu dan berwarna kuning.

2. Lakukan Metode Buket

Tips Memilih Brokoli Segar dan Cara Menyimpannya Agar Awet
Sumber: Momsmoney

Ini dia salah satu trik dalam menyimpan brokoli dengan cara membungkusnya seperi bunga segar. Agar membuatnya awet dan bisa bertahan sampai lima hari, masukkan bagian batang brokoli ke dalam gelas berisi air sampai ujungnya terendam.

Diamkan kuntum brokolinya terbuka, kemudian simpan di dalam kulkas. Selain itu, kamu juga jangan sampai lupa untuk mengganti rendaman airnya setiap hari.

Baca juga: Begini Cara Mudah Menambah Berat Badan

3. Kemasannya Jangan di Tutup Rapat

4 Cara Menyimpan Brokoli di Kulkas dan Tempat Lainnya agar Tidak Busuk
Sumber: SehatQ

Pada dasarnya, brokoli dapat disimpan di dalam kantong plastik biasa. Namun, kamu jangan sampai menutup plastik kemasannya dengan rapat. Mengapa demikian?

Pasalnya, hal tersebut akan membuat brokoli melepaskan gas etilen yang bisa mempercepat proses penguraiannya. Nah, proses penguraian inilah yang nantinya akan membuat brokoli semakin cepat membusuk lho!

4. Rendam Brokoli di Dalam Air Hangat dan Air Garam

Gak Cukup Cuma Pakai Air Keran, Coba Rendam Brokoli dalam Air Garam,  Efeknya Bikin - Semua Halaman - Sajian Sedap
Sumber: Sajian Sedap

Sebelum menyimpannya ke kulkas, sebaiknya brokoli cuci terlebih dulu agar lebih awet. Namun, proses pencucian brokolinya harus menggunakan air hangat dan air garam. Sebab larutan tersebut akan membuat ulat serta kotoran lain pada brokolinya terangkat.

Mengenai caranya, kamu hanya perlu merendam brokoli ke dalam air hangat dan air garam. Jika sudah demikian, angkat brokolinya dan keringkan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas untuk mengurangi pertumbuhan jamur.

5. Menyimpan Brokoli Pada Bagian Kulkas Tertentu

Resep Tips Menyimpan Brokoli oleh Rara Debtasari - Cookpad
Sumber: Cookpad

Menurut informasi yang didapat, ada beberapa jenis buah-buahan yang bisa mengeluarkan gas etilen ketika disimpan ke dalam kulkas. Ya, salah satunya adalah apel.

Tentu saja gas etilen tersebut akan membuat brokoli maupun bahan makanan lainnya yang ada didalam kulkas menjadi cepat busuk. Maka dari itu, usahakan untuk menyimpan brokoli di bagian yang jauh dari buah apel. Bila perlu, brokoli tersebut kamu simpan di bagian kulkas yang paling dingin.

6. Bungkus Menggunakan Kantong Kertas

7 Cara menyimpan brokoli agar awet dan tidak cepat kuning
Sumber: BrilioFood

Cara berikutnya yang bisa kamu coba agar brokoli awet didalam kulkas, yakni membungkusnya dengan menggunakan kantong kertas. Pasalnya, kantong kertas dapat memberikan ruang bagi brokoli untuk melepaskan gas etilen.

Bahkan, cara yang satu ini juga akan membuat brokoli tetap kering dan segar meski berada di kulkas dalam jangka waktu yang lama. Jika ingin membungkusnya dengan kantong kertas, sebaiknya brokoli tidak dicuci dulu agar lebih awet.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Emas

Sumber: https://hariancewek.com/