Resep Camilan Sederhana Nangka Goreng Tepung

Resep Camilan Sederhana Nangka Goreng Tepung yang Lezat, Simak di Sini!

Sebagai negara tropis, Indonesia dikenal memiliki keanekaragaman hayati yang mumpuni. Tidak heran jika Indonesia memiliki berbagai buah yang tumbuh di negeri ini. Salah satunya adalah buah nangka.

Buah nangka di Indonesia ini sendiri bisa ditemukan di berbagai daerah dan memiliki bau yang khas dengan warna kuning keemasan. Tidak hanya itu saja, buah nangka memiliki biji yang cukup besar dengan daging yang memiliki rasa manis.

Biasanya, buah nangka muda seringkali digunakan sebagai sayur. Sedangkan nangka yang matang digunakan sebagai buah konsumsi karena rasanya yang manis. Namun, jika Anda tidak suka nangka dengan mengkonsumsinya secara langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi camilan lho!

Tidak hanya enak, siapapun yang mencicipi nangka camilan ini tentu menjadi ketagihan. Untuk itu, jika Anda memiliki buah nangka yang matang dirumah, Anda bisa mengolahnya menjadi camilan sederhana. Sebelum membahas resep camilan dari nangka, mari simak penjelasan berikut.

Camilan Sederhana dari Nangka

Resep Nangka Goreng Tepung Crispy, Camilan yang Rasanya Legit
Sumber: Kompas.com

Camilan merupakan masakan yang paling sering disantap semua orang selain makanan pokok. Bagaimana tidak, camilan seringkali disantap tidak hanya pada saat sedang ada tamu saja melainkan juga pada saat sedang senggap seperti menonton televisi, bermain gadget, ngobrol, dan lain sebagainya.

Camilan seperti tidak pernah lepas dari orang Indonesia. Biasanya, orang Indonesia menyantap berbagai camilan kering seperti keripik, biscuit, ataupun goreng-gorengan. Gorengan yang dimaksud seperti pisang goreng, dodol goreng dan lain sebagainya.

Namun, selain pisang goreng, ada buah lain yang ternyata bisa digoreng lho. Buah tersebut adalah buah nangka. Mungkin sebagian dari Anda terheran-heran bagaimana bisa nangka dijadikan sebagai camilan goreng yang lezat.

Tentu saja bisa! Apapun bisa saja diolah asal Anda tahu bagaimana cara mengolahnya dengan tepat pasti bisa menjadi camilan yang lezat.

Nah, jika Anda berniat mencoba membuat camilan sederhana dari olahan nangka, Anda bisa coba resep camilan sederhana nangka goreng tepung berikut ini.

Baca juga: Tidak Perlu Khawatir Pahit, Ini Tips Memasak dan Membuat Jus Pare

Bahan yang Dibutuhkan

Resep Nangka Goreng Krispi, Cemilan Enak dan Praktis untuk Temani Waktu  Santaimu - Berita Sukoharjo
Sumber: Berita Sukoharjo

Untuk membuat nangka goreng tepung, bahan yang perlu Anda siapkan diantaranya yaitu:

  1. 400 gram nangka
  2. 150 gram tepung terigu
  3. 50 gram tepung beras
  4. 15 gram tepung sagu
  5. ¼ sendok teh garam
  6. 3 sdm gula merah yang disisir halus
  7. 1 butir telur
  8. 150 ml air mineral
  9. 1 liter minyak goreng 

Langkah Pembuatan Nangka Goreng Tepung

Resep Nangka Goreng yang Lezat dan Legit
Sumber: IDN Times

Nah, setelah Anda siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat camilan ini, selanjutnya adalah kamu perlu mengikuti langkah pembuatannya sebagai berikut:

  1. Potong nangka menjadi panjang-panjang
  2. Buat adonan untuk baluran nangka dengan cara mencampur tepung beras, sagu dan terigu, kemudian gula merah dan garam. Kemudian aduk hingga rata
  3. Masukkan telur dan aduk kembali
  4. Masukkan air perlahan dan aduk adonan sampai licin
  5. Tuang minyak goreng dengan wajan di api sedang, tunggu sampai minyak panas
  6. Setelah itu masukkan nangka ke dalam adonan yang telah dibuat, baluri nangka dan goreng saat minyak panas
  7. Goreng sampai warna nangka menjadi kecokelatan
  8. Nangka goreng tepung siap disajikan

Itulah resep camilan sederhana nangka goreng tepung yang bisa Anda coba dirumah. Nah, jika Anda memiliki buah nangka yang matang dirumah, jika Anda bosan mengkonsumsinya langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi camilan sederhana berikut ini. Tidak hanya lezat, camilan sederhana ini bisa saja menjadi favorit orang dirumah lho! Tidak percaya? Coba saja Anda membuatnya.

Baca juga: Resep Memasak Sayur Bayam, Wajib Coba Dirumah

Sumber: http://kulinerankuy.com/

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *