Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Emas, Baca di Sini!

Mengetahui Cara membedakan emas asli dan palsu tentunya menjadi hal yang wajib dilakukan oleh setiap calon konsumen. Disamping itu, kita juga harus menentukan tujuan dari membeli emas tersebut. Apabila kamu ingin berinvestasi, maka belilah emas dalam bentuk koin atau batangan. 

Namun untuk sekedar koleksi atau dijadikan dana cadangan dalam keadaan mendesak, sebaiknya pilih jenis emas yang berupa perhiasan. 

Sebelum memutuskan membeli emas, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Hal apa sajakah itu? Nah, biar kalian gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Mengecek Harga Emas yang Terbaru

Hati-hati Beli Perhiasan Emas 'Kurang Kadar'
Sumber: CNN Indonesia

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa harga emas itu akan berbeda-beda pada setiap harinya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengecek harga emas terbaru di pasaran. Dalam hal ini, kamu bisa membuka situs-situs khusus yang berhubungan dengan dunia emas. 

Pada situs tersebut, nantinya kamu bisa melihat semua harga emas yang berdasarkan jenisnya. Menariknya lagi, bahkan PT Antam selalu mengumumkan harga emas sebanyak dua kali dalam sehari. Nah, informasi dari PT Antam inilah yang kerap dijadikan patokan harga emas nasional. 

Baca juga: Atur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji Pas-Pasan

2. Tentukan Tempat Pembelian Emas

Minat Emak-Emak di Jepara Beli Perhiasan Tak Luntur meski Harga Emas  Melejit - Bagian 1
Sumber: iNews Jateng

Penting juga bagi kamu untuk menentukan toko sebagai tempat pembelian emas. Dengan kata lain, kamu harus membeli emas di toko yang sudah memiliki reputasi jelas. Ya, hal ini bertujuan agar kamu mendapatkan emas dengan kualitas terbaik serta terhindar dari hal-hal yang berbau penipuan. 

Selain itu, perhatikan juga harga jual kembali emas di toko tersebut. Jangan sampai harga jual kembali emasnya turun drastis. Hindari pula membeli emas dengan harga sama sesuai yang tertera di suratnya

3. Mengecek Kondisi Fisik Emas

Harga Sedang Naik, Ini Tempat Beli Emas di Jakarta
Sumber: CNBC Indonesia

Dalam pemilihan emas, disarankan bagi kamu untuk memilih emas yang tampilannya bersih tanpa ada noda sedikitpun. Pasalnya, tak sedikit toko yang menjual emas dalam kondisi masih terdapat noda hijau di pori-porinya. Parahnya lagi, ada sebagian toko yang menganggap bahwa hal itu bukanlah masalah serius. 

Padahal, emas yang tidak cicuci dengan benar akan meninggalkan sisa zat kimia sehingga dapat memicu timbulnya alergi pada kulit. Apabila kamu memilih untuk membeli emas dalam bentuk perhiasan, maka periksalah secara teliti dan pastikan jangan sampai ada cacat sedikitpun. 

4. Menanyakan Kadar Emas

Tak Selalu Mahal, Ini Cara Beli Perhiasan dengan Harga Terjangkau
Sumber: Wolipop Detikcom

Di pasaran Indonesia, standar kadar emas di toko memang agak berbeda. Adapun mengenai kode yang menunjukkan kadar pada emasnya seperti berikut:

  • Emas 24 karat : kadar kemurnian emas mencapai 90%
  • Emas 23 karat : kadar kemurnian emas mencapai 70%
  • Emas 22 karat : kadar kemurnian emas mencapai 40%.

Sederhananya, sistem jual beli emas di pasar (tradisional / toko emas) terbilang cukup memprihatinkan karena tidak adanya sistem dan standar yang menjadi konsistensi harga, berat, hingga kadar kemurnian emasnya. 

5. Menyimpan Semua Bentuk Surat Dengan Baik

Tips Pertama Kali Beli Perhiasan Mewah, Biar Bisa Jadi Investasi! : Okezone  Lifestyle
Sumber: Lifestyle Okezone

Jika kamu sudah membeli emasnya, tentu akan ada beberapa surat yang berupa kuitansi, sertifikat emas, dan nota pembelian. Maka dari itu, simpanlah semua surat-surat tersebut dengan baik. Mengapa demikian?

Pasalnya, surat-surat tersebut nantinya akan dibutuhkan ketika kamu akan menjual kembali emasnya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena tidak semua toko emas memiliki keahlian dalam menentukan kadar emas. Apabila semua surat tersebut hilang, maka jangan heran jika harga emasnya akan jatuh lho!

Baca juga: 5 Skincare Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Ke Atas

Sumber: https://tipscantikan.com/