Contoh Struktur Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris, Simak di Sini Yuk!

Job Interview Statistics and Trends for 2023
Sumber: Simplilearn

Dalam era global seperti saat ini, banyak lapangan kerja terbuka dalam skala internasional sehingga kita yang berada di Indonesia pun memiliki peluang untuk bekerja di luar negeri dan mengirimkan lamaran baik secara online maupun offline.  Tentu saja hal ini membuat kita harus menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang baik dan benar sehingga maksud surat tersebut sampai kepada para pemberi pekerjaan. Berikut ini beberapa contoh struktur surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris dimulai dari pengertian dan apa manfaatnya yang semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

1. Definisi surat lamaran kerja

Sample Cover Letter for a Job Application
Sumber: The Balance

Dalam bahasa Inggris surat lamaran kerja disebut dengan job application letter yang tentu saja dikirim oleh seorang pelamar kerja kepada pemberi kerja atau perusahaan yang memang membuka lowongan tersebut. Mengirimkan surat lamaran kerja tentu saja agar mendapatkan waktu serta kesempatan untuk wawancara atau interview. Oleh karena itu penulisan surat lamaran kerja atau job application letter ini harus baik dan benar serta mewakili apa saja nilai jual dan kelebihan-kelebihan Anda sehingga kesempatan wawancara itu bisa didapatkan.

Secara teknik untuk penulisan surat lamaran kerja biasanya menggunakan font seperti Calibri, Arial atau Times New Roman dengan ukuran 12. Umumnya hany a terdiri darisatu halaman saja di mana untuk menulis surat lamaran kerja yang meyakinkan, Anda harus menuliskannya dengan baik dan menarik perhatian HRD sehingga bisa memberikan rekomendasi  kesempatan wawancara. 

2. Struktur surat lamaran kerja

Formal Job Application Letter | Job cover letter, Motivation letter for job,  Job application cover letter
Sumber: Pinterest

Inilah struktur job application letter yang harus Anda tuliskan :

– Diawali dengan nama email dan address

Dalam bahasa Indonesia biasanya disebut dengan biodata maka mulailah menulis dengan mencantumkan nama lengkap Anda, alamat email yang aktif dan tentu saja alamat tempat tinggal Anda sekarang.

– Selanjutnya adalah tanggal atau date saat Anda menulis surat lamaran ini

– Nama perusahaan yang dituju alias the hiring manager mulai dari alamat lengkap hingga email mereka

– Salutation atau salam yang bisa Anda tuliskan secara resmi

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Karir Dengan Mudah

Opening paragraph atau paragraf pembuka

Sebagai awalan surat Anda bisa membuka dengan paragraf yang menjelaskan dari mana informasi lowongan pekerjaan Anda dapatkan dan posisi apa yang Anda inginkan dalam perusahaan tersebut

– Body paragraph atau paragraf utama

Untuk mengisi paragraf utama bisa Anda tuliskan dengan lebih jelas bagaimana Anda akan bekerja ketika mendapatkan posisi yang dibutuhkan.  Jelaskan secara mendetail dan berikan nilai tambah seperti bagaimana pencapaian dan pengalaman Anda selama ini yang tentu saja relevan dengan pekerjaan yang sedang Anda incar.

Closing paragraph atau paragraf penutup

Selanjutnya untuk paragraf terakhir atau penutup bisa Anda Tuliskan ucapan terima kasih lalu lanjutkan dengan penawaran-penawaran yang bisa Anda berikan serta kalimat ajakan supaya pihak perusahaan tersebut mau memberikan informasi lebih lanjut mengenai lowongan ini.

– Selanjutnya complimentary close atau penutup yang umumnya dalam bahasa Indonesia kita menuliskan ‘dengan hormat’ atau ‘salam’ dan dalam bahasa Inggris Anda bisa menuliskan best regards. Setelahnya tuliskan nama serta tanda tangan

3. Tips menulis surat lamaran kerja berbahasa Inggris

Cover Letter Examples for Job Seekers in 2022
Sumber: Jobscan

Sama halnya dengan menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia, untuk surat lamaran kerja berbahasa Inggris sebaiknya Anda Tuliskan dengan kalimat aktif yang singkat padat dan jelas. Hindari kalimat yang bertele-tele dan terlalu panjang, surat lamaran yang ringkas dan memuat semua informasi yang dibutuhkan jauh lebih disukai dibandingkan surat yang panjang dan bertele-tele tentu saja

Itulah tadi contoh struktur surat lamaran dalam bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan ketika hendak melamar kerja kepada perusahaan internasional yang berada di dalam negeri ataupun luar negeri semoga bermanfaat.

Baca juga: 5 Tips Menjalankan Karir Sebagai Freelancer

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *