Tidak Perlu Khawatir Pahit, Ini Tips Memasak dan Membuat Jus Pare

Tips Ampuh Memasak dan Membuat Jus Pare Anti Pahit, Bisa Dicoba di Rumah!

Meski Pahit, 7 Manfaat Jus Pare Ini Bikin Takjub! | Orami
Sumber: Orami

Siapa yang suka sayur pare? Sayur pare ini merupakan salah satu jenis sayuran yang menyehatkan tubuh, karena mengandung vitamin dan antioksidan, sayangnya banyak yang tidak menyukainya karena rasanya yang pahit. Jadi bagaimana jika Anda ingin makan pare yang tidak pahit? Jangan khawatir, kami akan memberi Anda 5 tips cara memasaknya agar tidak menjadi pahit.

Tentu saja rasa pahitnya mungkin tidak akan hilang sepenuhnya, tapi setidaknya Anda bisa mengurangi rasa pahitnya saat memasak dan memakannya. Mau tahu apa saja, yuk simak tips memasak pare agar tidak pahit!

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

1. Memilih Pare yang Muda dan Berukuran Sedang

7 Cara Mudah Mengolah Pare agar Tidak Pahit Halaman all - Kompas.com
Sumber: Kompas.com

Tips pertama mengolah pare agar tidak pahit secara alami dimulai dengan memilih pare yang tepat. Anda juga harus melihat ukurannya terlebih dahulu. 

Semakin besar, semakin pahit. Oleh karena itu, sebaiknya pilih pare yang berukuran sedang atau kecil sebelum dimakan, lalu pilih pare yang berwarna hijau tua.

Kenapa? Karena hijau tua biasanya masih muda dan rasanya kurang pahit. Kalau warnanya masih muda berarti sudah hampir masak atau tua, jadi rasanya pasti pahit.

2. Bersihkan dengan Air Garam

Sering Masuk Angin? Dokter Ini Sarankan Kumur Air Garam
Sumber: DetikHealth

Sebelum mengolah makanan, pastikan untuk mencucinya bukan? Kali ini bukan hanya tentang mencuci, Anda harus merendam pare agar tidak pahit. 

Rendam dalam larutan air garam dan tentunya pare harus dipotong-potong terlebih dahulu, lalu direndam, setelah dipotong-potong dan dikeluarkan isinya, cukup direndam selama 15 menit. Selanjutnya, cuci bersih pare agar rasa asin dari garamnya tidak terlalu menempel.

3. Mengolah Pare dengan Campuran Bahan Lain 

10 Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit dan Tetap Enak | Orami
Sumber: Orami

Anda tentu tidak akan memakan pare mentah atau hanya memasaknya dengan bahan pare saja. Anda pasti akan mengolahnya dengan bahan lain. 

Tahukah Anda bahwa memadukan pare dengan makanan gurih dan manis adalah salah satu tips memasak pare agar tidak pahit? Ya, agar tidak pahit, rasa asin dan manis harus diutamakan. Oleh karena itu sebaiknya mengolah pare dengan kecap atau ikan dengan rasa yang kuat.

4. Jangan Gunakan Bagian Tengah Pare yang Warna Putih

Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Begini Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pare!  Pemula Pun Pasti Bisa Saking Gampangnya - Semua Halaman - Sajian Sedap
Sumber: Sajian Sedap – Grid ID

Tahukah Anda bagian dari pare yang membuatnya pahit? Bagian ini adalah bagian putih di tengah. Karena itu, saat memasak pare, jangan gunakan bagian tengahnya.

Jadi bagaimana Anda menyingkirkannya? Caranya potong pare menjadi 2 bagian dan ambil satu sendok, lalu kerok bagian tengahnya dan buang, jangan sampai ada bagian putihnya, agar tidak muncul rasa pahit saat dimasak.

5. Olah dengan Telur Orak-arik

3 Resep dan Cara Membuat Telur Orak-Arik yang Mudah dan Cepat
Sumber: IDN Times

Bagi Anda yang suka memasak pare tapi malas dengan pahitnya pare, bisa mencoba mengolah pare dengan telur. Caranya campurkan tumis pare dengan telur kocok. 

Tidak diragukan lagi, rasa pahit dari pare ditutupi oleh telur. Jadi Anda masih bisa memasak pare tanpa takut terlalu pahit.

Cara Membuat Jus Agar Tidak Pahit

  • Kupas kulit pare. Kupas kulit luar pare yang kasar. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi rasa pahit pare. 
  • Buang bijinya. Setelah dikupas kulitnya, potong pare dan buang bijinya sebelum diolah. 
  • Campur pare dengan garam dan diremas. Rendam pare dalam garam dan uleni selama 20-30 menit. Garam akan membantu menghilangkan jus pahit dari pare. 

Setelah direndam, pare dicuci kembali sebelum diolah. 

  • Rendam dalam yoghurt. Untuk mengurangi rasa pahit pare, Anda juga dapat merendamnya dalam yoghurt selama kurang lebih 1 jam sebelum dibuat jus. 
  • Tambahkan gula. Untuk mengimbangi rasa pahit pare, tambahkan beberapa sendok gula saat membuat jus.
  • Rebus gula dan cuka. Campurkan gula dan cuka dengan perbandingan yang sama. Masak pare sampai mendidih dan rendam dalam campuran. 

Penutup

Itulah 5 tips cara memasak pare agar tidak pahit. Tentu saja, Anda bisa membuat salah satu cara terbaik dan termudah menurut Anda.

Anda juga bisa mengikuti semua tips ini untuk membuat pare terasa lebih sempurna saat diolah dan dimakan.

Baca juga: RESEP MEMASAK SAYUR BAYAM, WAJIB COBA DIRUMAH!

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *