Atur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji Pas-Pasan

Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji Pas-Pasan, Simak Selengkapnya di Sini!

Seperti yang diketahui  bahwa cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta memang susah-susah gampang. Meskipun begitu, hal itu bukan berarti anda tidak akan bisa menutupi kebutuhan sehari-hari. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengatur keuangan, misalnya dengan menabung, merencanakan belanja bulanan, menghemat dengan membeli barang yang masih layak dipakai, menghemat pengeluaran untuk beberapa aktvitas, mencari penghasilan tambahan, dan metode khusus. Untu lebih jelasnya mari kita simak ulasan selengkapnya.

1. Rencanakan Belanja Bulanan Secara Matang

5 Rahasia #YakinBisa Atur Keuangan Keluarga | HSBC
Sumber: HSBC Indonesia

Jika anda ingin membeli sesuatu belilah barang yang memang anda butuhkan, bukan karena keinginan atau ada harga diskon. Jika anda membeli sesuatu karena keinginan atau harga diskon, hal tersebut bisa membuat terjadinya pemborosan uang. Lebih baik anda dalam menggunakan pendapatannya dengan membuat rencana belanja bulanan secara tertulis. Gunakan uang anda sesuai dengan rencana belanja bulanan anda. Sehingga ketika sudah waktunya membeli apa yang dibutuhkan, anda sudah memiliki budgetnya. Namun perlu anda ingat, jangan pernah menggunakan uang melebihi anggaran belanja yang sudah anda susun, karena uang sisanya sudah dialokasikan untuk biaya lainnya. Dengan cara membuat anggaran belanja ini, anda bisa terhindar dari melakukan pemborosan uang.

Baca juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

2. Membeli Barang Yang Masih Layak Pakai

10 Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Perlu Khawatir di Akhir Bulan  - Qoala Indonesia
Sumber: Qoala

Dengan membeli barang bekas yang masih layak pakai atau barang bekas dengan kondisi seperti barang baru, bisa membantu anda untuk lebih berhemat. Karena dengan begitu, anda bisa membeli suatu barang walaupun bekas tetapi seperti baru dengan harga yang lebih murah dibandingkan membeli barang baru yang harganya jauh lebih mahal. Maka dari itu, sebaiknya anda membeli baranf bekas dengan kondisi yang masih bagus di toko barang bekas, pasar loak, maupun toko online.

3. Menghemat Pengeluaran Untuk Beberapa Aktivitas

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru dengan Gaji Kecil. 3 Juta  Sebulan? Bisalah~
Sumber: Hipwee

Dalam hal ini anda bisa melakukan beberapa aktivitas sekaligus bisa menghemat pengeluaran. Contohnya, anda membeli makan siang sambil melakukan tugas diluar kantor (untuk potokopi) misalnya. Hal ini tentunya akan bisa menghemat BBM daripada melakukan beberapa perjalanan yang tidak jelas. Lebih baik simpan selisih uang anda untuk ditabungkan secara berkala. Bahkan jika tempat kerja dekat dengan rumah anda, anda bisa mengambil makan siang di rumah sendiri.

4. Penghasilan Tambahan

5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga, Khususnya Ibu-ibu – Zonkeu
Sumber: Zonkeu

Agar bisa sukses di masa depan, budget tabungan dan investasi wajib untuk disisihkan. Dalam hal ini, mencari penghasilan tambahan sangat penting guna menutupi kekurangan biaya hidup selain mengambil dari tabungan.

Untuk menentukan penghasilan tambahan, anda bisa mengkomunikasikannya dengan pasangan. Mengomunikasikan tentang kebutuhan yang sebenarnya, akan membuat anda lebih bijak dalam mengatur keuangan rumah tangga. Hal ini dilakukan agar bisa sama-sama saling menghemat, saling mendukung guna mencari penghasilan lain, dan menghindari konflik masalah keuangan. 

5. Metode Khusus

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil, Pasti Cukup untuk  Sebulan - Bisnis Liputan6.com
Sumber: Liputan6.com

Salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga adalah dengan menabung. Nah, hal penting yang harus anda perhatikan dalam menabung adalah menetapkan pos-pos alokasi dana. Misalnya, dengan menggunakan rasio 5:3:2. Artinya, sebanyak 50% gaji digunakan untuk biaya hidup, 30% untuk menabung, dan 20% untuk hiburan. 

Sebagai contoh, misalnya anda memiliki gaji per bulannya Rp 3 juta, artinya sebesar Rp 1,5 juta digunakan untuk biaya hidup. 30% dari Rp 3 juta sekitar 900 ribu dialokasikan untuk menabung, sedangkan 20% dari gaji yakni sebesar Rp 600 ribu dialokasikan untuk hiburan.

Baca juga: Begini Cara Mudah Menambah Berat Badan

Sumber: https://hariancewek.com/

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *