Mengenal Apa Itu Saham Gorengan Beserta Ciri – Cirinya 

Cara Investasi Saham Online Bagi Pemula: Ini 4 Tips Tepat
Sumber: RHB Sekuritas

Saham gorengan merupakan saham yang harganya sudah direkayasa sedemikian rupa oleh oknum tertentu yang biasanya disebut bandar. Karena itu, saham seperti ini merupakan hal yang wajib diketahui investor pemula. 

Saham gorengan kini menjadi permasalahan yang cukup sering dibicarakan di dalam dunia invetasi, dan bahkan bukan lagi menjadi rahasia. Hal itu tentunya bisa merugikan investor, namun saham tersebut pada kenyataannya terus terjadi hingga saat ini. 

Pihak yang paling dirugikan dari praktik ini adalah trader maupun investor jika mereka tidak teliti. Para pelaku ingin mendapatkan keuntungan besar, bahkan kasus tersebut sampai menarik perhatian pejabat berwenang hingga presiden sekalipun. Karena itu, saham gorengan menjadi hal yang wajib diketahui, terutama oleh para investor. 

Untuk lebih hati-hati, simak dan pahami ulasan berikut ini !

1. Apa Itu Saham Gorengan? 

Disinggung Presiden Jokowi, Ini Ciri-ciri Saham Gorengan
Sumber: CNBC Indonesia

Saham gorengan dikelola oleh banyak orang sekaligus dan hal itu dilakukan untuk menjaga harga dari saham itu sendiri. Umumnya, orang – orang tersebut berasal dari golongan kaya yang ingin mendapatkan untung besar dari bandar atau ritel. 

Contohnya, seseorang sengaja membeli banyak saham untuk menaikkan harga perusahaan. Contoh nyata saham gorengan yang pernah terjadi yaitu saat harga saham perusahaan BUMI sempat mencapai hingga angka Rp. 500 per lembar pada awal tahun 2017 silam. Namun sayangnya, harga tersebut kini sudah anjok ke angka Rp. 100. 

Tindakan menggoreng saham ini merupakan hal yang sangat menyedihkan. Dimana orang – orang berbondong – bondong membeli saham BUMI saat harganya tinggi, sehingga sudah dipastikan akan merugi karena mereka tidak bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi lagi. 

Kemudian mereka terpaksa harus menjual sahamnya dengan harga lebih murah, lalu beralih ke saham lain yang diyakini lebih baik dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan untuk menutupi kerugiannya. 

2. Ciri – Ciri

Jangan Cepat Tergoda! Kenali Saham Gorengan Biar Cuan Tak Melayang
Sumber: abisgajian.id
  • Kenaikan Harga

Harga saham yang naik secara tiba – tiba patut dicurigai karena hal itu bisa jadi merupakan saham gorengan. Jika melihat kenaikan harganya lebih dari 10%, maka sudah dipastikan saham tersebut sudah digoreng bandar. 

  • Antrean Penjualan Kecil

Penjualan (offer) lebih sedikit daripada permintaannya (bid). Biasanya bandar akan menunggu hingga investor tergiur. Karena harganya yang meroket menyebabkan investor menjadi tertarik untuk membeli kembali saham tersebut. 

  • Volume Perdagangan

Volume penjualan lebih besar dibandingkan saham – saham emiten ternama lainnya. Hal itu dikarenakan volume transaksi saham gorengan dikendalikan oleh bandar. 

Baca juga: 4 CARA MELUNASI HUTANG PALING EFEKTIF

  • Dikendalikan Emiten Baru

Emiten baru bisa dibilang sebagai pihak yang sering menjadi target goreng saham karena menawarkan harga yang lebih murah. 

  • Tingginya Harga Meski Perusahaan Merugi

Investor tentu tidak akan berinvestasi kepada emiten dengan kinerja buruk. Tingginya harga saham seringkali terjadi akibat dukungan modal dari bandar yang menyebabkan harga saham terus merangkak naik. Karena itu, sangat penting untuk selalu memantau kesehatan finansial perusahaan sebelum memutuskan membeli saham 

Itulah informasi dan penjelasan tentang apa itu saham gorengan beserta ciri – cirinya yang bisa dipelajari dan dipahami dengan mudah. Karena itu, sebagai investor, kamu tentunya harus jeli saat memilih saham. Kamu harus jeli dan jangan sampai membeli saham yang memiliki fundamental kurang baik.

Saham ini memang cenderung bisa menghasilkan imbal hasil tinggi dalam waktu yang relatif singkat. Namun, layaknya saat jajanan gorengan, membeli saham kurang baik ini tentu dapat mengganggu kesehatan kondisi keuangan.